Hadiri Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah, Babinsa Tekankan Hal Ini Kepada Guru dan Orang Tua

by -

Cilacap – Babinsa Jambusari Serka Sukran mewakili Danramil 02 Jeruklegi hadiri Lounching pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) wilayah kerja UPTD Puskesmas Jeruklegi 2 di sekolah MI Negeri 2 Cilacap yang berlokasi di Desa Jambusari Kecamatan Jeruklegi, Rabu (9/9/2020).

Sedikitnya ada 158 anak, siswa siswi yang mengikuti kegiatan imunisasi ini. Kegiatan tersebut dihadiri langsung Camat Jeruklegi Rosikin, S.Sos., Kepala Puskesmas Jeruklegi 1 dr. Pratiti Wiji Lestari, Kepala Puskesmas Jeruklegi 2 drg. Pustika Sari, Kepala KUA Jeruklegi Mubasir, Babinsa Serka Sukran, Bhabinkamtibmas Bripka Haryadi, Kades Jambusari Sukhad, Kepala Sekolah MI N 2 Cilacap Suprihatno S.Pd dan para orang tua siswa.

Terkait kegiatan yang dihadirinya, Serka Sukran menerangkan, Imunisasi sangat penting bagi anak usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun dan hal tersebut merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit.

“Imunisasi BIAS ini biasanya diadakan 2 kali dalam setahun dan dilakukan secara serentak di seluruh kota di Indonesia. Program ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus,” terangnya.

Instansi pendidikan setara SD sampai SMP menjadi tempat yang rentan terhadap penyebaran virus ini. Namun, sekolah juga menjadi tempat paling strategis dalam mencegah penyebaran virus-virus ini. Untuk itu, kepada para guru dan orangtua hendaknya perlu memberikan dukungan jika anaknya mendapat imunisasi di sekolah oleh petugas Puskesmas setempat seperti yang dilakukan saat ini, ” tandasnya.
(Urip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.