Hari Hewan Sedunia dan 3 Fakta yang mungkin Tidak Anda Ketahui

by -
*freepik.com - Hari Hewan Sedunia dan 3 Fakta yang mungkin Tidak Anda Ketahui

SEMANGATNEW.COM – Hari Hewan Sedunia diperingati pada tanggal 4 Oktober setiap tahunnya.

Hari ini telah menjadi perayaan internasional hak dan kesejahteraan hewan.

Hari Hewan Sedunia menyatukan para pendukung untuk perawatan hewan yang lebih baik dan aktif dalam gerakan hak-hak hewan.

Hari ini dimulai dari kecil hampir 100 tahun yang lalu, tetapi hari ini gerakan tersebut merupakan kekuatan global untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi semua hewan.

*wikipedia – Hari Hewan Sedunia

 

Berikut 3 Fakta yang perlu Anda ketahui ttentang hari hewan sedunia:

1. Hari Hewan Sedunia pertama diadakan pada tanggal 2 Maret 1925 di Istana Olahraga di Berlin, Jerman. Lebih dari 5.000 orang menghadiri acara pertama.

Itu didirikan oleh penulis dan aktivis hewan Heinrich Zimmermann, penulis Mensch und Hund (Manusia dan Anjing).

Pada tahun 1929, Hari Hewan Sedunia dirayakan untuk pertama kalinya pada tanggal 4 Oktober, tanggal yang semula direncanakan pada tahun 1925.

2. Oktober adalah hari raya Fransiskus dari Assisi, santo pelindung ekologi dan hewan. Pesta itu adalah hari adat bagi gereja Katolik dan Anglikan untuk merayakan berkat hewan.

Fransiskus dari Assisi percaya bahwa alam adalah “Cermin Kekuasaan Tuhan”. Dia menyebut semua makhluk “saudara dan saudari” dan bahkan berkhotbah kepada burung-burung.

Ia juga meyakini bahwa manusia memiliki kewajiban untuk menjaga alam sebagai penjaga ciptaan Tuhan.

Menurut situs World Animal Day, perayaan tahunan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan hewan di seluruh dunia.

Legenda mengatakan bahwa Santo Fransiskus dapat berbicara dengan binatang, itulah sebabnya ia ditampilkan dalam banyak karya seni yang dikelilingi oleh binatang.

Santo Fransiskus lahir pada tahun 1181 atau 1182 dan meninggal pada malam tanggal 3 Oktober 1226.

3. Pada tanggal 4 Oktober, #WorldAnimalDay muncul di media sosial di seluruh dunia.

Lebih dari 1.000 acara diadakan setiap tahun.

Hari Hewan Sedunia menampilkan 90 duta besar di lebih dari 70 negara, dari Andorra dan Australia hingga Amerika Serikat dan Zimbabwe.

Nah itulah 3 fakta tentang hari hewan sedunia yang munkin tidak anda ketahui yang dilansir dari todaysveterinarynurse.com.

Beberapa acara telah diselenggarakan untuk menghormati Hari Hewan Sedunia, termasuk acara penjangkauan dan pendidikan, pembukaan tempat penampungan, acara adopsi hewan peliharaan, dan layanan siang hari untuk memberkati hewan.

(s/n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.