Hasil Indonesia vs Thailand 3 Juni, Gelandang Unggulan Indonesia Cedera, Pernyataan Shin Tae-yong

by -

SEMANGATNEWS.COM – Hasil Indonesia vs Thailand, Gelandang Unggulan Indonesia Cedera, Pernyataan Shin Tae-yong

Dalam pertandingan melawan The Elephant War ini, Timnas Garuda cukup memuaskan dengan hasil yang berujung seri ini. Kerena Tim Garuda mampu mengimbangi Thailand setelah ketinggalan dua gol.

Ini adalah poin pertama Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia Grup G Zona Asia.

Inilah hasil pertandingan Tim nasional (Timnas) Thailand vs Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G ditutup dengan skor 2-2.

Timnas Indonesia sempat tertinggal 2 angka dalam laga di Stadion Al Maktoum pada Jumat (4/6/2021), Garuda bisa membalas lewat I Kadek Agung (39′) dan Evan Dimas (60′).

Pertandingan melawan Thailand ini sudah tidak menentukan lagi nasib kedua ti yang sudah pasti tidak akan lolos ke ronde ketiga Pra-Piala Dunia zona Asia.

Ini adalah poin pertama yang didapatkan Tim Garuda melalui hasil seri yang didapatkan dalam 6 laga di Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pada lima partai awal Timnas Indonesia di Grup G, Garuda selalu kalah dengan rekor kebobolan 16 kali. Ini termasuk kekalahan 0-3 atas Thailand di Gelora Bung Karno pada 10 September 2019 lalu. Namun, kini dengan anak-anak muda yang dibawa pelatih Shin Tae-yong, Garuda meraih hasil positif. Timnas Indonesia turun dengan formasi 4-2-3-1.

Kushedya Yudo diletakkan sebagai ujung tombak dengan ditopang 3 gelandang serang Egy Maulana Vikri, Evan Dimas, dan Witan Sulaiman.

Pada sisiainnya, Thailand menerapkan pola serupa dengan penyerang tunggal Adisak Kraisorn. Thailand tampak meyakinkan pada awal pertandingan.

Hanya butuh waktu lima menit bagi anak-asuh Akira Nishino untuk menjebol gawang Nadeo Argawinata. Bermula dari skema sepak pojok, Narubadin Weerawatnodom yang tidak terkawal mengirim tembakan mematikan.

Tim Garuda masih kesulitan berkembang hingga 15 menit terakhir babak pertama. Sebaliknya, Thailand tampak bisa mengendalikan situasi. Namun, berlawanan dengan arus permainan, menit 39, Garuda bisa menyamakan kedudukan. Syahrian Abimanyu mengirim bola terobosan yang diambil oleh I Kadek Agung. Fokus para bek Thailand yang terpecah oleh para pemain depan Garuda membuat gelandang asal Bali United ini leluasa di kotak penalti. Tembakan telaknya tak bisa dihentikan Siwarak Tedsungnoen, kiper Thailand. Dengan skor 1-1 hingga turun minum, Thailand terpacu untuk kembali unggul. Momen seperti babak pertama terulang. Menit 50, memanfaatkan umpan silang, Adisak Kraison menjebol gawang Garuda. Namun, keunggulan ini tidak bertahan lama. 10 menit kemudian, Egy yang menerima bola tipis di luar kotak penalti Thailand melakukan penetrasi. Ia mengirim bola terukur kepada Evan Dimas. Kala para pemain The War Elephants terkecoh, mengira Evan dalam posisi offside, sang gelandang dengan dingin menjebol gawang Tedsungnoen.

Dengan skor 2-2 ini, tekanan besar datang untuk Thailand yang di klasemen Grup G masih berpeluang lolos ke fase berikutnya. Namun, justru The War Elephants tidak banyak berkembang menghadapi skuad muda Garuda yang punya stamina untuk bertarung selama 90 menit. Tambahan waktu hingga 5 menit tidak membuat Thailand bisa mencetak gol ketiga mereka. Skor akhir 2-2, Garuda mengganjal laju The War Elephants di pertandingan keenam Grup G.

Pencetak Gol: Narubadin Weerawatnodom 5′, Adisak Kraisorn 50′ (Thailand)/ I Kadek Agung 39′, Evan Dimas Darmono 60′ (Indonesia)

Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Winata; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Arif Satria, Pratama Arhan; I Kadek Agung, Syahrian Abimanyu; Egy Maulana Vikri, Evan Dimas, Witan Sulaiman; Kushedya Hari Yudo

Thailand (4-2-3-1): Siwarak Tedsungnoen; Ernesto Phumipha, Narubadin Weerawatnodom, Manuel Bihr, Suphan Thongsong; Sarach Yooyen, Phitiwat Sukjitthammakul; Ekanit Panya, Thanawat Suengchitthawon,Pathompol Charoenrattanapirom; Adisak Kraisorn

Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Dengan hasil imbang ini, Thailand baru mengoleksi 9 angka dari 6 pertandingan Grup G. Ini membuat The War Elephants semakin kesulitan di Grup G. Pasalnya, di laga lain, Uni Emirat Arab bisa menaklukkan Malaysia 4-0.

Di luar Indonesia yang cuma menuai 1 poin dari 6 laga, 4 tim teratas Grup G masih berpeluang lolos ke ronde ketiga kualifikasi. Mereka adalah Vietnam (11 poin), diikuti Malaysia, UEA, dan Thailand yang sama-sama punya 9 angka.

Timnas Indonesia memang meraih hasil yang bisa dibilang lumayan bagus. Permainan juga menjanjikan.

Namun, Indonesia harus membayar mahal hasil pertandingan ini dengan cederanya dua gelandang andalannya.

Yang pertama adalah Egy Maulana. Ia tampaknya mengalami cedera di bahu kirinya setelah sebelumnya terpeleset saat berusaha memotong bola umpan lawan.

Lalu ada Witan Sulaeman yang tumbang tak lama setelah Egy ditarik keluar. Ia cedera di bagian kaki kirinya.

Shin Tae-yong pasti berharap agar keduanya tidak cedera parah. Terlebih setelah keduanya ditarik keluar, performa Timnas Indonesia terlihat menurun.

Klasemen Grup G

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.