IAIN Batusangkar, Terima Bantuan 4.000 Bibit Tanaman dari Pemkab

by -

SEMANGATNEWS -Kapolres Tanahdatar, AKBP Irfa Asrul Hanafi, SIK melakukan penanaman pohon, disaksikan Kapolsek Lima Kaum, Iptu Abdul Kadir Jailani dan Camat Lima Kaum Yusnen, Selasa (15/12).

Dikesempatan itu, Bu­pati Tanah Datar Sudirman Ga­ni menyerahkan 4 ribu bi­bit tanaman secara langsung kepada Ketua IAIN Batusangkar Kasmuri, ge­rakan penanaman ini di­la­tarbelakangi oleh perubahan iklim secara global yang dampaknya adalah ter­gang­gunya ekosistem, kon­disi cuaca ekstrim, terganggunya sistem tata air DAS, dan ancaman terjadinya bencana alam serta terganggunya ketahanan pangan nasional.

Ketua IAIN Batu­sang­kar Kasmuri, atas nama ke­luarga besar STIAN Ba­tusangkar menyampaikan rasa hormat dan terima ka­sih kepada bupati Tanah Datar beserta jajarannya yang telah berkenan me­ngang­katkan dan men­ja­dikan IAIN Batusangkar tempat penyelenggaraan acara hari Pencanangan menanam pohon Indonesia tahun 2018.

Dikatakan, per­kem­ba­ngan yang pesat kemajuan yang telah dicapai IAIN Batusangkar hingga hari ini yakni bertambahnya jumlah mahasiswa tahun demi ta­hun dan sudah mulai mem­ba­ngun Kampus II IAIN Ba­tusangkar di Nagari Pa­ram­bahan, ini pertanda IAIN Batusangkar perlu per­hatian kita semua untuk mening­katkan dunia pendidikan di Sumatera Barat khususnya di Kabupaten Tanah Datar

Sementara itu, Pj Bupa­ti Tanah Datar Sudirman Gani menyampaikan pen­ca­na­ngan ini bertujuan mem­bang­kitkan semangat, mo­tivasi dan mem­bu­dayakan kepada kita semua un­tuk menanam dan me­me­lihara pohon di­ling­kungan kita. Hal ini sejalan dengan sem­boyan “A­yo krja, tanam dan peli­hara pohon untuk hidup yng lebih baik”

Gerakan penanaman po­hon ini merupakan per­wu­judan dari gerakan gotong royong dengan semangat kerja tanpa lelah dan pamrih demi terciptanya ekosistem yang dapat menjaga ke­les­tarian lingkungan. Eko­sistem yang baik dari hasil gerakan penanaman pohon akan berperan sebagai pe­nga­tur tata air yang men­jamin kuantitas, kua­litas dan kontiniutas aliran air sebagai sumber air untuk lahan pertanian ataupun persedian air bersih bagi kita semua.

Lebih lanjut, ia me­nam­bahkan dengan ada­nnya semangat gotong royong dan kerja keras kita dalam ge­rakan penanaman dan pe­meliharaan pohon akan terbentuk  ekosistem yang baik disekitar kita yang pada akhirnya sektor lingkungan dan kehutanan dapat mem­berikan kontribusi yang baik bagi kita semua dimasa yang akan datang.

Sementara itu, kepala Dinas Pertanian, Perke­bu­nan dan Kehutanan Kabu­paten Tanah Datar Kha­i­ruddin juga menyampaikan dalam memperingati hari menanam pohon Indonesia, Dinas Pertanian, Perke­bunan dan Kehutanan Ka­bupaten Tanah Datar akan menyerahkan sekitar 4 ribu bibit tanaman kepada Civi­tas Akademika IAIN Ba­tusangkar berupa bibit ma­honi, petai, alpokat, matao, sirsak dan durian.

“Kegiatan ini bertujuan agar dapat menumbuh kem­bangkan minat dan ke­pe­dulian generasi muda ter­hadap lingkungan, me­num­buhkan perasaan cinta me­nanam, kemudian menjadi kebutuhan akan pentingnya tanaman, terciptanya ge­nerasi muda yang cinta ter­hadap lingkungan, sehingga lingkungan tempat mereka tinggal akan terjaga dan terpelihara dengan baik,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.