In Memoriam: Mafri Amir yang Saya Kenal

oleh -

Setelah beliau hijrah dari IAIN IB ke IAIN (sekarang UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, saya sangat jarang bertemu. Kecuali jika beliau ada tugas ke Padang. Uda Mafri selain dosen di Fak.Ushuluddin UIN Syarif, adalah juga salah seorang Staf pada Kantor Sekretariat Wapres bersama mantan Wako Padang H.Syahrul Ujud (semasa Wapres Jusuf Kalla).

Suatu kali, saya menjadi Imam shalat Jumat di Masjid Raya Ganting, rupanya ada rombongan dari Jakarta yang beliau ajak Jumatan di sana. Selesai shalat kami bertemu, beliau bertanya kenapa imam tidak memimpin doa bersama, padahal kekhususan shalat di MR Ganting adalah doa bersama itu. Saya tidak memberikan jawaban, krn sejak saya ditetapkan sebagai Imam Besar di sana taun 1997, berdoanya sudah sendiri sendiri.

Sekitar Juni 2018 saya menghubungi beliau untuk minta bantuan mencari tempat tinggal bagi anak saya Ghufron yang akan kuliah di UIN Syarif. “Datanglah ka Jkt, sobok wak,” katanya dari balik gagang telepon. Seminggu kemudian saya ke Jkt dan kami bertemu di rumah beliau di Pamulang, Tangsel. Saat pamit, beliau menitipkan satu seminar kit berlabel Sekretariat Wakil Presiden. “Untuk dibaca baca,” ucapnya. Kami janjian untuk bertemu kembali besoknya di kampus UIN, Ciputat.

Pada pertemuan hari kedua ini saya diajak keliling kampus dan mengantarkan saya ke sebuah rumah yang akan ditempati Ghufron. Rumah itu adalah milik seorang perantau asal Solok, yang kemudian menjadi tempat penampungan sementara mahasiswa baru asal Minang. “Silahkan Ghufron tinggal di sini sampai dapat tempat kos,” katanya.