Innalillahi Wainnaillahi Rajiun, Banyak Contoh Dari Almarhum Bupati Irdinansyah

oleh -

“17 Februari 2021 ini jabatan Bapak Irdinasyah Tarmizi selaku Bupati Tanah Datar akan berakhir, namun Allah berkendak lain, semoga amal ibadah almarhum diterima Allah SWT dan diampunkan dosa-dosanya. Untuk kepemimpinan di Kabupaten Tanah Datar tentu akan terus dilanjutkan oleh Wakil Bupati Tanah Datar. Namun karena Wakil bupati juga akan menjalankan cuti dari jabatannya karena mencalonkan diri dalam Pilkada Desember nanti, untuk itu, KabupatenTanah Datar akan dipimpin oleh seorang pejabat bupati yang ditunjuk oleh provinsi, nantinya akan diusulkan melalui Kemendagri. Setelah masa cuti Wakil Bupati berakhir, dapat melanjutkan kepemimpinan hingga masa tugas beliau berakhir di Februari 2021 nanti.” ujar Nasrul Abit.

Ratusan masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat, anggota DPR RI, Anggota DPRD Provinsi, bupati dan walikota turut mengantarkan rasa duka cita yang mendalam mulai dari rumah duka di Batusangkar, disambut secara adat di rumah gadang Dt Jindo Mangkuto di Tepi Selo Lintau Buo Utara, menyolatkan di Masjid Nurul Amal Tepi Selo hingga mengantarkan ke peristirahatan terakhir di pemakaman keluarga.

Pemakaman dilakukan melalui upacara apel persada yang melibatkan TNI dan Polri dengan inspektur upacara Wakil Bupati Zuldafri Darma.

Kiprah Bupati Tanah Datar, Irdinasyah Tarmizi

Semasa hidup Bupati Tanah Datar, Irdinasyah Tarmizi dikenal sebagai pribadi yang baik, agamis, ramah, bijaksana, dan sederhana. Beliau adalah politisi ulung, dengan latar pendidikan agama yang kuat, dan aktif di organisasi Muhammadyah. Sebelum menjabat sebagai Bupati Tanah Datar periode 2015-2020 berpasangan dengan Wakil Bupati Zuldafri Darma, Irdinansyah pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Tanah Datar mendampingi Bupati Tanah Datar M. Shadiq Pasadigue dari 12 Mei 2014 hingga 26 September 2015, menggantikan sisa masa jabatan Wakil Bupati sebelumnya Hendri Arnis yang mengundurkan diri dari jabatan Wakil Bupati Tanah Datar periode 2010-2015.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Bupati, Irdinansyah Tarmizi, sudah bergelut di dunia politik dengan menjadi anggota DPRD Kota padang, hampir 3 periode tahun 1992-2004. Lalu karir politik beliau terus meningkat dengan menjadi Anggota DPRD Provinsi Sumbar 2004-2014. Beliau juga aktif dalam dunia Pendidikan dengan menjadi dosen di Universitas Muhammadyah Sumatera Barat (UMSB), dengan jabatan terakhir Pembantu Rektor III.

Sebagai Bupati beliau dikenal sebagai pribadi yang bijaksana dan dekat kepada bawahannya. Beliau juga sangat gigih dan pekerja keras. Banyak ide dan pemikiran beliau untuk Kabupaten Tanah Datar dan mengantarkan Kabupaten Tanah Datar menerima berbagai penghargaan baik di tingkat provinsi maupun nasional.