Irfendi Arbi Ketua Gebu Minang 

by -

Semangat Limapuluh Kota-Bupati Limapuluh Kota H Irfendi Arbi resmi menjadi Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang Kabupaten Limapuluh Kota. Irfendi dilantik dengan sejumlah pengurus Gebu Minang kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sumatera Barat oleh Ketua DPW Gebu Minang Sumbar Boy Lestari disaksikan Ketua Umum DPP Gebu Minang Oesman Sapta Odang di Kyriad Bumiminang Hotel, Padang, Kamis (8/2).

Irfendi berharap, kehadiran organisasi kemasyarakatan itu mampu menyokong upaya peningkatan perekonomian masyarakat serta pariwisata di daerah ini. Untuk itu, usai pelantikan pihaknya bersama para pengurus lainnya bertekat segera membuat program kerja organisasi.

“Kita berharap DPD Gebu Minang ini benar-benar tampil menjadi organisasi yang mampu menyokong perekonomian dan wisata masyarakat dan daerah Kabupaten Limapuluh Kota. Untuk mewujudkan harapan itu, tentunya organisasi ini harus memiliki program ekrja yang jelas dan diurus secara baik serta benar,” ungkap Irfendi menjawab wartawan usai pelantikan.

Dikatakan, untuak tahap awal pihaknya akan membuat dan menyusun program kerja organisasi. Sel;ain itu juga melaksanakan sosialisasi agar masyarakat dan berbagai pihak lainnya tahu dengan organisasi kemasyarakatan ini.

“Tahap awal, tentunya kita perlu menyusun program dan kegiatan organisasi, agar apa yang dilakukan nantinya jelas dan mempunyai target. Selain itu kita juga perlu mensosisialisasikan organisasi ini agar masyarakat tahu apa dan ikut berpartisipasi mendukung semua program kerja yang telah dibuat,” tutur Irfendi.

Lebih lanjut Irfendi berharap para pengurus benar-benar memiliki komitmen mengabdi buat kesejahteraan masyarakat Minang dan kemajuan daerah. Untuk mewujudkan harapan itu, ia mengajak para pengurus dan angggota organisasi tersebut senantiasa saling bahu membahu mewujudkan semua program kerja organisasi.

“Kita berharap semua pengurus dapat mengemban amanah yang telah diberikan ini dengan semangat bekerja dan mengabdi tanpa pambrih. Salahsatu kegiatan yang akan digencarkan itu adalah gerakan menampung Rp10.000/orang,” ucap Irfendi sembari berharap Gebu Minang ini ikut mendorong pengembangan ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Limapuluh Kota seperti Lembah Harau.

Sebelumnya Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gebu Minang Oesman Sapta Odang dalam sambutannya pada acara pelantikan DPC Gebu Minang itu berharap, anggota Gebu Minang bisa mewarisi semangat Bung Hatta sebagai tokoh pergerakan nasional dari Minang.

Menurutya Gebu Minang adalah organisasi besar dan anggotanya yang besar turut mewarnai kepentingan nasional. Kebangkitan Minang juga merupakan kebangkitan nasional. Orang Minang bisa beradaptasi, berkompetisi dan berkawan.

“Saya kira jumlah orang Minang itu hanya 15 juta. Ternyata orang Minang di Indonesia dan luar negeri mencapai 16 juta. Dulu, Gebu Minang mengumpulkan uang Rp 1.000 untuk membantu warga Minang dan membangun desa-desa. Bayangkan, sekarang iuran anggota Gebu Minang Rp 10.000. Maka bisa terkumpul uang sekitar Rp 150 miliar satu tahun,” ungkap Oesman yang juga Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI.

Dikatakan, jika pengumpulan uang itu dilaksanakan secara sungguh-sungguh, tentunya ini sebuah potensi yang sangat besar buat kebangkitan orang Minang. Melalui organisasi Gebu Minang, ia berharap Minangkabau menjadi lebih maju dan mengembangkan Minang sebagai pusat pariwisata.

“Minang belum bisa menjadi pusat turis seperti Bali, padahal Minang memiliki potensi kekayaan alam dan budaya yang lebih besar,” ujar Oesman.

Dalam kesempatan itu Oesman memuji bupati yang juga menjadi ketua Gebu Minang. “Seorang bupati juga menjadi ketua Gebu Minang, ini luar biasa,” ucap Oesman.

Dalam acara pelantikan seluruh pengurus DPD Gebu Minang di Sumarera Barat itu, Ketua DPW Gebu Minang Sumbar Boy Lestari menyerahkan bendera organisasi Gebu Minang kepada seluruh ketua DPD yang diwakili Irfendi Arbi.

Ikut hadir dalam acara itu Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim. (jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.