Jadi Inspektur Upacara Hari Bakti PU ke 77, Wako Rida Ananda Sampaikan Pesan Penting

by -

SEMANGATNEWS.COM – Penjabat Wali Kota Rida ananda menjadi inspektur dalam Upacara Hari Bakti PU ke 77 yang dilaksanakan di halaman Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Payakumbuh, Senin (5/12).

Upacara tersebut diikuti oleh Kepala Dinas PUPR Muslim dan jajaran serta Direktur Utama Perumda Tirta Sago Kota Payakumbuh Khairul Ikhwan dan jajaran.

Dalam sambutannya, Wako Rida Ananda menyampaikan apresiasi kepada Dinas PUPR yang telah menggelar berbagai iven yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Hari ini kita seluruh bangsa Indonesia, khususnya keluarga besar instansi ke-PU-an, berada dalam suasana khidmat dan penuh suka cita, untuk memperingati kekompakan, kebersamaan, keberanian dan daya juang dari 21 orang pegawai departemen pekerjaan umum yang gugur dalam mempertahankan Gedung Sate Bandung yang pada saat itu merupakan Kantor Departemen Pekerjaan Umum, dari pasukan sekutu dengan persenjataan berat pada tanggal 3 desember 1945, 77 tahun lalu.

“Peristiwa tersebut menyebabkan gugurnya tujuh orang pegawai pekerjaan umum, yang kemudian disebut sebagai pahlawan Sapta Taruna. Sehingga pada tanggal 3 Desember 1951, Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Kerja, Ir. Ukar Bratakusumah, memberikan surat tanda penghargaan yang menyatakan pegawai-pegawai tersebut sebagai pemuda yang berjasa dan saat itu pula, tiap tanggal 3 Desember dikenang sebagai hari bakti pekerjaan umum,” kata Rida.

Rida menjelaskan, Hari Bakti PUPR ke 77 kali ini mengambil tema ”PUPR Sigap Membangun Negeri”. 77 tahun bukanlah angka yang kecil, banyak hal yang telah dilakukan instansi ke PU-an untuk membangun infrastruktur tidak hanya di perkotaan tetapi PUPR juga hadir menjangkau pelosok negeri.

Sebut saja, pembangunan bangunan gedung, bangunan perumahan, prasarana air minum, sanitasi, jalan, drainase, irigasi, pengendalian banjir dan penataan sungai dll. Tidak hanya itu pendampingan dan pembinaan konstruksi maupun penataan ruang kesemua itu dikerjakan untuk memastikan terciptanya Payakumbuh Maju, Sejahtera, dan Bermartabat, dengan semangat kebersamaan menuju Payakumbuh Menang.

“77 tahun bakti PUPR, sigap membangun negeri hendaknya menjadikan keluarga besar instansi ke-PU-an Kota Payakumbuh untuk terus berkerja, berkarya dan berkinerja lebih baik lagi. Tanamkan nilai-nilai perjuangan yang telah dirintis oleh para pendahulunya; integritas, semangat, kerja keras, persatuan, kekompakan dan pantang menyerah untuk membangun negeri dan menjadikan Kota Payakumbuh “The City Of Randang” yang BATIAH “Bersih, Aman, Tertib, Indah, Asri Dan Harmonis” melalui pembangunan infrastruktur yang dapat dipertanggung-gugatkan, secara teknis dan fungsi, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan,” ujarnya.

Peringatan Hari Bakti Pekerjaan umum kali ini, menurut Rida, hendaknya menjadi komitmen instansi ke-an di Kota Payakumbuh untuk membangun infrastruktur yang memberikan manfaat langsung bagi kesejahteraan masyarakat dan menjadi motor penggerak perekonomian daerah, tidak hanya memperluas jangkauan pengembangan sektor pertanian, dan usaha kecil dan menengah (UKM) tetapi juga peningkatan kompetensi industri pariwisata dan penciptaan lapangan kerja. termasuk untuk mengatasi pengangguran akibat pandemi Covid-19, melalui kegiatan padat karya.

“Di tengah persoalan penyediaan dan pengembangan infrastruktur di Payakumbuh, dan tantangan masalah pengendalian dan pemanfaatan ruang. bersama dengan instansi ke-PU-an Kota Payakumbuh, saya mengharapkan dan menitipkan janji saya untuk mewujudkan peningkatan penataan kota, penyediaan infrastruktur dan fasilitas umum yang nyaman dan berkelanjutan,” terangnya.

Kesesuaian pemanfaatan ruang yang ditargetkan di akhir tahun 2022 bernilai 80.10%. Kondisi saat ini telah tercapai 80.08%. Persentase panjang jalan status kota dalam kondisi mantap yang ditargetkan 77.31% di akhir tahun 2022, saat ini sudah melampaui target sebesar 84.06%. Persentase pelayanan air minum yang merupakan standar pelayanan minimal ke-pu-an yang saya targetkan di tahun 2022 dapat melayani 100% penduduk kota payakumbuh, terhitung tahun 2021 telah mampu melayani 99.21% penduduk dengan sistem perpipaan dan sisanya menggunakan sumur atau mekanisme non-perpipaan.

Untuk persentase sistem drainase skala kota yang ditargetkan di tahun 2022 dapat melayani 64.40% jalan kota, kondisi saat ini berada pada posisi 63.91%. Persentase ketersediaan fasilitas umum perkotaan, dimana didalamnya saya titipkan pembangunan mesjid agung kota payakumbuh, insyaallah di akhir tahun 2022, pembebasan tanah dapat diselesaikan 100%, yang tentunya juga berkat kerjasama dari semua pihak dan doa dari semuanya.

Keberhasilan Kota Payakumbuh dalam pencapaian kinerja dibidang ke-PU-an beberapa tahun terkahir, telah berhasil menyumbangkan beberapa penghargaan untuk Kota Payakumbuh, diantaranya

1. Beberapa kali mendapatkan penghargaan penilaian kinerja pemerintah daerah dibidang ke-PU-an (KPD-PU) dari Kementerian PUPR.

2. Penghargaan pengelola DAK perumahan terbaik dari Kementerian PUPR.

3. Pengelola irigasi terbaik dari Kementerian Dalam Negeri.

4. Penyelenggaraan tata ruang terbaik dari Kementerian Atr/ Bpn

5. Penghargaan praktik baik penggunaan peta digital dalam pemberian perizinan berusaha dari KPK

6. Penghargaan dalam pelayanan air minum pada Ajang Top BUMD Award 2021

7. Yang tidak boleh dilupakan dan masih segar diingatan adalah Peringkat 1 Nasional untuk penguatan kelembagaan/ pemilihan komunitas peduli sungai oleh Kementerian PUPR.

8. Peringkat 1 se-Provinsi Sumatera Barat untuk pengawasan kinerja penyelenggaraan penataan ruang.

9. Partisipasi aktif dalam mengembangkan simpul jaringan untuk mewujudkan informasi geospasial yang handal sehingga Kota Payakumbuh mendapatkan Bhumandala Rajata Award.

“Prestasi yang kita peroleh ini merupakan hasil kerja sama dan kerja keras kita semua, untuk itu saya mengucapkan terima kasih, dan marilah kita jadikan sebagai pemicu semangat dan motivasi untuk bisa berbuat lebih baik lagi dimasa yang akan datang, dan kita tidak boleh puas dengan hasil yang ada,” kata Rida.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Muslim menerangkan, peringatan Hari Bakti PUPR tahun ini, memaknai tema sigap membangunan negeri, difokuskan dengan kegiatan bakti yang bermanfaat bagi masyarakat sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat yang kurang mampu, apalagi yang terdampak pandemi Covid-19, seperti pasar murah, pasar layak, donor darah, dan goro bersama bersih-bersih Sungai Batang Agam yang diikuti dengan menuangkan Ecoenzym ke Sungai Batang Agam sebagai upaya bersama untuk memelihara sungai agar kelestariannya tetap terjaga.

“Hari ini merupakan penghujung perayaan gemilang Hari Bakti Pekerjaan Umum yang ditutup dengan upacara bersama 3 Desember 2022, untuk memperingati perjuangan pahlawan Sapta Taruna dan perjuangan penerusnya untuk mengisi pembangunan negeri ini dengan torehan prestasi dan inovasi,” kata Muslim.

Muslim berharap semua kegiatan yang telah dilaksanakan ini, hendaknya mampu meningkatkan jalinan hubungan kerja sama dalam kekeluargaan, memperkuat nilai, tekad dan komitmen jajaran instansi ke-PU-an di Kota Payakumbuh dalam pembangunan infrastruktur yang cerdas, handal dan berkelanjutan.

“77 tahun bakti PUPR, mari kita wujudkan motto PU, bekerja keras, bekerja cepat dan bertindak tepat dalam melaksanakan tugas yang telah diamanahkan kepada kita. Selamat Hari Bakti PUPR ke-77 sigap membangun negeri, semoga perjuangan dan pengorbanan yang telah kita lakukan akan menjadi amal ibadah bagi kita semua, dan memberikan manfaat untuk masyarakat. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi niat baik dan upaya kerja keras kita bersama. aamiin,” pungkasnya. (07)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.