Jelang Bulan Suci Ramadhan, Gubernur Mahyeldi Tinjau Lansung Ketersediaan Stock dan Harga Bahan Pokok di Pasaran

by -

SEMANGATNEWS.COM, PADANG – Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah melakukan peninjauan ke Pasar Bandar Buat, Padang, Sabtu (18/3/2023).

Kunjungan orang nomor satu di Sumbar tersebut dalam rangka memantau ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok menjelang bulan puasa.

Mahyeldi mengatakan, berdasarkan pengamatan di Pasar Bandar Buat, rata-rata semua bahan pokok tersedia dengan cukup dan harganyapun terjangkau, ia menyebut kestabilan seperti ini penting apalagi menjelang bulan ramadhan.

“Alhamdulillah, semua kebutuhan pokok tersedia dengan cukup, belum ada kenaikan harga yang sinifikan. Sampai saat ini relatif masih terjangkau,” sebut Mahyeldi.

Ia menyebut, memang ada beberapa komoditas yang saat ini harganya sedikit bergerak naik seperti telur, minyak goreng dan daging. Tapi itu, masih tergolong wajar karena pengaruh tingginya permintaan pasar. Mengingat tradisi masyarakat di Sumbar yang jamak melakukan do’a bersama jelang memasuki bulan ramadhan.

“Memang ada beberapa komoditas yang harganya sedikit bergerak naik, tapi itu masih wajar dan terjangkau karena pengaruh tingginya permintaan pasar menjelang bulan suci ramadhan, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera stabil kembali,” ujarnya.

Disamping itu, Gubernur mendapat laporan dari pedagang, bahwa untuk minyak goreng masih terkendala dalam pengiriman, Ia menyebut walaupun saat ini stock masih aman, namun jika dibiarkan lama dikhawatirkan akan mengganggu ketersediaan barang dipasaran.

Menyikapi hal tersebut, Gubernur berjanji akan menugaskan Disperindag Prov. Sumbar untuk membahas hal tersebut dengan para suplayer, agar segera ada solusi sehingga ketersediaan barang dipasaran dapat kembali normal.

“Tadi ada laporan, bahwa ada kendala pengiriman untuk minyak goreng. Meski stok sampai bulan Ramadhan masih cukup. Tapi itu, harus segera ada solusi, jangan lama. Saya minta, Disperindag Provinsi segera bahas dengan suplayer apa masalah sebenarnya,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi juga mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa kepada seluruh umat islam di Sumbar khususnya para pedagang dan pengunjung Pasar Bandar Buat.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Sumbar menyampaikan selamat menunaikan Ibadah Puasa bagi Umat Islam di Sumbar, semoga Amal Ibadah Puasa kita diterima oleh Allah SWT”, ucapnya.

Hadir mendampingi Gubernur Mahyeldi, dalam kegiatan tersebut antara lain: Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov. Sumbar, Maifrizon. Sekretaris, Kabid Perdagangan dan Kabid Pengawasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Sumbar. (adpsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.