Karena Wabah Virus Corona, Ekspor China Anjlok

oleh -

Semangatnews, Jakarta, – Ekspor China mengalami keterpurukan akibat wabah virus corona (Covid-19). Banyak pengusaha yang menunda operasi, sehingga mengganggu rantai pasokan dunia.

Wabah virus corona di China telah membuat konsumen tetap berada di rumah selama libur Tahun Baru Imlek pada akhir Januari, sehingga membuat bisnis berjalan lebih lambat, karena pemerintah China sampai saat ini masih fokus meredam penyebaran virus corona, yang telah menewaskan lebih dari 3.000 orang di China.

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi bertemu Dubes Arab Saudi, Sumbar Buka Peluang Kerjasama

Mengutip AFP, Sabtu (7/3), nilai ekspor China turun 17,2 persen atau penurunan terbesar sejak Februari 2019 selama perang dagang dengan Amerika Serikat. Selain itu, nilai impor China juga turun sebanyak 4 persen.

Dari hasil jajak pendapat yang dilakukan Bloomberg ke sejumlah ekonom, memperkirakan ekspor akan turun lebih sedikit, sebesar 16,2 persen, dan diperkirakan juga penurunan yang lebih tajam di sektor impor sebesar 16,1 persen.

Baca Juga:  Game Penghasil Uang Penuh Cuan, Cara Jitu Tambah Saldo Dana Dengan Aplikasi Playstore

Nilai perdagangan antara China dan AS juga turun 40 persen dalam dua bulan pertama di 2020 dari US$42 miliar pada tahun lalu menjdi US$25,4 miliar.

Sebagai tanda awal dampak ekonomi akibat virus corona, aktivitas industri manufaktur turun ke level terendah pada Februari, dengan industri non-manufaktur juga anjlok.

Otoritas berwenang menyatakan bahwa data terkait pertumbuhan ekonomi China Januari dan Februari akan digabungkan. Ini sejalan dengan sejumlah indikator lain yang dirilis.

Baca Juga:  Mulai dari 1 Dolar, Aplikasi Penghasil Saldo Dana dan Paypal Dengan Misi Cuma Mengisi Survey

Sebuah laporan yang ditulis Julian Evans-Pritchard dari Capital Economics mengatakan bahwa keputusan untuk menggabungkan data pada Januari dan Februari berarti “tingkat pertumbuhan yang dipublikasikan tidak akan sepenuhnya mencerminkan tingkat kelemahan baru-baru ini.”

No More Posts Available.

No more pages to load.