Karya pelukis Hendra Sardi Terpilih Dipamerkan di Pendhapa Art Space Yogyakarta

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Karya pelukis Hendra Sardi (49 th) asal Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, berjudul “Siti Rohana Koedoes” berukuran 90x 120 cm. Media wood, resin, serbuk kayu, talk powder, akrilik/2021 terpilih sebagai salah satu dari 38 karya Pameran Seni Rupa Representasi #4: Pahlawan Nasional yang akan di pamerankan dalam sebuah acara penting di Pendhapa Art Space Yogyakarta, pada 10 November – 10 Desember 2021 mendatang.

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi: Kearifan Lokal Tingkat Nagari Ajarkan Kepemimpinan Sejak Dini

Menurut kurator Pameran Seni Rupa Representasi #4: Pahlawan Nasional, Mikke Susanto, yang dihubungi via WhatsApp (Senin, 4/10/21), menyebutkan, mengikuti kisah penentuan pahlawan nasional, perdebatannya seringkali memakan waktu lama bahkan melelahkan. Artinya selalu ada lekuk liku saat melakukan penetapan perihal individu yang ditunjuk atau digelari pahlawan nasional.

Untuk itulah, pameran yang didahului kompetensi peserta terbuka bagi perupa Indonesia untuk berlomba melukis tokoh-tokoh nasional ini dimaksudkan untuk menelisik peran perupa, lukisan dan patung, hingga proses kreatif yang sering berkelindan diantaranya ; sebagai upaya untuk mengingat hari pahlawan.

“Kemudian, untuk melacak sejauh mana kerja perupa dalam memayungi program “pahlawan nasional”. Dan, secara khusus juga mengupas wacana teknik dan gaya visual realistik yang kini terasa makin sulit berkembang di Indonesia,” ujar Mikke Susanto.

Baca Juga:  Wagub Audy Joinaldy Apresiasi Vaksinasi Massal Padang Pariaman Membludak

Hasilnya dari pengumuman peserta secara terbuka terkumpul 130-an lebih proposal masuk ke panitia. Diantaranya berasal dari sejumlah provinsi, di Indonesia diantaranya DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Sumatra Barat, Bengkulu, Lampung, Jambi, Bangka Belitung, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku. Selain lukisan, juga ada karya patung, seni grafis, dan seni instalasi.

No More Posts Available.

No more pages to load.