Kasus Covid-19 Meningkat Di Payakumbuh, Kadis Kesehatan Himbau Warga Ketatkan Prokes

by -

SEMANGATNEWS.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr. Bakhrizal menerangkan saat ini kepadatan penderita Covid-19 di Payakumbuh sedang tinggi, dirinya menghimbau masyarakat agar memperkuat antibodi, sehingga penularan virus Corona bisa dicegah.

“Perkuat saya tahan tubuh dengan selalu mengonsumsi makanan bergizi dan buah-buahan, jauhi kerumunan, jangan keluar malam, dan atur pola tidur,” kata dr. Bakhrizal kepada media via whatsapp, Minggu (8/8).

Menurut kadis yang akrab disapa Dokter Bek itu, kondisi cuaca saat ini juga sedang tidak baik, dirinya meminta warga yang kondisi kesehatannya kurang baik agar menghindari keluar rumah.

“Penularan tidak bisa dielakkan, bila turun saja daya tahan tubuh, kita bisa mudah tertular Covid-19 kalaupun ada urusan penting yang mengharuskan keluar rumah, jangan kendor dengan protokol kesehatan, pakai masker dan siap sedia hand sanitizer,” ungkapnya.

Bakhrizal juga menerangkan, apabila kasus positif terus meningkat dan banyak butuh penanganan intensif, dikhawatirkan kapasitas di Rumah Sakit Umum Daerah Adnaan Wd tidak cukup untuk menampung pasien.

“Di rumah sakit saat ini kita sedang mengupayakan penambahan tenaga kesehatan, ruangan, dan tempat tidur untuk merawat pasien Covid-19, dari kapasitas sebelumnya 29 di ruangan cempaka ditambah lagi 13 dari ruangan teratai,” ungkapnya.

Terakhir, Bakhrizal juga menghimbau warga yang belum divaksin agar segeralah ikut vaksinasi di puskesmas, meski yang telah divaksin tidak menjamin kebal dari tertular Covid-19, namun kalaupun nanti positif, mudah-mudahan tidak bergejala.

“Angka kasus saat ini 323 masyarakat Payakumbuh terpapar Covid-19, 290 diisolasi mandiri, sedangkan 33 lainnya dirawat di rumah sakit. Angka kasus saat ini menunjukkan periode menuju puncak penyebaran, semoga dalam waktu dekat kita bisa mencapai herd immunity,” pungkasnya. (07)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.