Kegiatan Kongsi Kematian RT 05 RW 11 Dadok Tunggul Hitam Kembali Bergairah

by -
Ketua Kongsi Kematian RT 05 RW 11 Dadok Tunggul Hitam Aciak, memperlihatkan kartu yang dipasangan di meteran listrik, Sabtu (9/4/2021)

SEMANGATNEWS.COM – Membentuk kongsi kematian di setiap Rukun Tetangga (RT) merupakan sudah menjadi sebuah keharusan dalam melestarikan nilai-nilai kegotong-royongan sosial kemasyarakatan ditengah-tengah masyarakat. Hal ini sesuai dengan arahan Walikota Padang dalam berita padek.co tanggal (29/5/2020), “Tekan Penularan Covid-19, Pemko Bentuk Kongsi Covid-19 di Tingkat RT”

Hal ini disampaikan koordinator humas mushalla Babul Jannah Kompleks Pondok Indah Permai – Wisma Lestari (Popwils) Zardi Syahrir, SH.MM kepada semangatnews.com, di Padang, Sabtu (10/4/2020).

Zardi menambahkan, keberadaan kongsi kematian disetiap RT merupakan sesuatu yang penting dalam menumbuhkan nilai-nilai sosial, sasakik sasanang dalam kehidupan bermasyarakat dalam satu rukun tetangga.

“Peran dan fungsi Kongsi kematian memberikan pehatian kepada keluarga yang sedang mendapat duka kemalangan kehilangan orang yang mereka sayangi, dalam kondisi tersebut butuh pertolongan dan perhatian masyarakat sekitarnya,” ujarnya.

Zardi juga menambahkan dalam budaya tradisi adat urang minang ada pepatah yang kental hidup ditengah-tengah masyarakatnya.

adat hiduik di dunie tolong-manolong,
adat mati janguak-manjanguak,
adat ado basaliang tenggang,
adat kayo mambantu yang miskin

(adat hidup di dunia adalah tolong menolong, adat mati saling menjenguk, adat ada/berkepunyaan salaing bertenggang/membantu, adat kaya membantu yang miskin)

Kaba baiak baimbauan, kaba buruak bahambauan

(kabar baik dihimbauka/dikabarkan secara terbuka, kabar buruk dihambaukan/dikabarkan oleh inisiatif yang tidak terlihat dan bergegas)
Dalam hal kemalangan, maka kabarnya akan dihambauan. Dalam hal ini, ia dikabarkan dari telinga ke telinga, sebagai insiatif untuk mengajak tetangga kita untuk membantu orang yang kemalangan tersebut.

“Kira-kira demikianlah konsep kongsi kematian yang syarat dengan budaya minang yang erat dengan ajaran budaya Islam sesuai filosofi Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah. Oleh karena itu mari bersama-sama kita dukung kegiatan sosial kemasyarakatan kongsi kematian di komplek Popwils RT 05 RW 11 Dadok Tunggul Hitam ini, jika bukan kita siapa lagi,” ajaknya menyakinkan.

Ketua Kongsi Kematian RT 05 RW 11 Kelurahan Dadok Tunggul Hitam – Kota Padang Rapiun, S.Ag. alias Acik panggilan akrabnya juga mengatakan, sebagai ketua yang baru dalam kepengusan kongsi kematian di komplek Popwils RT 05 RW 11 Dadok Tunggul Hitam, kita ingin membangun kebersamaan dalam kegotong royongan warga lebih erat lagi.

“Hal-hal yang selama ini baik akan kita teruskan dan yang kurang akan kita benahi bersama-sama. Dan hari ini kami telah melakukan kunjungan silaturrahmi ke rumah – rumah warga untuk membuka hati ikut bersama-sama baiyo ba tido dalam kompleks,” ungkapnya.

Aciak juga katakan, kita akan berusaha memberikan pelayan sebaik mungkin menyenangkan warga dan saat ini kita telah mencetak kartu kongsi kematian untuk melakukan pendataan ulang serta diserahkan kepada masing-masing warga per kepala keluarga (KK).

“Adapun iyuran yang dipungut hanya Rp.10 ribu perbulan per KK sebagai ungkapan rasa kegotong-royongan membantu keluarga yang sedang ditimpa kemalangan. Dan dalam kegiatan kongsi kematian nanti akan penyelenggaraan jenazah, ambulan, tenda dan kegiatan takziah kerumah duka. Sementara untuk biaya penguburan ditanggung keluarga masing-masing, selain dana yang terbatas, kita juga tak ingin memberatkan iyuran warga,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.