Kepala BNPB Ajak Tanami Pohon Pinggiran Pantai, Gubernur Sumbar Katakan Perlu Jadi Gerakkan Bersama.

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Kita lihat bersama, pembangunan see wall (batu pemecah ombak) tersebut sudah tuntas, dengan dana Anggaran Belanja Pembangunan Nasional (ABPNl melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebanyak 19 miliar untuk penanganan abrasi pantai di tiga lokasi di Kota Padang yakni, pantai Masjid Al-Hakim, pantai Tugu Merpati dan pantai Pasir Jambak.

Pembangunan see wall bertujuan untuk menghindari terjadi abrasi pantai, dan merupakan usulan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama Pemerintah Kota Padang kepada pemerintah pusat melalui BNPB.

Baca Juga:  Mahyeldi: Terima Kasih Riau Bantuan Oksigen 30 Ton

Hal ini dikatakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo saat meninjau lokasi abrasi pantai bersama Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah di Tugu Merpati Perdamaian, Pantai Muaro Lasak, Rimbo Kaluang, Kota Padang, Kamis (15/4/2021).

Kepala BNPB berharap dengan terbangunnya see well batu penahan gelombang untuk abrasi, tentu juga selain perlu menanam pohon di sepanjang pantai, ini guna memperkuat dan mengurangi terjadi hantaman gelombang.

Baca Juga:  PAPPRI Sumbar Berduka, Husin Daruhan: Edy Djamahir Telah Tiada

” Tidak hanya dilokasi ini saja akan tetapi juga mesti diseluruh pesisir wilayah Sumatera Barat pantainya bisa ditanami dengan strategi vegetasi supaya punya kekuatan menahan gelombang. Dan jenis tanamannya adalah seperti pohon pinago, pohon waru, Ketapang, Cemara udang dan beringin,” kata Doni.

Doni juga menyarankan kepada Gubernur dan pemerintah daerah untuk membuat peraturan. Apakah itu peraturan kepala daerah ataupun peraturan perda yang bisa membangun ekosistem secara kontinu maupun secara berlanjut, tidak sekedar menanam atau dibiarkan.

No More Posts Available.

No more pages to load.