Ketua Dewan Pers : Wartawan Kompeten Ciptakan Pers Indonesia yang Berkualitas

by -

Ketua Dewan Pers : Wartawan Kompeten Ciptakan Pers Indonesia yang Berkualitas

SEMANGATNEWS.COM- Sebanyak 54 wartawan dari berbagai media mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Dewan Pers dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Hotel Alila SOLO, Jumat-Sabtu (26-27/3/2021).

Peserta UKW di Kota Solo ini berasal dari berbagai platform media mulai cetak, elektronik dan online. Peserta terbagi dalam 9 kelas yang terdiri dari jenjang Muda, Madya dan Utama. Mereka akan mengikuti ujian di hadapan sembilan penguji yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers.

Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh mengatakan, pelaksanaan sertifikasi UKW ini bagian dari program berkelanjutan dari Dewan Pers untuk menciptakan pers yang berkualitas di tanah air. “Karena pers yang berkualitas akan mampu menjadi pilar keempat,” kata dia.

Dikatakan Nuh, negara demokratis niscaya membutuhkan pers sebagai penyeimbang roda penyelenggraan negara yang dijalankan pilar lainnya yakni eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Adapun pers berkualitas lanjut dia, didukung oleh insan wartawan yang memiliki kompetensi jurnalistik secara terukur, wartawan yang terampil dalam teknis jurnalistik, taat pada kode etik jurnalistik dan berwawasan luas.

“Wartawan dalam menjalankan fungsi pers secara optimal yaitu mencerahkan dan mencerdaskan masyarakat, sekaligus melakukan kontrol. Pers juga berperan sebagai alat check and balance dalam sistem demokrasi,” ungkapnya.

Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul yang menjadi Koordinator Panitia Pelaksana Daerah menuturkan, panitia sudah menyiapkan keperluan untuk pelaksanaan UKW. Ada sembilan kelas dalam UKW di Solo kali ini yang terdiri dari 7 kelas jenjang Muda, 1 kelas jenjang Madya dan 1 kelas jenjang Utama.

“Jumlah pendaftar untuk mengikuti UKW ini membludak. Namun karena kuota dari Dewan Pers hanya 54 wartawan maka terpaksa yang lain ditunda dulu menunggu kesempatan UKW berikutnya,” tuturnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, seluruh peserta dan penguji harus mengikuti tes swab antigen sebagai syarat dari pemerintah pusat untuk protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Panitia sudah menyiapkan pelaksanaan tes swab yang berlangsung di lokasi acara.

“Tes swab antigen dimulai pukul 06.30 hingga 08.30 WIB sebelum acara. Setelah itu acara dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pukul 09.00 WIB,” ungkapnya.

Dia menambahkan, uji kompetensi ini akan menjadi tolok ukur bagi wartawan dalam menjalankan profesinya. Adapun kompetensi wartawan ini sudah dirumuskan sejak tahun 2010 melalui program Standar Kompetensi Wartawan melalui jenjang muda, madya, utama.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.