Ketua PKK Sumbar Akan Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan di Laboratorium Diseminasi BPTP

oleh -

Ketua TP PKK Prov Sumbar ini selalu berupaya menggerakkan kader-kader PKK untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan khususnya kelompok Dasawisma sebagai ujung tombak PKK  serta mengajak organisasi wanita untuk turut serta mensosialisasikan gerakan tersebut, seperti Iwapi, Bhayangkari, Persit, dan Dharma Wanita dan organisasi wanita lainnya.

Mentan menambahkan, sesuai arahan Presiden RI bahwa hortikultura dan sayuran harus segera dikembangkan setelah beras, jagung, bawang telah dapat diatasi secara baik.

Oleh karena itu, Badan Litbang Pertanian menyiapkan anggaran khusus untuk menyiapkan luasan benih khusus untuk cetak benih.

“Kedepan kami juga akan siapkan benih, tidak hanya cabai saja, tapi juga benih untuk seluruh kebutuhan rumah tangga, seperti bawang, ayam, dan lain-lain,” ungkap Mentan.

 

Pendekatan pengembangan Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dilakukan dengan mengembangkan pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture), antara lain dengan membangun kebun bibit desa dan mengutamakan sumber daya lokal disertai dengan pemanfaatan pengetahuan lokal (local wisdom), sehingga ketahanan pangan dan kelestarian alam terjaga.

Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan sebuah konsep lingkungan perumahan penduduk yang secara bersama-sama mengusahakan pekarangannya secara intensif untuk dimanfaatkan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan dengan mempertimbangkan aspek potensi wilayah dan kebutuhan gizi warga setempat.