Keuangan Tak Sehat, Hutang Membengkak Saat Ini, Apakah Kesalahan Masa Lalu?

oleh -

Keuangan Tak Sehat, Hutang Membengkak Saat Ini, Apakah Kesalahan Masa Lalu?

Semangatnews, Jakarta – Susilo Bambang Yudhoyono juga merespons informasi banyaknya BUMN yang bermasalah selain Jiwasraya. Dengan banyaknya masalah ini, SBY berpikir bahwa ia bisa saja jadi pihak yang ikut disalahkan.

“Katanya sekarang banyak BUMN (termasuk sejumlah bank) yang bermasalah. Mulai dari keuangan yang tak sehat, utang yang sangat besar, sampai dengan dugaan penyimpangan (melanggar aturan). Kalau begini, jangan-jangan saya lagi yang disalahkan,” tutupnya.

“(Penyelesaiannya) sudah ada, masih dalam proses semua. Tapi berkaitan dengan hukum, ranahnya sudah masuk ke kriminal. Sudah masuk ke ranah hukum.” Presiden Jokowi.

Kasus Jiwasraya yang dililit utang belasan triliun rupiah menjadi sorotan serius. Sebab, potensi kerugian negara akibat gagal bayar polis nasabah ini bisa mencapai Rp 13,7 triliun.

“Persoalannya memang sangat besar dan sangat serius. Jadi kita juga akan melihat dari semua segi,” kata Sri Mulyani di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (21/12).

Kini kasus ini juga telah masuk ke jalur hukum. Kejaksaan Agung bahkan menduga terjadi korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi, yang berujung pada gagal bayarnya Jiwasraya ke pemegang polis.

“Hal ini terlihat pada pelanggaran prinsip kehati-hatian dengan berinvestasi yang dilakukan oleh PT Asuransi Jiwasraya yang telah banyak melakukan investasi pada aset-aset dengan risiko tinggi untuk mengejar high grade atau keuntungan tinggi,” kata Jaksa Agung ST Burhanuddin, Rabu (18/12).(smngtnews/kumparan)