Kisah Indra Jaya, Petugas Damkar Payakumbuh Yang Sudah 39 Tahun Bergelut Dengan Kobaran Api

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Dedikasi yang tinggi muncul dari seorang petugas pemadam kebakaran bernama Indra Jaya. Lelaki kelahiran Batusangkar ini sudah 39 tahun bergelut dengan kobaran api. Indra Jaya yang akrab disapa Pak Haji ini memulai karirnya di pemadam kebakaran sejak tahun 1982. Pada tahun 1982 dirinya adalah pegawai honorer petugas pemadam kebakaran Kota Payakumbuh sampai tahun 1988.

Namun pada tahun 1989 Pak Haji Resmi diangkat menjadi PNS dengan ijazah terakhir saat itu SMP. Barulah di tahun 1990 Pak Haji mengikuti ujian persamaan SMA di Kandep Padang dan naik golongan menjadi II/b.

Baca Juga:  Dipimpin Sekda Rida Ananda, 7 Tim Satgas Covid-19 Payakumbuh Monitoring Posko PPKM Mikro Kelurahan

“Tahun 1990 alhamdulillah saya berkesempatan mengikuti ujian persamaan SMA di Kandep Padang, dan pada saat itulah golongan saya naik menjadi II/b,” Terang Pak Haji.

Kini, petugas pemadam kebakaran senior ini masih bertugas bersama rekan-rekannya di pemadam kebakaran Kota Payakumbuh dengan pangkat golongan III/B dan merupakan petugas pemadam satu-satunya yang belum pernah dimutasi sejak awal mula pengangkatan menjadi PNS.

Baca Juga:  Wako Riza Falepi Bersama Forkopimda, Ikuti Rakor Prokes Covid-19 Secar Vidcom Dengan Pemerintah Pusat

Di saat-saat luang, Pak Haji menceritakan suka dukanya selama menjalani tugas. “Kalau suka duka, terus terang lebih banyak dukanya di pemadam kebakaran.Sukanya disaat melakukan pemadaman di berbagai daerah bisa bertemu dengan teman-teman sejawat dan bersama-sama saling bahu membahu menjalankan tugas, kekompakan dan kebersamaan sebagai petugas damkar sangat terasa pada saat itu. Namun dukanya, Selain bertaruh nyawa kita juga harus ikhlas dalam menjalankan tugas. Terlebih jika ada korban yang hangus terbakar, meski korban bukan keluarganya namun kesedihan sangat dalam dirasakan disaat adanya korban yang tidak berhasil diselamatkan ,” tuturnya.