Komisi A DPRD Rohil Provinsi Riau Berkunjung Ke Pemko Payakumbuh

by -

SEMANGATNEWS.COM — Pemerintah Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Yufnani Away, Plt. Kepala Dinas Kominfo Armen Busra dan Staf Ahli Elfriza Zaharman serta kepala bidang humas Aulia Fajrin menerima kunjungan Kerja Komisi A DPRD Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau dalam rangka konsultasi mengenai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), di Aula Randang Kantor Walikota Payakumbuh, Rabu (31/3).

Dalam kunjungan tersebut Komisi A DPRD Rohil konsultasikan tentang Pengelolaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang sudah diterapkan oleh Pemko Payakumbuh.

Diawal sambutannya, Asisten I Yufnani Away ucapkan selamat datang, dan semoga kunjungan dari DPRD Rohil ini dapat menjadi sebuah pertemuan yang dapat saling bertukar ilmu untuk kepentingan dan kemajuan bagi daerah masing-masing.

Ada beberapa poin yang menjadi bahan pertanyaan dan diskusi, antara lain terkait dengan pengelolaan sistem integrasi elektronik kota Payakumbuh, terkait pengaturan dalam penerapan sistem pemerintah berbasis elektronik yang ada di Kota Payakumbuh.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Rokan Hilir Rally Harahap, menjelaskan mereka melakukan kunjungan kerja ke Kota Payakumbuh untuk berdiskusi dan belajar perihal penerapan sistem elektronik di pemerintahan Kota Payakumbuh, dimana baginya sebagai kota yang mendapat APBD minim, Payakumbuh bisa memanfaatkan seluruh anggaran belanja tersebut dengan maksimal.

“Kota Payakumbuh sangat baik dalam mengelola APBD seperti untuk infrastruktur, pelayanan masyarakat, dan kesehatan, inilah yang membuat kami ingin belajar dan melakukan diskusi ke sini,” jelasnya.

Asisten I Kota Payakumbuh, Yufnani Away menanggapinya dengan menyampaikan Pemerintahan Kota Payakumbuh yang dipimpin oleh Riza Falepi telah menyusun dan mengelola APBD Kota Payakumbuh dengan sangat baik yang mengutamakan kepada pelayanan publik dan infrastruktur.

“Payakumbuh ini adalah kota yang kecil dan memiliki APBD yang minim namun walikota selalu memaksimalkan APBD yang kecil ini dengan sebaik-sebaiknya demi meningkatkan pelayanan dan infrastruktur kota, terutama untuk pelayanan yang berbasis elektronik ini,” ujar pak Aci sapaan akrab Asisten I bidang pemerintah itu.

Senada dengan Aisten I itu, Plt Kadis Kominfo Armen Busra turut menjelaskan bahwa dari Diskominfo Kota Payakumbuh dalam pemasangan dan pengelolaan jaringan internet tidak menggunakan pihak ke tiga.

“Jadi kita langsung dibawah bidang e-government untuk lakukan pemasangan infrastruktur jaringan Pemko ini, dan untuk akses jaringan wireless nya kita juga membangun tower pada setiap kecamatan, dan yang akan menjadi tower induk berada di kantor Walikota Payakumbuh”, ungkapnya kepada rombongan dari DPRD Rokan Hilir.

Armen turut menyampaikan bahwa pihak Pemko Payakumbuh selalu melakukan pengembangan untuk pelayanan yang berbasis elektronik, dimana saat ini Diskominfo sudah membuat aplikasi yang terintegrasi dari smartphone untuk kebutuhan pelayanan masyarakat, seperti pelayanan di rumah sakit dan Disdukcapil kota Payakumbuh.

“Dan terkait terbatasnya anggaran daerah kami, maka kami selalu melakukan peningkatan SDM pada Diskominfo, agar Pemko Payakumbuh dapat lebih meningkatkan terus pelayanan pemerintah yang terintegrasi elektronik ini tanpa menyerahkan kepada pihak ketiga yang tentu akan membutuhkan anggaran yang banyak”, imbuh Armen

Dan setelah mendengarkan pemaparan dari Plt. Kadis Kominfo Armen Busra, ketua Komisi A DPRD Rohil Rally Harahap mengatakan jika pihak dari DPRD Kabupaten Rohil sangat termotivasi dan berkeinginan untuk nantinya SPBE tersebut dapat juga diterapkan di Pemkab Rohil nantinya.

Pada akhir pertemuan, kedua elah pihak saling bertukar cinderamata dan Asisten I bersama rombongan juga turut mengajak rombongan DPRD Rohil untuk melihat MPP Payakumbuh yang sudah terintegrasi dengan pelayanan berbasis elektronik.(07)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.