Koramil 01 DIM 0306/50 Kota Membuat Demplot Jagung Bonanza F1.

0

Semangatnews Payakumbuh – Sebagai upaya dalam mendukung program Nasional ketahanan pangan, pada Rabu 14 Maret 2019, Koramil 01 Dim 0306/Kota menyiapkan demplot pertanian seluas 0,8 Ha di Kelurahan Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur.

Kegiatan ini merupakan realisasi petunjuk Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Solikhin S.Sos.MM agar masing masing Koramil menyiapkan Demplot pertanian, bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan jajaran agar bersama-sama dengan kelompok tani setempat membuat terobosan-terobosan baru diantaranya dengan memperkenalkan pupuk bios 44 yang berfungsi sebagai pengurai mikro organisme untuk meniingkatkan kesuburan tanah.

Pada saat penanaman jagung di Demplot Koramil tersebut, selain para Babinsa dan kelompok tani setempat, juga hadir para isteri prajurit yang tergabung dalam Persit KCK Ranting 02, beserta beberapa organisasi kepemudaan diantaranya FKPPI Kota Payakumbuh yang langsung dipimpin ketuanya H. Indra Sofyan SE.MM beserta pengurusnya, Satuan Bela Negara Kota Payakumhuh dipimpin ketuanya Ajisman Dt Majo kayo SH. didampingi anggotanya serta para anggota kelompok tani Kec. Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh.

Kapten Czi Jhony Forta Mangkuputi selaku Dan Ramil 01/payakumbuh Kodim 0306/50 Kota menyampaikan, semangat dari kebersamaan, akhirnya lahan tidur seluas 0,8 Ha, dapat ditanami hanya dalam waktu 1 (satu) hari, padahal apabila dikerjakan sendiri oleh petani dan babinsa mungkin akan memakan waktu sampai 2 (dua) atau 3 (tiga) hari.

“Semoga dengan dibuatkannya Demplot Koramil ini, para petani dapat lebih antusias dan bersemangat lagi dalam bertani maupun berkebun serta memiliki tempat untuk bertukar pikiran maupun nb tempat mengadakan pertemuan-pertemuan dengan para penyuluh/petugas lapangan pertanian di Demplot ini, sebagai upaya bersama dalam meningkatkan hasil pertanian serta dapat menekan biaya produksi, ” terang Kapten Czi Jhony Forta Mangkuputi.

“Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih dari Dandim 0306/50 Kota kepada semua pihak, terutama dibidang pertanian dan ketahanan pangan Kota Payakumbuh serta semua organisasi kepemudaan yang telah mendukung kegiatan tersebut,” pungkasnya. (jn)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.