Kota Padang Panjang Siap Laksanakan Sensus Penduduk, Targetkan 25% Daftar Secara Online

by -
Kota Padang Panjang Siap Laksanakan Sensus Penduduk, Targetkan 25% Daftar Secara Online

Kota Padang Panjang Siap Laksanakan Sensus Penduduk

Padang Panjang, SEMANGATNEWS – Kota padang Panjang siap untuk melaksanakan sensus penduduk pada dan juga pendaftaran onlinenya pada 15 Februari mendatang.  Hal ini disampaikan Wali Kota Fadly Amran dalam rapat kordinasi dan Perancangan  Sensus Penduduk 2020 (SP2020) di aula Balaikota, Kamis (6/2).

Dalam sambutannya, Wako mengatakan dengan adanya rapat koordinasi ini, kita harapkan Padang Panjang memiliki data yang baik dan akurat serta menjadi kota yang memiliki satu data kependudukan mendukung gerakan Indonesia maju.

Ditambahkannya, berhubung akan dilaksanakan pendaftaran online SP tanggal 15 Februari mendatang, kalau bisa 25% data penduduk sudah terisi oleh pendaftaran online, sehingga memudahkan pekerjaan dari BPS.

“Saya menghimbau kepada OPD dan pihak terkait agar berkontribusi dalam pelaksanaan SP ini, agar masyarakat dapat mengikuti”, pungkasnya.

Dengan tema mencatat Indonesia menuju satu data kependudukan, untuk Indonesia maju kegiatan ini disambut hangat sekaligus dibuka langsung oleh Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano.

Turut menambahkan, Ketua BPS Kota Padang Panjang Alius Junaidi, SE, ME. Ia menyebutkan pelaksanaan SP ini berlandaskan pada UU No 16 tahun 1997 dan rekomendasi PBB bahwasanya, setiap negara harus melaksanakan sensus penduduk minimal 10 tahun sekali.

Di Indonesia, SP pertama kali dilaksanakan pada tahun 1961, dan tahun ini adalah tahun yang ke 7 dilaksanakannya SP di Indonesia. Serta, tahun ini ada 54 negara yang akan melaksanakan sensus.

Tujuan utama dari SP adalah menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menurut de facto dan de jure . Serta menyediakan parameter demografi dan karakteristik penduduk lainnya untuk kebutuhan proyeksi penduduk.

Dalam hal ini untuk mendapatkan keakuratan data, BPS bekerjasama dengan Disdukcapil sebagai dasar data penduduk. Selain itu, SP tidak hanya berguna untuk saat ini tetapi juga untuk mengantisipasi hal yang akan terjadi dimasa depan. (rel/and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.