KPU Pasaman Buka Pendaftaran Untuk 60 Orang PPK

by -

Pasaman, Semangatnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 18 hingga 24 Januari 2020.

“Untuk pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Barat dan Bupati-Wakil Bupati Pasaman ini kita membutuhkan 60 PPK. Tiap kecamatan terdiri dari 5 orang anggota PPK,” kata Komisioner KPU Pasaman, Eria Candra di ruang kerjanya, Sabtu (18/1/2020).

Adapun syarat pendaftar yaitu warga negara Indonesia berusia minimal 17 tahun. Calon pendaftar harus berdomisili di wilayah kerja PPK. Sehat jasmani dan rohani, serta bebas dari penyalahgunaan narkotika.

“Pelamar harus melampirkan surat keterangan dari Puskesmas. Sebelumnya kita sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Pasaman,” ujarnya.

Pendidikan pendaftar minimal setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Pelamar harus bisa menguasai microsoft excel karena dibutuhkan saat input hasil penghitungan dan rekapitulasi suara berbasis E rekap.

Calon PPK juga harus mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur, dan adil. Serta tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Eria berharap proses tahapan hingga pemilihan Pilkada di Pasaman nanti bisa berjalan dengan lancar. Untuk itu diperlukan anggota PPK yang sangat siap dan memahami setiap tahapan.

“Nanti mereka akan diberi bimtek (bimbingan teknis). Tahun ini harus lebih fokus. Kami sangat ingin Pilkada di Pasaman ini sukses, jadi bimteknya harus serius. Kalau semua paham tugasnya, proses tahapan akan berjalan sesuai jadwal dengan baik dan lancar,” pungkas Eria.

Dari pantauan Semangatnews.com, di hari pertama ini sudah ramai pelamar yang mendaftar dari berbagai Kecamatan di Pasaman.

“Saya sangat bertekad untuk lolos menjadi anggota PPK, agar bisa berperan aktif untuk menyukseskan Pilkada tahun 2020 di Pasaman,” ujar Repda Yeni (25) Pelamar Muaro Sungai Lolo, Kecamatan Mapat Tunggul Selatan.(Ay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.