Kualitas Karya Seni di Sumatera Barat Sangat Menggembirakan

by -

Kualitas Karya Seni di Sumatera Barat Sangat Menggembirakan

Semangatnews.com, Padang – Program kesenian dalam ranah kebudayaan yang digelar selama tahun anggaran berjalan tahun 2019 hingga dipenghujung tahun ini oleh Dinas Kebudayaan melalui UPTD Taman Budaya Sumatera Barat berjalan dinamis dan kondusif ditandai bermunculannya kreasi-kreasi baru, baik seni tradisi maupun moderen.

Hal itu disampaikan kepada UPTD Taman Budaya Sumatera Barat, H. Muasri kepada Semangatnews.com usai siaran langsung dengan PadangTv prihal Evaluasi program kesenian dalam ranah kebudayaan tahun 2019 dan pembicaraan persiapan program kesenian tahun 2020 dipendopo Taman Budaya Sumbar, Selasa (3/11).

Menurut Muasri, dalam upaya peningkatan kualitas kesenian di Sumatera Barat. Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Sumatera Barat, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi.

Seniman maupun pekerja seni, ber-inovasi, berkreasi, bereskplorasi dalam wilayah penjelajahan kreativitasnya guna melahirkan karya-karya terbaik, UPTD Taman Budaya siap memfasilitasi dan menggelarnya kepada publik seni. Hal itu bermula dari kantong-kantong seni yang ada diberbagai daerah yang ada di Sumatera Barat.

Muasri juga menyampaikan pada agenda dan program tahun 2019 lalu berkaitan dengan percepatan implementasi UndangUndang No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat melalui UPTD Tambud melakukan Workshop Peningkatan SDM pelaku seni tari, randai dan teater dari kabupaten dan kota di Sumatera Barat, kesemuanya berjalan kondusif dan lancar.

Sementara pengamat seni rupa dan kurator, Muharyadi dalam kesempatan paparannya dihadapan publik melalui kesempatan live streaming Padangtv, menyebutkan, selama hampir setahun terakhir perhelatan kegiatan seni rupa di Sumatera Barat cukup menggembirakan para perupa.

Hal itu ditandai pula dengan lahirnya karya-karya terbaik hasil penjelajahan kreativitas dengan seperangkat nilai-nilai dalam ranah isi, pesan dan makna yang diwacanakan kepermukaan
Begitu pula dengan industri kreatif, karya-karya yang muncul sepanjang setahun terakhir memberikan ruang estetik tinggi yang cukup membanggakan, baik dalam tampilan maupun kulitas karya secara totalitas.

Persoalan yang timbul kemudian para pekerja seni dan industri kreatif tentulah perlu di dorong semua pihak agar ia berjalan dinamis ditengah-tengah persaingan antar wilayah dalam industri kreatif.

Hal yang terpenting pula semua persoalan kualitas karya yang muncul tentulah tidak terlepas dari peranan strategis lembaga pendidikan seni seperti SMKN 4 (SSRI/SMSR) Padang, jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, UNP Padang, Seni Murni ISI Padangpanjang, komintas Rumah Ada Seni (RAS), Komunitas Belanak dan lainnya yang didukung lembaga UPTD Taman Budaya Sumbar, jelas Muharyadi.

Pamong Kebudayaan, Suhendri, juga menyebutkan, dalam melahirkan karya-karya seni tradisi maupun moderen yang dihasilkan para seniman di Sumatera Barat, baik individual maupun kolektif tentulah harus kita lihat secara propoosional dan realitik. Melahirkan karya-karya terbaik persoalan finansial untuk mendukung produksi dan karya-karya terbaik yang dihasilkan para seniman memang tak dapat dipungkiri.

Tetapi persoalan adanya idiom-idiom baru, maupuun berbagai ekslpolrasi guna mendukung kualitas karya juga menjadi teramat penting, ujar Suhendri. (FR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.