Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 2 Halaman 110 111, Pembelajaran 4 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia

by -
Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 2 Halaman 110 111, Pembelajaran 4 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia
Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 2 Halaman 110 111, Pembelajaran 4 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia

SEMANGATNEWS.COM – Simak di bawah ini pembahasan soal dan kunci jawaban Tema 2 Kelas 5 SD/MI halaman 110 sampai 111, Pembelajaran 4, Subtema 3.

Materi Pembelajaran 4 yang dimulai dari halaman 109 sampai 111 ini, merupakan bagian dari Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia, Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan.

Soal dan pertanyaan di bawah ini diambil dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) edisi revisi tahun 2018. Sedangkan jawabannya dirangkum dari berbagai sumber.

Adapun materi yang dibahas di Pembelajaran 4 meliputi: menjelaskan cara menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain, hingga menjelaskan pentingnya sikap tanggung jawab di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Berikut Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Pembelajaran 4 Subtema 3:

Perhatikan gambar di atas. Menurutmu, apa jenis usaha yang ditunjukkan gambar tersebut? Ya, ini adalah usaha penjualan bibit tanaman. Meskipun terlihat sederhana, bayangkan jasa penjual tanaman tersebut. Dia menyediakan bibit-bibit aneka tanaman yang akan tumbuh menghijaukan dan memperindah lingkungan. Daun-daun hijau tanaman-tanaman itu akan menyediakan banyak oksigen buat kita. Dengan oksigen yang selalu tersedia maka kesehatan kita akan terjaga. Sekarang kamu tahu kan, betapa besar jasa penjual bibit tanaman tersebut?

Menjadi seorang penjual bibit tanaman merupakan salah satu kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kamu telah memahami kegiatan ekonomi yang berkembang di Indonesia. Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya. Meskipun berbeda, setiap kegiatan usaha ekonomi harus kita hargai.

Bagaimana cara kita menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain? Cara menghargai kegiatan usaha ekonomi antara lain sebagai berikut.

1. Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian.
2. Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.
3. Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang dilakukan orang lain.
4. Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 110

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui cara menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain. Amati kegiatan usaha ekonomi di sekitar tempat tinggalmu! Bagaimana sikap pelaku usaha ekonomi dalam menjalin hubungan dengan pesaingnya? Apakah terjalin sikap saling menghargai satu sama lain? Diskusikan bersama teman-teman sekelasmu!

Jawaban:

Pengamatan yang saya lakukan terhadap kegiatan usaha ekonomi di sekitarku menunjukkan bahwa mereka menjalin hubungan baik dengan pesaingnya. Mereka saling menghargai satu sama lain.

Dalam menjalankan kegiatan usaha ekonomi, setiap orang harus melakukan dengan penuh tanggung jawab. Penerapan tanggung jawab sangat penting bagi terciptanya keharmonisan dalam kehidupan warga masyarakat. Selain itu, dengan penerapan tanggung jawab dapat terjalin kerukunan dan persaudaraan antarwarga masyarakat. Penerapan tanggung jawab juga dapat menciptakan ketertiban, keamanan, dan ketenangan dalam masyarakat.

Bagaimana jika tidak ada penerapan tanggung jawab di masyarakat? Tidak adanya penerapan tanggung jawab di masyarakat akan menyebabkan terjadi ketidakharmonisan dalam hubungan antarwarga masyarakat, kekacauan terjadi di mana-mana, tidak adanya kerukunan antarwarga masyarakat. Selain itu, tanpa adanya tanggung jawab tidak akan tercipta ketertiban, ketenangan, dan keamanan dalam masyarakat. Oleh karena itu, biasakanlah bersikap tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.

Ayo Renungkan

Di sekolahmu ada kepala sekolah, guru, siswa, dan penjaga sekolah. Bagaimana jika semua orang di sekolahmu tidak melaksanakan tanggung jawab masing-masing? Apa yang akan terjadi? Tuliskan jawabanmu pada kotak berikut.
Jawaban:
Jika semua orang di sekolah tidak melaksanakan tanggung jawab masing-masing maka:
– Kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak terlaksana dengan baik.
– Tidak akan tercipta ketertiban di sekolah.
– Lingkungan sekolah tidak akan terawat dan terjaga.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bagaimana jika semua orang dalam keluargamu tidak melaksanakan tanggung jawab masing-masing? Apa yang akan terjadi?

Jawaban:

Jika semua orang dalam keluargaku tidak melaksanakan tanggung jawab masing-masing, maka bisa akan mengakibatkan:
– Terjadi pertengkaran dalam keluarga.
– Hak dan kewajiban antar anggota keluarga juga tidak akan terlaksana.
– Setiap anggota keluarga hanya akan mengerjakan sesuatu sesuai kepentingan mereka sendiri.
– Tidak adanya penerapan tanggung jawab di keluarga akan menyebabkan terjadi ketidakharmonisan dalam hubungan antar angota keluarga hingga terjadi kekacauan dan tidak adanya kerukunan.
– Tanpa adanya tanggung jawab tidak akan tercipta ketertiban, ketenangan, dan keamanan.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(*/SN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.