Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 112 113 114, Pembelajaran 5 Subtema 3 Buku Tematik K13

by -
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 112 113 114, Pembelajaran 5 Subtema 3 Buku Tematik K13
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 112 113 114, Pembelajaran 5 Subtema 3 Buku Tematik K13

SEMANGATNEWS.COM – Simak di bawah ini pembahasan soal dan kunci jawaban Tema 2 Kelas 5 SD/MI halaman 112, 113, 114, Pembelajaran 5, Subtema 3.

Materi Pembelajaran 5 yang dimulai dari halaman 112 sampai 114 ini, merupakan bagian dari Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia, Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan.

Soal dan pertanyaan di bawah ini diambil dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) edisi revisi tahun 2018. Sedangkan jawabannya dirangkum dari berbagai sumber.

Adapun materi yang dibahas di Pembelajaran 5 meliputi: menceritakan kembali tentang cara merawat organ pernapasan pada manusia, hingga membuat sketsa gambar cerita sesuai tema yang telah ditentukan sebelumnya.

Berikut Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Pembelajaran 5 Subtema 3:

Kunci Jawaban Halaman 112

Ayo Bercerita

Pada Pembelajaran 2 kamu dan kelompokmu telah mempelajari cara merawat organ pernapasan. Kamu juga telah membuat poster tentang cara merawat organ pernapasan. Sekarang tunjukkan dan ceritakan postermu kepada kelompok-kelompok lain dan bapak/ibu gurumu.

Jawaban:

Selamat siang, teman-teman. Nama saya Udin. Saya ingin melakukan presentasi mengenai cara merawat organ pernapasan. Menurut saya topik ini sangat penting untuk dibicarakan saat ini. Saya yakin bahwa apa yang akan saya presentasikan bisa membantu kita menjaga kesehatan kita. Berikut ini penjelasannya.

Organ pernapasan sangat penting bagi kehidupan manusia. Kewajiban untuk menjaga kesehatan organ-organ pernapasan semakin penting untuk meraih hidup yang sehat. Dengan melakukan berbagai cara menjaga organ pernapasan dapat dilakukan. Ingat, organ pernapasan bukan hanya paru-paru. Mulut, hidung, hingga tenggorokan juga termasuk ke dalamnya. Sehingga, penjagaannya pun perlu dilakukan secara keseluruhan. Berikut ini beberapa cara menjaga organ pernapasan.

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi.

Mengonsumsi makanan bergizi juga sangat berpengaruh pada kesehatan organ pernapasan. Orang yang kekurangan nutrisi, terbukti lebih rentan mengalami berbagai gangguan pernapasan. Beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga organ pernapasan antara lain adalah: Vitamin A Vitamin C Vitamin E Zinc Kalium Selenium Magnesium

2. Rajin Berolahraga

Rajin berolahraga adalah cara menjaga organ pernapasan yang sangat efektif. Sebab dengan aktif bergerak, sirkulasi di tubuh akan berjalan dengan lancar. Dengan begitu, organ pernapasan terutama paru-paru akan selalu terjaga kesehatannya.

3. Istirahat Yang Cukup

Kurang istirahat dan tidur diduga bisa membuat organ pernapasan kita mengalami masalah. Hal ini disebabkan karena ketika tidur, organ pernapasan juga ikut beristirahat. Agar berbagai manfaat istirahat dan tidur di atas bisa kita dapatkan secara maksimal, jangan lupa untuk tidur sesuai jumlah jam yang dianjurkan. Untuk orang dewasa disarankan untuk tidur sebanyak 7-9 jam sehari, remaja 14-17 tahun 8-10 jam/hari, anak usia 6-13 tahun 9-11 jam/hari, dan balita usia 3-5 tahun 10-13 jam/hari.

4. Tidur dengan Posisi yang Benar

Posisi tidur benar adalah miring ke kanan dan jangan telungkup. Posisi ini paling sering ditemui dan merupakan salah satu posisi tidur yang baik. Tidur menghadap samping kanan dianggap paling sesuai untuk membuka jalan napas bagi yang memiliki gangguan pernapasan atau mendengkur saat tidur.

Demikian presentasi saya tentang cara merawat organ pernapasan manusia. Semoga presentasi ini bermanfaat. Terima kasih dan Selamat siang.

Kamu telah mempresentasikan poster tentang cara merawat organ pernapasan. Apakah kamu suka dengan poster yang telah kamu buat bersama dengan kelompokmu? Bagaimana tanggapan teman-teman dan bapak/ibu gurumu? Apakah mereka juga menyukai postermu? Sebaliknya, bagaimana poster hasil kreasi teman-temanmu? Apakah mereka juga membuat poster yang bagus?

Poster yang bagus akan menarik orang untuk membaca informasi yang tertulis pada poster itu. Kamu dapat menambahkan gambar-gambar yang menarik dan sesuai tema poster. Kamu juga dapat mewarnai dengan warna-warna yang cerah. Orang yang membaca akan terkesan dan terpengaruh untuk melaksanakan ajakanmu merawat organ pernapasan.

Apakah selama ini kamu juga telah merawat organ pernapasanmu dengan baik. Apa saja yang telah kamu lakukan? Apakah kamu menjauhi makanan dan minuman dingin? Apakah kamu menanam banyak tumbuhan hijau di lingkungan rumahmu? Adakah pengalaman menarik saat kamu melakukan itu?

Pada Pembelajaran 2 kamu telah memilih pengalamanmu yang paling menarik sebagai tema untuk membuat gambar cerita. Sekarang saatnya kamu membuat gambar cerita. Berikut langkah-langkah membuat gambar cerita.

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya sesuai teknik yang digunakan.

2. Pembuatan Sketsa

Setelah menentukan tema langkah, selanjutnya adalah membuat sketsa. Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.

3. Penyempurnaan Gambar

Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu sketsa yang menurutmu paling baik. Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup. Jika sudah mantap warnai gambarmu dengan baik.

Kunci Jawaban Halaman 113

Ayo Berkreasi

Pada Pembelajaran 2 kamu telah menentukan tema gambar cerita. Sekarang persiapkan alat dan bahan untuk membuat gambar cerita, lalu buatlah sketsa gambar cerita berdasarkan tema yang telah kamu pilih.

Jawaban:

Sketsa gambar cerita

Tema yang dipilih: Aku merawat kesehatan pernapasan.

Ayo Renungkan

Apa langkah-langkah membuat gambar cerita?
Jawaban:
Langkah-langkah membuat gambar cerita antara lain :
– Persiapan Bahan dan Alat
– Pembuatan Sketsa
– Penyempurnaan Gambar

Kegiatan Bersama Orang Tua

Siapkan beberapa lembar kertas karton berukuran 20 cm × 10 cm. Tuliskan kalimat-kalimat ajakan untuk merawat organ pernapasan pada kertas-kertas tersebut. Kalian dapat menuliskan kalimat seperti: dilarang merokok, ayo menanam tumbuhan hijau, kenakan masker saat banyak debu, dan sebagainya. Tuliskan sebagus mungkin dan warnai yang mencolok. Tempelkan kertas-kertas bertuliskan ajakan tersebut di beberapa tempat di rumahmu.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(*/SN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.