Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 186 187 188 189 190, Subtema 4: Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku, Pembelajaran 2

by -
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 186 187 188 189 190, Subtema 4: Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku, Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 186 187 188 189 190, Subtema 4: Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku, Pembelajaran 2

SEMANGATNEWS.COM – Kunci jawaban berikut diperlukan sebagai pedoman bagi adik-adik untuk belajar. Terutama untuk adik-adik Kelas 3 SD/MI. Kunci jawaban juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kali ini kunci jawaban yang dibahas adalah pembelajaran 2, Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku, Tema 3 Benda di Sekitarku.

Materi yang ditampilkan berasal dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Pembelajaran 2 dimulai dari halaman 185 sampai 193.

Kunci jawaban yang diuraikan terdiri dari halaman 186, 187, 188, 189, dan 190. Materi yang dijabarkan yaitu ‘membaca wacana tentang Membuat Gulali’, ‘menuliskan pertanyaan berdasarkan wacana’, ‘mengidentifikasi gambar tolong menolong’, ‘menceritakan pengalaman tentang kegiatan tolong menolong’, ‘bermain mengiring bola’, ‘berlatih mengiring bola’.

Ayo Mencoba

Asyiknya Membuat Gulali

Gulali adalah sejenis permen yang terbuat dari gula pasir. Rasanya manis dan mudah membuatnya. Sambil membuat gulali, cermati perubahan wujud yang terjadi!

Alat dan Bahan
– 500 gram gula pasir
– 250 ml air matang
– Pewarna makanan
– Tusuk sate

Cara Membuat
1. Campurkan 500 gram gula pasir dengan 250 ml air matang. Kemudian, tambahkan pewarna jika diperlukan.
2. Aduk campuran tersebut hingga merata. Kemudian, panaskan di atas api sedang.
3. Aduk-aduk terus hingga mendidih dan airnya mulai berkurang. Setelah itu, angkat dari api dan diamkan sampai adonan mengental.
4. Jika sudah dingin dan mengental, maka adonan gulali tersebut sudah boleh dibentuk. Lilitkan pada tusuk sate dan bentuk menjadi aneka bentuk yang kamu sukai.

Kunci Jawaban Halaman 186 dan 187

Ayo Menulis

Buatlah pertanyaan dari proses pembuatan gulali! Tuliskan jawabannya di kotak yang disediakan!

1. Mengapa pada pembuatan gulali menggunakan air matang ?
Jawaban:
Air matang digunakan pada pembuatan gulali supaya lebih sehat.

2. Apa perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan gulali?
Jawaban:
Pada pembuatan gulali terjadi perubahan wujud mencair dan membeku. Mencair terjadi saat gula dicampur dengan air, sementara membeku terjadi pada saat adonan gulali didiamkan.

3. Mengapa air setelah mendidih jumlahnya berkurang!
Jawaban:
Air berkurang jumlahnya karena menguap saat mendidih.

4. Apa tahapan pertama dalam mambuat gulali?
Jawaban:
Tahap pertama pembuatan gulali adalah mencampurkan 500 gram gula pasir dengan 250 ml air matang.

5. Apa fungsi tusuk sate pada pembuatan gulali ?
Jawaban:
Tusuk sate digunakan untuk melilitkan gulali.

Kunci Jawaban Halaman 187

Ayo Mengamati

Kamu sudah melakukan dan mencermati cara membuat gulali. Sekarang, tuliskan perubahan wujud yang terjadi selama pembuatan gulali. Tuliskan contohnya!

Jawaban:

1. Peristiwa: Gula dicampur air
Perubahan wujud yang terjadi: Mencair

2. Peristiwa: Air mendidih
Perubahan wujud yang terjadi: Menguap

3. Peristiwa: Adonan gulali mengental
Perubahan wujud yang terjadi: Membeku

Kunci Jawaban Halaman 187 dan 188

Ayo Berdiskusi

Kelompokmu telah mempraktikkan membuat gulali. Apa yang terjadi jika setiap anggota kelompokmu tidak melaksanakan tugas masing-masing? Atau tidak bekerja sama?

Tugas kelompok akan berhasil jika menunjukkan sikap bersatu. Sikap bersatu banyak contohnya. Diskusikan bersama kelompokmu! Makna dan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu!

Jawaban:

Sikap bersatu adalah berkumpulanya individu menjadi satu tanpa memandang ras, suku, agama, warna kulit dan keturunan untuk mencapai tujuan tertentu.

Contoh sikap bersatu: Saling menghargai pendapat dan peran yang beragam. Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing Saling menghargai keragaman suku bangsa dan budaya. Tidak merendahkan adat istiadat lain. Menghormati segala bentuk tradisi lain yang tidak sama dengan tradisi sendiri.

Kunci Jawaban Halaman 188 dan 189

Ayo Mengamati

Dalam keluarga, penting untuk mempunyai sikap bersatu. Berilah tanda centang (v) pada gambar berikut! Gambar yang menunjukkan sikap bersatu dalam keluarga.

Jawaban:

Kunci Jawaban Halaman 190

Ayo Bercerita

Kamu telah memilih aktivitas yang menunjukkan saling membantu di rumah. Perhatikan cerita Edo di bawah ini!

Hai, namaku Edo. Aku bersekolah di SD Nusantara. Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, aku merapikan tempat tidurku. Aku juga menolong ibu menjaga adikku, ketika ibu memasak sarapan.

Pada sore hari, aku membantu ibu menyiram bunga dan pohon di kebun. Pada malam hari, ayah dan ibu membantuku mengulang pelajaran di rumah. Di rumah, kami saling tolong-menolong. Tolong-menolong membuat pekerjaan menjadi mudah dan ringan. Akupun menjadi semakin sayang kepada ayah dan ibu.

Bagaimana dengan ceritamu? Ceritakan pengalamanmu saling tolong-menolong dalam keluarga! Presentasikan di depan kelas!

Jawaban:

Aku tinggal bersama adik dan kedua orangtuaku. Sebelum berangkat sekolah aku membantu ibu mencuci piring. Tugas tersebut sudah biasa saya lakukan setiap hari. Sepulang sekolah aku juga ikut membantu ibu menjaga adikku yang masih kecil.

Saat malam hari biasanya ayah dan ibuku juga membantu aku saat kesulitan mengulang pelajaran di sekolah. Mereka dengan ikhlas membantuku. Kebiasaan tolong menolong sudah menjadi kebiasaan keluarga kami. Dengan tolong menolong semua anggota keluarga saling bekerjasama. Aku merasa bangga terhadap keluargaku.

Ayo Berlatih

Persatuan akan membuat segala sesuatu menjadi mudah dan indah. Bersatu tidak hanya di rumah. Namun, bersatu juga dapat dilakukan saat olahraga permainan.

Contoh olahraga permainan adalah sepak bola. Untuk bisa bermain bola, kalian harus dapat membawa bola dengan kakimu menuju gawang. Kegiatan ini disebut menggiring bola. Mari berlatih menggiring bola! Sebelum bermain, perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Estafet Bola

1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas empat orang siswa.

2. Setelah diberi aba-aba “mulai”, anak pertama menggiring bola ke arah anak ke-2. Anak ke-2 menggiring bola ke arah anak ke-3. Anak ke-3 menggiring bola sampai batas akhir.

3. Setelah sampai ke batas akhir, anak ke-4 segera menendang bola menuju gawang atau ke titik yang ditentukan.

4. Siapa yang paling cepat, itulah pemenangnya.

Setelah melakukan pemanasan, tentukan cara tercepat untuk menggiring bola! Diskusikan bersama guru dan temanmu!

Kamu dapat menggiring bola dengan berbagai cara. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Menggiring bola dengan kaki bagian luar.

2. Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam.

3. Menggiring bola dengan menggunakan punggung kaki.

Cobalah menggiring bola dengan ketiga gerakan tersebut. Gerakan mana yang mudah kamu lakukan? Berlatihlah bersama temanmu.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Berdiskusilah bersama orang tuamu. Diskusi tentang contoh sikap bersatu di lingkungan rumah. Lakukan juga refleksi bersama. Apakah anggota keluarga sudah bersatu?

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 3 Benda di Sekitarku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 3 Benda di Sekitarku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.