Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 226 227 228 230 231, Subtema 4: Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku, Pembelajaran 6

by -
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 218 219 221 222 223 224 225, Subtema 4: Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku, Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 218 219 221 222 223 224 225, Subtema 4: Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku, Pembelajaran 5

SEMANGATNEWS.COM – Kunci Jawaban Kelas 3 SD/MI berikut merupakan pembahasan yang bisa adik-adik jadikan pedoman untuk materi pembelajaran 6 halaman 226 sampai 231.

Materi yang dibahas antara lain ‘menuliskan rangkuman peristiwa perubahan wujud’, ‘menuliskan kalimat dari kata-kata yang terkait perubahan wujud’, ‘menuliskan jadwal kegitan beserta durasi waktunya’, ‘menyatakan pendapat tentang sikap bersatu di masyarakat’, ‘menuliskan pengalaman menolong orang lain di lingkungan rumah’.

Materi tersebut terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Tema 3 dengan judul Benda di Sekitarku, Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku.

Kunci jawaban ini merupakan pembahasan dari soal yang terdapat pada halaman 226, 227, 228, 230, dan 231. Dengan demikian, pembahasan ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Halaman 226 dan 227

Ayo Berlatih

Kamu telah belajar berbagai perubahan wujud di sekitarmu. Perubahan wujud dialami dalam kehidupan sehari-hari.

Alam dipersiapkan oleh Tuhan yang Maha Esa. Agar manusia dapat tinggal di bumi dengan nyaman. Perubahan wujud benda merupakan contoh buktinya. Mari rangkum pengetahuanmu tentang perubahan wujud di sekitarmu!

Mari rangkum pengetahuanmu tentang perubahan wujud di sekitarmu!

Jawaban:

Buatlah kalimat dengan kata berikut!

Jawaban:

1. Menguap = Air laut menguap saat terkena panas matahari.
2. Wujud = Perubahan wujud benda disebabkan pemanasan dan pendinginan.
3. Menyublim = Kamper akan menyublim saat dibiarkan di udara terbuka.
4. Membeku = Minyak goreng membeku saat terkena udara dingin.
5. Padat = Meja termasuk salah satu benda padat.
6. Mencair = ES batu akan mencair jika dibiarkan di udara terbuka.
7. Gas = Uap air termasuk benda gas.
8. Cair = Minyak goreng termasuk benda cair.
9. Mengembun = Uap air yang berada di sekitar gelas yang berisi es akan mengembun.
10. Proses = Proses mencair membutuhkan panas.

Kunci Jawaban Halaman 228

Ayo Berlatih

Perubahan wujud di alam terjadi setiap saat. Perubahan wujud dapat ditemui, saat beraktivitas di dalam maupun di luar rumah. Susunlah aktivitasmu sehari-hari mulai dari bangun tidur di pagi hingga kembali tidur di malam hari. Perlihatkan jadwalmu kepada temanmu! Apakah kalian mempunyai kegiatan yang sama?

Jawaban:

Kunci Jawaban Halaman 230

Ayo Mengamati

Siti tinggal di desa. Masyarakat desa tempat tinggal Siti rukun dan damai. Terciptanya hidup rukun dan damai berkat adanya persatuan dan kesatuan di antara sesama warga.

Tetangga Siti berasal dari suku yang berbeda-beda. Agamanya pun berbeda-beda. Setiap warga saling menghormati perbedaan itu. Jika ada tetangga yang sakit, mereka akan saling menjenguk. Selain menjenguk juga membantu.

Bagaimana dengan lingkungan tempat tinggalmu? Apakah setiap orang di lingkungan tempat tinggalmu menunjukkan sikap saling bersatu?

Berilah tanda centang (v) keadaan yang menunjukkan sikap saling bersatu!

Jawaban:

Kunci Jawaban Halaman 331

Ayo Bercerita

Ceritakanlah lingkungan di sekitar rumahmu! Ceritakan pengalamanmu menolong tetanggamu yang membutuhkan bantuan! Tuliskan pada tempat yang tersedia!

Jawaban:

Tetangga adalah orang-orang yang hidup berdekatan dengan tempat tinggal kita. Sebagai makhluk sosial yang baik kita harus bisa menyesuaikan diri kita dengan lingkungan sosial di sekitar kita.

Dengan demikian akan tercipta suatu kehidupan yang nyaman, rukun, damai dan sejahtera antara diri kita dengan para tetangga. Siapa yang akan menolong Anda dan keluarga pertama kali ketika ada pencuri atau kebakaran misalnya?

Pengalamanku menolong tetangga adalah dengan menawarkan bantuan kepada tetangga yang sedang bermasalah, kekurangan, atau lainnya.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua berdiskusi dengan siswa di rumah. Diskusi tentang pemanfaatan waktu yang telah dilakukan sehari-hari. Apakah sudah seimbang antara bermain, belajar, dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 3 Benda di Sekitarku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 3 Benda di Sekitarku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.