Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 75 76 79 80, Subtema 2: Wujud Benda, Pembelajaran 2

by -
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 75 76 79 80, Subtema 2: Wujud Benda, Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 75 76 79 80, Subtema 2: Wujud Benda, Pembelajaran 2

SEMANGATNEWS.COM – Berikut ini disajikan kunci jawaban untuk Kelas 3 SD/MI. Adik-adik dapat menggunakannya sebagai pedoman untuk belajar.

Kunci jawaban membahas tentang pembelajaran 2 yang dimulai dari halaman 70 sampai 80. Kunci jawaban membahas soal yang terdapat pada halaman 75, 76, 79, dan 80, pembelajaran 2, Subtema 2 Wujud Benda, Tema 3 Benda di Sekitarku.

Kunci jawaban ini juga disertai materi yang sesuai dengan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Materi tersebut meliputi ‘membaca wacana untuk menjawab pertanyaan’, ‘melakukan percobaan untuk mencari informasi tentang volume’, ‘berlatih melempar dan memantulkan bola’, ‘menceritakan pengalaman menolong teman di depan kelas’, ‘menuliskan arti penting sikap tolong menolong’.

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 3 ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Ayo Membaca

Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati. Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mengetahui wujud benda. Wujud benda dibedakan menjadi tiga, yaitu padat, cair, dan gas.

Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume? Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?

Simak percakapan Siti dengan Ibu guru berikut ini!

Ibu Guru: Anak-anak perhatikan kedua bola di tangan ibu. Kedua bola mempunyai ukuran yang berbeda. Kedua bola bahannya juga berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?

Siti: Massa, Bu? Apakah massa itu, Bu?

Ibu Guru: Yuk, lakukan percobaan bersama! Letakkan kedua bola pada timbangan. Apakah yang terjadi? Coba, lihatlah.

Udin: Bola basket lebih berat, Bu!

Ibu Guru: Benar, Udin. Bola basket bahan penyusunnya beda dengan bola plastik. Bola basket terbuat dari karet sintesis. Bola plastik terbuat dari plastik. Bola basket lebih berat daripada bola plastik. Banyaknya bahan penyusun yang terdapat dalam benda disebut massa.

Siti: Jadi, bola yang lebih berat memiliki massa lebih besar?

Ibu Guru: Benar, Siti! Massa umumnya diukur dengan satuan gram atau kilogram. Massa diukur dengan alat di bawah ini.

Kunci Jawaban Halaman 72 dan 73

Ayo Berlatih

Perhatikan pengukuran massa benda berikut ini! Lingkari pernyataan yang benar!

Jawaban:

a. Balok Y mempunyai massa yang lebih besar dari Balok H.
b. Gelas ukur yang berisi air mempunyai massa yang lebih besar dari gelas ukur yang kosong.
c. Botol B mempunyai massa yang lebih besar dari botol A. Botol B mempunyai berat yang lebih besar dari botol A.
d. Bola yang kempes mempunyai massa yang lebih kecil dari bola yang tidak kempes.
e. Enam apel mempunyai massa yang sama dengan satu semangka. Oleh sebab itu, tiga apel mempunyai berat lebih kecil dengan satu semangka.

Kunci Jawaban Halaman 75 dan 76

Ayo Mengamati

Selain massa, benda mempunyai volume. Apakah volume benda itu? Semua benda menempati ruang. Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume. Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti benda yang kecil memiliki volume yang kecil. Benda yang besar memiliki volume yang besar.

Volume akuarium A lebih besar daripada volume akuarium B. Pelajarilah tentang volume benda! Lakukan percobaan berikut bersama teman dalam kelompokmu!

Alat dan Bahan
1. Gelas ukur
2. Benda padat yang dapat dimasukkan ke dalam gelas ukur
3. Air
4. Balon (2 buah)

Langkah-Langkah Percobaan
a. Isilah gelas ukur dengan air. Masukkan benda padat ke dalamnya.

b. Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda padat!

c. Apa yang terjadi sebelum dan setelah benda padat dimasukkan ke dalam gelas ukur? Tuliskan pengamatanmu!
Jawaban:
Sebelum benda padat dimasukan ke dalam gelas ukur, volume air sedikit. Setelah benda padat dimasukan ke dalam gelas ukur, volume air menjadi banyak.

d. Isilah gelas ukur dengan air sebanyak 300 mililiter. Kemudian tambahkan hingga 600 mililiter. Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda cair!

e. Apa yang terjadi sebelum dan setelah air ditambahkan ke dalam gelas ukur? Tuliskan pengamatanmu!
Jawaban:
Sebelum benda padat dimasukan ke dalam gelas ukur, volume air sebanyak 300 mililiter. Setelah benda padat dimasukan ke dalam gelas ukur, volume air bertambah menjadi 500 mililiter.

f. Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda gas!

g. Apa yang terjadi sebelum dan setelah udara ditiupkan ke dalam balon? Tuliskan pengamatanmu!
Jawaban:
Balon mengembang setelah ditiup karena udara mengisi seluruh ruang dalam balon.

Kamu telah melaksanakan percobaan di atas! Coba lengkapi kalimat di bawah ini!

Jawaban:

Benda di sekeliling kita terdiri atas benda hidup dan benda tak hidup Benda mempunyai tiga wujud, yaitu padat, cair, dan gas. Benda mempunyai ciri-ciri, yaitu memiliki masa dan ruang (volume)

Kunci Jawaban Halaman 76 dan 77

Ayo Mengamati

Dayu sedang memperhatikan aneka bola berikut ini!

Pernahkah kalian melihat ketiga jenis bola tersebut?
Jawaban:
Pernah

Dapatkah kamu menyebutkan ketiga jenis bola tersebut?
Jawaban:
Bola takraw, bola basket, dan bola kaki.

Manakah bola yang mempunyai massa paling besar?
Jawaban:
Bola basket

Bagaimana dengan volumenya?
Jawaban:
Volume setiap bola berbeda-beda sesuai dengan ukurannya.

Manakah bola yang mempunyai volume paling besar?
Jawaban:
Bola basket.

Ayo Mencoba

Kamu telah mengamati jenis bola di atas! Ayo, coba memantulkan ketiga jenis bola tersebut ke lantai! Bola manakah yang memantul paling tinggi? Bola basket.

Setelah kamu dapat menentukan bola yang memantul kembali paling tinggi, gunakan bola tersebut untuk berlatih memantul dan menangkap bola.

Kunci Jawaban Halamna 79

Ayo Bercerita

Edo dan teman-teman berlatih memantulkan dan menangkap bola di sekolah. Ketika tengah asyik berlatih, tiba-tiba Udin terjatuh. Kakinya sakit dan tidak dapat berdiri.

Edo dan teman-teman melihat Udin kesakitan. Edo dan teman-teman segera menghentikan permainan. Kemudian, Edo dan Beni menolong Udin dengan memapahnya ke UKS. UKS singkatan Unit Kesehatan Sekolah.

Setelah diperiksa, ibu guru menduga kaki Udin terkilir. Oleh karena itu, kakinya perlu diperiksa dokter. Perbuatan Edo dan Beni menolong Udin sangat terpuji. Apakah kamu mempunyai pengalaman menolong teman atau orang lain?

Ceritakanlah pengalamanmu di depan kelas! Simak dengan baik saat temanmu bercerita!

Jawaban:

Pengalamanku saat menolong orang lain

Suatu hari, sepulang sekolah aku berjalan kaki ke rumah. Sekolahku tidak begitu jauh dari rumah. Saat di perjalanan, aku melihat seorang nenek yang akan menyebrang. Nenek itu kebingungan karena jalan terlalu ramai. Aku menawarkan bantuan kepada nenek tersebut. Kami berjalan menuju zebra cross terdekat. Aku menuntun nenek menyebrang. Setelah sampai, nenek mengucapkan terima kasih. Aku senang sekali bisa membantu nenek. Aku pun pulang ke rumah dengan hati gembira.

Kunci Jawaban Halaman 80

Ayo Menulis

Kamu telah menyimak cerita temanmu. Cerita tentang pengalaman menolong orang lain. Mengapa kita perlu menolong orang lain? Coba tuliskan alasanmu!

Jawaban:

Manusia perlu menolong orang lain karena manusia tidak bisa hidup sendirian, manusia membutuhkan manusia yang lainnya. Tolong menolong juga menumbuhkan kerukunan antara sesama manusia.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua dan siswa berdiskusi tentang contoh perbuatan terpuji. Diskusikan pula apakah menolong anggota keluarga, tetangga ataupun masyarakat yang lebih luas, telah dilakukan selama ini.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas III Tema 3 Benda di Sekitarku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 3 Benda di Sekitarku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.