Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 100 101 102 103 104 105, Subtema 3: Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat, Pembelajaran 4

by -
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 100 101 102 103 104 105, Subtema 3: Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat, Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 100 101 102 103 104 105, Subtema 3: Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat, Pembelajaran 4

SEMANGATNEWS.COM – Kunci Jawaban Kelas 5 SD/MI berikut merupakan pembahasan yang bisa adik-adik jadikan pedoman untuk materi pembelajaran 4 halaman 100 sampai 106.

Kunci jawaban ini merupakan pembahasan dari soal yang terdapat pada halaman 100, 101, 102, 103, 104, dan 105

Materi yang dibahas antara lain ‘mencermati informasi dari artikel’, ‘membuat gambar yang menceritakan beragam aktivitas’, ‘menyebutkan realitas Bhineka Tunggal Ika’, dan ‘mempraktikkan diskusi tentang pentingnya nilai kebersamaan’, ‘berdiskusi dalam kelompok’, ‘mengidentifikasikan pembangunan sosial budaya di Indonesia’, ‘membuat naskah iklan layanan masyarakat’, dan ‘merancang iklan elektronik dan mendemonstrasikannya’.

Materi tersebut terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Tema 3 Makanan Sehat. Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat.

Pembahasan ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Halaman 100 101 102 103 104 105

Bacalah percakapan Udin dan teman-temannya secara bergantian!

Udin: “Aku tidak menyangka ternyata teman-teman kita memiliki beraneka-ragam keterampilan yang luar biasa.”

Beni: “Hahaha, betul, Din. Ada yang menulis bahwa ia mahir bermain gitar, ada yang terampil bermain drum, ada pula yang merdu suaranya. Wah, mereka bisa membentuk sebuah band sekolah, Din!”

Lani: “Seru sekali, ya! Bayangkan kalau di dalam sebuah kelas, kita semua hanya terampil bermain drum, tapi tidak ada yang terampil bermain alat-alat musik lainnya, dan bahkan tidak ada yang pandai bernyanyi.”

Siti: “Itulah salah satu kekuatan keragaman yang kita miliki, ya, Lan. Bahwa dengan perbedaan yang ada, kita dapat saling mengisi dan melengkapi.

Begitu pula dengan para petani yang beranekaragam keahliannya. Ada yang memiliki sawah, kebun singkong, kebun jagung, dan lain-lain. Pada pembahasan sebelumnya, para petani yang memanfaatkan sistem irigasi ini bernaung dalam satu wadah organisasi agar mereka dapat saling membantu satu sama lain.

Apa ya jadinya jika tidak ada kerukunan antar para petani tersebut?
Jawaban:
Apabila tidak ada kerukunan di antara para petani, maka organisasi tidak akan dapat mencapai tujuan. Selain itu juga akan banyak pertengkaran yang terjadi akibat perbedaan pendapat.

Apakah perbedaan yang terdapat dalam masyarakat memberikan manfaat bagi kemajuan pembangunan masyarakat tersebut? Jelaskan!
Jawaban:
Perbedaan dapat membawa manfaat bagi masyarakat, masyarakat akan cepat berkembang karena adanya banyak ide. pendapat, dan solusi yang akan membuat masyarakat berkembang.

Berikut adalah artikel tentang sebuah organisasi budaya yang mewadahi bakat seni kaum remaja di masyarakat lingkungan sekitar.

Sanggar Tari, Wadah Para Penari Tradisional

Sanggar tari merupakan sebuah organisasi yang sengaja dibuat untuk mewadahi kreativitas seni warga masyarakat, khususnya dalam hal seni tari. Di sinilah tempat berkumpul mereka yang ingin mengenal lebih dekat tentang tarian tradisional khas daerah mereka. Sanggar tari juga tempat berkumpul para penari di daerah sekitar yang ingin memajukan dan melestarikan budaya daerah mereka.

Salah satu sanggar tari yang aktif dalam melestarikan tarian tradisional daerah mereka adalah Sanggar Tari Kambang Tigarun dari Kalimantan Selatan. Sanggar tari ini memiliki misi menumbuhkan dan memupuk cinta budaya nusantara khususnya daerah Kalimantan Selatan sehingga tetap lestari. Sanggar tari ini juga menciptakan berbagai kegiatan seni di lingkungan sendiri yang kelak dapat maju hingga ke jenjang internasional sehingga dapat mengharumkan nama bangsa.

Sanggar Tari Kambang Tigarun ini tidak membatasi anggotanya. Semua dapat menjadi anggota, baik itu mereka yang baru masuk ke dunia seni tari ataupun mereka yang memang sudah lama berkecimpung di dunia tari. Hal ini tetap mengacu pada tujuan didirikannya sanggar ini yakni mewadahi para muda-mudi Kalimantan Selatan untuk menyalurkan minat, bakat, dan kreativitas di bidang seni tari.

Sanggar tari merupakan contoh sebuah pembangunan sosial budaya. Berlandaskan pada keberagaman yang terdapat di dalam keanggotaan organisasi, sanggar tari ini pun menjalani kiprahnya sebagai sebuah wadah bagi para pemuda dan pemudi Kalimantan Selatan untuk secara positif mengembangkan bakat dan kemampuan diri.

Dalam sebuah sanggar seni, para anggota umumnya mengadakan latihan tari bersama, kemudian mempersiapkan diri untuk turut serta dalam lomba tari atau pementasan seni tari lainnya. Dalam kertas gambar A4, buatlah sebuah gambar yang menceritakan tentang beragam aktivitas yang berlangsung di dalam sanggar tari Kambang Tigarun di atas. Gunakanlah imajinasimu. Warnai dengan rapi.

• Siapa sajakah yang menjadi anggota di sanggar tari tersebut?
Jawaban:
Sanggar tari Kambang Tiga Arum berangotakan orang yang baru masuk dan orang yang sudah lama berkecimpung di dunia tari.

• Berasal dari manakah anggota sanggar tari di dalam gambar buatanmu?
Jawaban:
Para muda-mudi Kalimantan Selatan.

• Apakah mereka memiliki latar belakang sosial ekonomi yang sama atau berbeda? Jelaskan!
Jawaban:
Mereka memiliki latar belakang sosial ekonomi yang berbeda karena semua dapat menjadi anggota Sanggar Tari ini.

• Buatlah sebuah cerita singkat tentang keberagaman yang terdapat dalam sanggar tari Kambang Tigarun berdasarkan pada jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas.

Jawaban:

Cerita Singkat Keberagaman Di Sanggar Tari Kambang Tiga Arum

Sanggar Tari Kambang Tigarun Kalimantan Selatan adalah salah satu wadah atau tempat yang digunakan untuk menyalurkan minat, bakat, kemauan dan kebiasaan dalam menari baik itu tarian tradisional maupun modern.

Keberagaman di Sanggar Tari Kambang Tiga Arum terlihat dari anggotanya yang merupakan orang-orang yang baru mengenal dan yang sudah lama berkecimpung dalam dunia tari. Selain itu keberagaman juga dapat dilihat dari para penari yang ada dalam sanggar yang memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda-beda.

Tampaknya, keragaman sosial budaya menjadi modal pembangunan nasional. Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut?

Jawaban:

Pendapatku tentang pernyataan “Keragaman Sosial Budaya menjadi Modal Pembangunan Nasional” adalah sangat setuju karena dengan adanya keberagaman suku dan budaya, membuat kita belajar untuk saling menghargai dan bertoleransi dengan sesama. Toleransi akan menghindari terjadinya konflik atau perpecahan sehingga persatuan dan kesatuan akan tetap terjaga dan hal ini menjadi modal penting terkait pembangunan nasional.

Sanggar tari merupakan sebuah contoh swadaya masyarakat untuk pembangunan sosial budaya di daerah mereka.

• Sebutkan contoh-contoh keragaman sosial budaya yang dapat ditemukan di daerahmu. Jika itu berbentuk bahasa daerah, sebutkan nama dari bahasa daerah tersebut, dan seterusnya.

Jawaban:

Contoh Keberagaman Sosial Budaya:

1. Keragaman suku bangsa
Suku bangsa yang ada di Indonesia adalah Suku Jawa (Pulau Jawa), Batak dan Nias (Sumatera Utara), Minangkabau (Sumatara Barat), Sunda (Jabar), Betawi (DKI Jakarta), Suku Madura dan Tengger (Jatim), Dayak (Kalimantan), Sasak dan Sumbawa (NTB), Bugis dan Toraja (Sulsel), Sentani dan Asmat (Papua). Selain itu di Indonesia juga terdapat etnis Cina yang terbagi menjadi Cina Peranakan dan Cina Totok.

2. Keragaman bahasa
Contoh: bahasa Aceh (Aceh), Batak (Sumut), Minangkabau (Sumbar), Betawi (DKI Jakarta), Sunda (Banten dan Jabar), Jawa (Jateng, Jatim dan DIY).

3. Keragaman rumah adat
Contoh: Rumah adat Bolon (Sumut), Gadang (Sumbar), Joglo (Jawa), Lamin (Kaltim), Tongkonan (Sulsel dan Sulbar), dan Honai (Papua).

4. Keragaman pakaian tradisional
Contoh: Blangkon dan Baju Beskap (Jawa Tengah), Baju Surjan dan balngkon (Yogyakarta), baju teluk belangan dan daster (Riau), Ulos dan Sabe-sabe (Sumut).

5. Keragaman senjata tradisional
Contoh: Rencong (Aceh), Keris (Jawa), Mandau (Kalimantan), Badik (Betawi), Clurit (Madura) Badik (Sulsel), Jenawi (Riau) dan Trisula (Sumsel).

6. Keragaman makanan khas
Contoh: Gudeg (Yogyakarta), Rendang (Padang), Pempek (Palembang), Rujak Cingur (Surabaya), Ayam Betutu (Bali), Pepeda (Maluku dan Papua).

6. Keragaman upacara adat
Contoh: Upacara Kasodo(Tengger), Lompat batu (Nias), Grebeg Suro (Solo), Ngaben (Bali).

7. Keragaman kesenian tari
Bentuk-bentuk kesenian antara lain: Tarian Tradisional. Contoh tarian tradisional: Saudati dan Saman (Aceh), Serampang dua belas dan Tor-tor (Sumut), Piring dan Payung (Sumbar), Gending Sriwijaya (Sumsel), Topeng, Ondel-ondel dan Ronggeng (DKI Jakarta), Jaipon dan Merak (Jabar), Serimpi, Bambangan Cakil dan Gandrung (Jateng), Jaran Kepang, Jejer Remong, Ketek Ogleng (Jatim), Kecak dan Pendet (Bali) Alat Musik Tradisional, Contoh Tambo (Aceh), Anglung (Jabar), Gamelan (Jawa), Sasando (NTT dan NTB), Kolintang ( Sulut dan Gorontalo), Tifa (Papua), Babun (Kalsel).

8. Keragaman seni pertunjukan
Contoh: Ketoprak dan Wayang (Jateng), Ludrok (Jatim), Lenong (DKI Jakarta) dan Mamanda (Kalsel).

9. Keragaman lagu daerah
Contoh: Bungong Jeumpa (Aceh), Ayam den lapeh (Sumbar), Soleram (Riau), Injit-injit semut (Jambi), Jali-jali (DKI), Bubuy Bulan dan Dadali (Jabar), Gundul Pacul, Gambang Suling dan Lir-ilir (Jateng), Pitik Tukung (Yogyakarta), Karapan Sapid an Tanduk Majeng (Jatim), Desaku, Potong bebek, anak kambing saya (NTT), Indung-indung (Kaltim), Ampar-ampar pisang (Kalsel), O ina ni keke (Sulut), burung kaka tua (Maluku) dan Apuse (Papua).

10. Keragaman cerita rakyat
Contoh: Malinkundang (Minangkabau), Sangkuriang (Jabar), Kleting Kuning dan Keong Mas (Jateng).

11. Keragaman religi
Di Indonesia terdapat enam agama yang diakui oleh negera yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu. Setiap agama memiliki hari raya masing-masing seperti Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha (Islam), Natal (Kristen), Paskah (Katolik), Nyepi (Hindhu), Waisak (Budha) dan Copgome (Konghuchu). Setiap agama memiliki lembaga keagaaman sendiri yaitu MUI (Islam), PGI (Kristen), KWI (Katolik), PHDI (Hindu), Walubi (Budha) dan Matakin (Konghuchu).

2. Sebutkan manfaat keragaman sosial budaya bagi masyarakat, misalnya untuk menarik para wisatawan asing dan dalam negeri berkunjung dan lain-lain. Isilah dalam kolom berikut ini.

Jawaban:

Manfaat Keragaman Sosial Budaya
1. Menarik minat para wisatawan asing dan dalam negeri untuk berkunjung
2. Mempererat rasa persatuan dan kesatuan
3. Memperkaya budaya bangsa
4. Memperluas wawasan masyarakat tentang keanekaragaman sosial budaya
5. Meningkatkan ketertarikan wisatawan domestik dan mancanegara untuk mengunjungi Indonesia

Pada pertemuan sebelumnya, kelompokmu sudah mulai membuat rancangan iklan layanan masyarakat tentang pentingnya keragaman sebagai modal pembangunan bangsa. Buatlah naskah untuk iklan kelompokmu dengan menentukan judul iklan beserta tokoh-tokohnya. Durasi iklan adalah 2-4 menit. Pastikan menggunakan tokoh yang berasal dari keberagaman yang dapat kamu temui dari lingkungan sekitar. Gunakan kalimat berbahasa Indonesia yang baik dan santun.

Jawaban:

Iklan Layanan Masyarakat Keragaman sebagai Modal Pembangunan Bangsa

• Jumlah pemeran: Empat Orang
• Judul iklan: Keragaman sebagai Modal Pembangunan Bangsa
• Naskah iklan:

Adegan 1:
Empat orang siswa sedang berada di taman sekolah saat istirahat. Mereka sedang berbincang tentang kegiatan yang akan mereka rencanakan untuk mengisi kegiatan pentas seni di sekolahnya.

Siswa: “Apa rencana kalian untuk kegiatan pentas seni di sekolah Minggu depan?”

Siswa 2: “Kalau aku sih inginnya menampilkan tarian dari Jawa Tengah. Karena aku berasal dari Semarang.”

Siswa 3: “Yah… aku gimana dong, aku kan dari Bandung dan tidak bisa menari tari Jawa…”

Siswa 4: “Bagaimana dong jadinya. Sulit kayaknya menampilkan tarian dari Jawa nih…”

Siswa: “Jangan bingung, nanti aku yang akan mengajari kalian tarian dari Jawa. Bagaimana, setuju?”

Siswa 1: “Aku sih setuju sekali. Bagaimana kalau latihannya nanti jam empat sore?”

Siswa 2 dan 3: “Setuju ! (bersamaan)

Mereka berempat pun membubarkan diri dan masuk ke dalam kelas untuk mengikuti pelajaran seperti biasanya. Waktu berlalu dan sampai pada saat pulang sekolah. Mereka pulang ke rumah masing-masing.

Adegan 2:
Tampak Siswa 2 sedang duduk di teras rumahnya menunggu teman-teman yang akan berlatih menari. Beberapa saat kemudian 3 orang temanya pun datang.

Siswa 2: “Akhirnya datang juga. Ayoo langsung masuk ke dalam!? (mereka berempat masuk ke dalam rumah)

Siswa 1: “Wah sudah siap latihan nih, Ayoo dong ajarin saya tari Jawa !”

Siswa 2: “Tenang saja. Yuk kita mulai, kalian ikuti gerakanku dari belakang ya!”

Mereka pun asyik latihan tari bersama-sama dengan suasana riang dan gembira.

Adegan 3
Selesai latihan mereka berempat berbincang-bincang di teras rumah.

Siswa 3: “Ternyata mempelajari tari Jawa tidak sesulit yang aku bayangkan sebelumnya.”

Siswa 4: Iya… aku juga. Ternyata gerakannya mudah.”

Siswa 1: “Itulah keberagaman budaya bangsa kita. Berbeda itu indah dan berbeda itu biasa.”

Siswa 2: “Perbedaan asal suku yang ada diantara kita bukan penghalang untuk saling mengenal budaya masing-masing.”

Siswa 1,2,3, dan 4: (bersamaan sampil mengepalkan tangan) “Berbeda itu indah. Yesss !!!”

Mereka pun kembali ke rumah masing-masing dengan perasaan bangga dan gembira.

Kata kunci iklan:
• Pentas seni
• Tarian daerah
• Tari jawa
• Keberagaman budaya

Dalam pembuatan iklan di sebuah media elektronik, diperlukan alat bantu yang dinamakan storyboard. Storyboard berbentuk sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah.

Dengan bantuan storyboard, kita dapat menyampaikan ide cerita dengan mudah kepada orang lain. Hal ini sangat penting agar setiap pihak yang berperan dalam pembuatan iklan memiliki pengertian yang sama dengan apa yang kita hendaki.

Buatlah sebuah sketsa gambar berdasarkan naskah atau storyboard!

Jawaban:

Refleksi 1:

• Apakah aku sudah melakukan kerja sama yang baik dengan kelompokku?
Jawaban:
Saya sudah ikut bermusywarah/berdiskusi dan tidak memaksakan kehendak jika pendapat tidak disetujui oleh teman.

• Apakah yang harus aku lakukan agar kerja kelompok menjadi lebih baik?
Jawaban:
Agar kelompokku menjadi lebih baik maka diperlukan kerja sama yang solid.

Lani: “Menyatukan berbagai keahlian memang sangat menarik. Bayangkan bagaimana jika tidak ada keberagaman di dunia ini ya Siti?”

Siti: “Betul sekali Lani. Namun, menyatukan berbagai keahlian perlu konsentrasi yang tinggi loh. Misalnya, bermain dalam sebuah band, masing-masing anggota harus mampu berkonsentrasi agar menghasilkan nada yang harmonis.”

Lani: “Betul sekali kamu Siti. Manusia mampu berkonsentrasi apabila kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya cukup, bukan?”

Siti: “Ya, betul sekali. Sesibuk apapun kita, harus menyempatkan diri untuk makan dan minum yang cukup. Dan jangan lupa pula, istirahat yang cukup. Pembicaraan ini mengingatkan saya tentang fungsi sistem pencernaan kita ya Lani.”

Tubuh manusia memerlukan asupan air putih yang cukup. Kurangnya asupan air putih dapat berdampak bagi kesehatan tubuh, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Membuat sel-sel otak menjadi tidak aktif
2. Menurunkan konsentrasi
3. Menyebabkan halusinasi
4. Menyebabkan infeksi kandung kemih
5. Membuat kulit kusam
6. Mengganggu fungsi ginjal.

Bersama dengan teman sebangkumu buatlah sebuah ringkasan yang dilengkapi dengan gambar tentang dampak kurangnya asupan air putih bagi kesehatan tubuh. Bacakan dan jelaskan kesimpulanmu di depan kelas.

Jawaban:

Rangkuman dampak kurangnya asupan air putih bagi kesehatan tubuh. Dengan minum air putih yang cukup berarti telah menjaga jaringan dan organ tubuh agar senantiasa berfungsi secar optimal. Dengan minum air putih juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Ayo Renungkan

Kegiatan belajar manakah yang ingin sekali kamu ceritakan kepada orang tuamu hari ini? Mengapa kamu ingin sekali menceritakannya? Apakah karena ingin menyenangkan atau karena kamu mampu menyelesaikannya? Jelaskan tentang kegiatan itu!

Jawaban:

Saya ingin menderitakan tentang membuat naskah iklan layanan masyarakat. Saya ingin menceritakan kepada otang tua karena kegiatan ini sangat menarik. Pada kegiatan ini saya dan teman-teman bekerja dalam kelompok dan saling bekerja sama dengan baik.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Ceritakan satu hal yang paling kamu sukai dan kamu kerjakan di sekolah hari ini.

Jawaban:

Hari ini saya sangat senang melakukan kegiatan bekerja dalam kelompok untuk menyusun naskah iklan layanan masyarakat. Walau kami berbeda kemampuan, namun dapat bekerja sama dengan baik sehingga kerja kelompok berhasil sesuai dengan yang diinginkan.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 3 Makanan Sehat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 3 Makanan Sehat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.