Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 107 108 109 110, Subtema 3: Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat, Pembelajaran 5

by -
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 107 108 109 110, Subtema 3: Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat, Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 107 108 109 110, Subtema 3: Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat, Pembelajaran 5

SEMANGATNEWS.COM – Kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar, khususnya untuk adik-adik Kelas 5 SD/MI, dalam mempelajari pembelajaran 5 yang mulai dari halaman 107 sampai 111.

Kunci jawaban berikut berisi pembahasan soal pada halaman 107, 108, 109, dan 110. Tema yang dibahas yaitu Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Kunci jawaban juga menguraikan materi ‘melakukan survei’, ‘mengidentifikasikan berbagai macam penyakit yang memengaruhi organ pencernaan manusia’, ‘mempresentasikan hasil survei’, ‘menjelaskan berbagai penyakit yang memengaruhi organ pencernaan manusia’, ‘berlatih memeragakan iklan yang dibuat’, ‘menjelaskan isi iklan dan mendemonstrasikan iklan elektronik’, ‘berkreasi merancang motif batik’, dan ‘mengidentifikasi bahan dan alat dan membuat rancangan karya seni rupa’.

Nah, simaklah Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 berikut. Semoga kunci jawaban ini juga dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Halaman 107 108 109 110

Ayo Mengamati

Kerja sama anggota tubuh penting untuk mendukung fungsi organ tubuh itu sendiri. Kerja sama juga dapat kita temui saat kita bermain bersama atau saat bekerja kelompok.

Untuk tugas berikutnya, kamu diharapkan dapat bekerja sama dengan kelompokmu. Nantinya kamu bisa bekerja sama juga dengan kelompok lainnya di kelasmu.

Dalam tugas kelompok ini, kamu dan kelompokmu akan melakukan survei lapangan di sekitar sekolahmu. Perhatikan langkah-langkah berikut dengan saksama.

1. Bergabung kembalilah dengan kelompokmu dahulu pada saat kamu membuat poster sistem pencernaan beserta fungsinya.

2. Ketua kelompok diharapkan dapat mengatur cara kerja anggotanya dengan baik, pastikan semua mendapatkan porsi kerjanya masing-masing.

3. Satu kelompok harus dapat menyurvei 10 responden dengan ketentuan responden sebagai berikut:
• Apakah sebatas siswa-siswi dari sekolah?
• Apakah hanya menyurvei orang-orang dewasa di sekolah?
• Apakah juga melibatkan orang-orang dewasa di sekitar sekolah?
• Apakah melibatkan keluarga-keluarga yang tinggal di sekitar sekolah? Atau di sekitar tempat tinggal kamu?
• Apakah akan menyurvei aparat pemerintahan daerah setempat?
• Apakah akan menyurvei puskesmas terdekat?
Setelah menentukan responden, buatlah lembar kerja yang mencatat semua pertanyaan yang akan kamu tanyakan. Pastikan setiap anggota memiliki kertas kerja tersebut.

4. Setelah menentukan responden, buatlah lembar kerja yang mencatat semua pertanyaan yang akan kamu tanyakan. Pastikan setiap anggota memiliki kertas kerja tersebut.

5. Informasi yang perlu diperoleh dari survei sebagai berikut.
• Jenis gangguan sistem pencernaan yang pernah di alami responden.
• Tindakan yang diambil pada saat responden mengalami gangguan tersebut.
• Seberapa parahkah gangguan yang dialami responden?
• Apa penyebab gangguan sistem pencernaan yang dialami responden?
• Sedalam apakah tingkat kesadaran responden akan pentingnya menjaga kesehatan sistem pencernaannya?
• Seberapa sering responden mengalami gangguan tersebut?
• Tindakan apa yang diambil oleh responden agar tidak terserang gangguan tersebut kembali?
6. Sebelum kelompok kamu melakukan survei tersebut, sebaiknya kamu secara berkelompok:
• Mengulas kembali organ-organ dalam sistem pencernaan
• Fungsi dari tiap-tiap organ

Jawaban:

Fungsi Organ Pencernaan

Mulut
Fungsi utama mulut adalah menghancurkan makanan sehingga ukurannya menjadi kecil.

Kerongkongan
Fungsi utama kerongkongan adalah memindahkan makanan ke dalam lambung dengan gerakan peristaltik.

Lambung
Fungsi utama lambung adalah untuk memecah makanan dan mencampur dengan enzim dan asam

Usus Halus
Fungsi utama usus halus adalah menyerap sebagian besar nutrisi dalam makanan.

Usus Besar
Fungsi utama usus bsar adalah penyerapan air dan pembetukkan feses.

Anus
Fungsi utama anus adalah pengeluaran sisa–sisa makanan yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh melalui organ anus.

Gangguan Pencernaaan

Mag
Mag merupakan gangguan akibat peradangan pada lambung. Mag disebabkan oleh luka pada lambung yang tidak segera terobati dan berakibat infeksi bakteri Helicobacter pylori.
Gejalamag berupa nyeri perut bagian atas, mual, dan muntah.
Cara mengatasi penyakit mag adalah dengan antibiotik dan antasida.

Kolera
Kolera adalah penyakit diare akut, yang disebabkan oleh infeksi usus akibat terkena bakteria Vibrio Cholerae. Penyebab infeksi kolera adalah bakteri bernama Vibrio cholerae. Gejala penyakit kolera bisa muncul secara tiba-tiba, yaitu mual dan muntah, kram perut, dan dehidrasi.
Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan pemberian oralit, untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang. Untuk kasus yang parah dibutuhkan penggantian cairan intravena (infus).

Diare
Diare merupakan penyakit saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, parasit, maupun virus. Diare disebabkan oleh infeksi virus pada usus besar dan alergi makanan. Gejala diare meliputi perut kembung atau kram, tinja encer, rasa mulas, atau terkadang mual dan muntah. Cara mengatasi penyakit diare adalah dengan beristirahat yang cukup dan banyak minum supaya tidak mengalami dehidrasi. Biasanya, diare akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Konstipasi
Konstipasi atau “sembelit” adalah gejala fases mengeras sehingga susah dikeluarkan. Sembelit disebabkan oleh adanya penyerapan air pada sisa makanan yang berlebihan. Gejala yang dirasakan adalah harus mengejan saat buang air besar, proses buang air besar terasa tidak tuntas, tinja terlihat kering, keras, atau bergumpal. Organ yang diserang yaitu usus besar. Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan banyak memakan buah-buahan dan sayur-sayuran berserat serta banyak minum air putih.

Gastritis
Gastritis merupakan penyakit atau gangguan dimana dinding lambung mengalami peradangan. Gangguan ini disebabkan karena kadar asam klorida atau Hcl terlalu tinggi. Selain itu, gastritis juga dapat disebabkan karena penderita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kuman penyebab penyakit. Gejala yang dirasakan berupa nyeri yang menggerogoti dan panas di dalam lambung, hilang nafsu makan, cepat merasa kenyang saat makan, perut kembung, cegukan, mual, muntah, dan sakit perut. Organ yang terserang adalah lambung. Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan membagi porsi makan Anda ke jadwal makan baru dan hindari makanan berminyak, asam, atau pedas.

Apendistis
Apendisitis merupakan gangguan sistem pencernaan yang mana umbai cacing atau usus buntu mengalami peradangan. Apendisitis ini biasanya terjadi ketika ada sisa-sisa makanan yang terjebak serta tidak bisa keluar di umbai cacing.
Gejala yang dirasakan berupa nyeri perut di sekitar pusar, nyeri di sisi kanan bawah, demam, gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, mual, dan muntah, nafsu makan berkurang, dan perut kembung. Organ yang terserang adalah usus besar. Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan dengan operasi pengangkatan usus buntu yang disebut apendektomi, makan makanan berserat, mengonsumsi makanan probiotik, serta mencukupi asupan air putih dalam tubuh

Contoh Hasil Survei

Nama Responden: Bianca
Hasil Survei:

• Jenis gangguan sistem pencernaan yang pernah di alami responden
Jawaban:
Mag

• Tindakan yang diambil pada saat responden mengalami gangguan tersebut.
Jawaban:
Meminum obat mag

• Seberapa parahkah gangguan yang dialami responden?
Jawaban:
Sampai mengalami muntah-muntah

• Apa penyebab gangguan sistem pencernaan yang dialami responden?
Jawaban:
Makan makanan pedas

• Sedalam apakah tingkat kesadaran responden akan pentingnya menjaga kesehatan sistem pencernaannya
Jawaban:
Kesadaran masih rendah karena masih suka makan makanan pedas.

• Seberapa sering responden mengalami gangguan tersebut?
Jawaban:
Dua kali dalam sebulan

• Tindakan apa yang diambil oleh responden agar tidak terserang gangguan tersebut kembali?
Jawaban:
Mengurangi memakan makanan yang menyebabkan mag.

Setelah selesai mewawancarai para responden, kembalilah ke kelas dan lakukan diskusi kelompok.

Buatlah rangkuman dan kesimpulan dari hasil survei dalam bentuk poster.

Dengan supervisi guru, lakukanlah diskusi kelas. Presentasikan kesimpulan hasil survei kelompokmu dan mintalah pendapat dari kelompok lain.

Jawaban:

Kesimpulan hasil survei
– Sistem pencernaan manusia berfungsi sebagai pencerna makanan yang kita konsumsi sehari-hari dan menyerap nutrisi yang kemudian di distribusikan ke seluruh tubuh kita. Jika kesehatan pencernaan kita terganggu, maka akan muncul berbagai gangguan kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, kesehatan pada saluran pencernaan sangatlah penting, sehingga perlu kita jaga agar sistem pencernaan kita selalu sehat.

Ayo Menulis

Jawaban:

Kerja sama yang baik menghasilkan hasil yang maksimal. Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membuat naskah tentang keberagaman sebagai modal pembangunan bangsa. Pada pertemuan kali ini kita akan menentukan perlengkapan pendukung iklan yang akan kita buat untuk mendukung iklan kita. Perlengkapan pendukung bisa bermacam-macam tergantung pada iklan yang akan kita buat.

Jawaban:

Perlengkapan pendukung iklan:
– Tape recorder/Vcd Payer
– Properti tari (sampur)

Berlatihlah menggunakan naskah dan sesuaikan akting kita dengan sketsa gambar berdasarkan naskah atau storyboard. Gunakan perlengkapan pendukung untuk menunjang penampilanmu. Bersiaplah untuk penampilan di hari berikutnya. Pastikan bahwa saat tampil, dirimu:
• Melakukan kontak mata dengan penonton
• Tidak menutupi pandangan mata penonton
• Menggunakan suara yang lantang, intonasi yang jelas, serta ekspresi yang tepat dan sesuai
• Menggunakan bahasa tubuh yang baik dan penuh percaya diri

Keragaman tidak menghalangi sebuah bentuk kerja sama. Malah sebaliknya. Keragaman justru semakin memperkuat kerja sama. Indonesia sangat kaya akan keragaman budaya, antara lain terlihat pada keragaman seni rupa daerahnya. Karya seni rupa daerah yang terdapat di Indonesia antara lain seni batik, ukiran, dan anyaman. Karya seni rupa di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing yang dipengaruhi oleh kreativitas seniman yang membuatnya, budaya daerah setempat, ketersediaan alat dan bahan baku, teknik yang dipakai, fungsi benda yang dibuat, serta unsur keindahan.

Karya seni rupa yang disebutkan di atas merupakan contoh karya seni kriya yang pengerjaannya ditekankan pada keterampilan tangan. Seni kriya batik telah lama dikenal di Nusantara. Cara dan teknik pembuatan batik ternyata memiliki kesamaan di hampir semua wilayah di Indonesia. Yang membedakan adalah pada penggunaan warna serta motif batik tersebut.

Cari tahu alat serta bahan yang dipergunakan untuk membuat batik!

Jawaban:

Alat serta bahan yang dipergunakan untuk membuat batik
• Malam (lilin atau parafin)
• Kain
• Canting
• Kuas
• Kompor Minyak Tanah
• Wajan
• Gawangan
• Nampan
• Panci
• Sarung Tangan
• Sendok dan Mangkuk

Berikut adalah beberapa contoh motif batik di nusantara

Teknik pembuatan batik terbagi atas tiga, yakni:
• Teknik tulis menggunakan canting sebagai alat pembuat motif.
• Teknik cap menggunakan stempel yang di atasnya sudah berbentuk ragam hias batik
• Teknik cetak atau sablon

Selain memiliki teknik pembuatan batik, motif batik juga menyimpan makna tersendiri. Misalnya motif batik parang rusak yang memiliki makna pertarungan antara manusia melawan kejahatan dengan cara pengendalian diri yang dapat membentuk manusia menjadi mulia dan bijaksana.

Ayo Berkreasi

Dalam selembar kertas gambar A4, buatlah sebuah rancangan motif batik. Selain contoh-contoh motif Nusantara di depan, kamu pun dapat menggunakan contoh-contoh motif di bawah ini sebagai sumber inspirasimu. Kamu juga bebas membuat kreasi motif batikmu sendiri. Pastikan satu lembar kertas gambar tersebut dipenuhi oleh motif batik. Warnailah dengan rapi.

Ayo Renungkan

Apa kesulitan yang kamu hadapi hari ini?
Jawaban:
Kesulitan saya pada hari ini adalah memperagakan iklan layanan masyarakat.

Apakah kesulitan itu membuatmu tidak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan gurumu?
Jawaban:
Meskipun sulit tugas dapat terselesaikan dengan baik berkat kerja sama dengan teman-teman.

Apa yang kamu lakukan untuk mengatasi kesulitan itu?
Jawaban:
Untuk kedepannya saya akan belajar lebih giat agar dapat menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh guru.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bacalah laporan hasil survai gangguan sistem pencernaan yang kamu buat di sekolah. Mintalah orang tuamu untuk memberikan pendapat dan komentar tentang laporan tersebut.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 3 Makanan Sehat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 3 Makanan Sehat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.