Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 117 dan 118, Subtema 4: Karyaku Prestasiku, Proyek 1 Travel Agent

by -
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 117 dan 118, Subtema 4: Karyaku Prestasiku, Proyek 1 Travel Agent
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 117 dan 118, Subtema 4: Karyaku Prestasiku, Proyek 1 Travel Agent

SEMANGATNEWS.COM – Adik-adik, berikut dijabarkan materi berserta kunci jawaban untuk Kelas 5 SD/MI, proyek 1 yang mulai dari halaman 117 dan 118.

Materi yang diuraikan berasal dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Adapun pembahasannya meliputi ‘Travel Agent’.

Kunci jawaban ini dapat adik-adik jadikan sebagai pedoman dalam mempelajari Tema 3 yang berjudul Makanan Sehat, Subtema 4 Karyaku Prestasiku

Proyek 1

Travel Agent

Bekerjalah dalam kelompok yang beranggotakan 5 sampai 6 orang. Kamu akan berperan sebagai travel agent yang akan menjelaskan perjalanan yang ditempuh makanan dari mulut sampai saluran pembuangan.

Ikuti petunjuk kerja dibawah ini !

1. Bagilah tugas antara anggota kelompok
Siswa 1 : Organ mulut
Siswa 2 : Organ kerongkongan
Siswa 3 : Lambung
Siswa 4 : Usus besar
Siswa 5 : Usus halus
Siswa 6 : Narator

2. Setiap orang berkewajiban untuk membuat informasi tentang organ pencernaan dan fungsinya sesuai dengan bagiannya masing-masing. Informasi tersebut disajikan dalam bentuk iklan media cetak.Pastikan bahwa iklan tentang fungsi organ pencernaan tersebut menarik, mudah dipahami dan memberikan informasi yang lengkap.

3. Narator bertugas untuk menceritakan perjalanan makanan dari mulut sampai ke saluran pembuangan. Tiap kali narator berpindah pada organ berikutnya, siswa yang bertugas di organ tersebut menunjukkan dan membacakan iklan yang dibuatnya.

4. Amati penampilan kelompok lain dan berikan komentar yang positif dan saran kepada kelompok lain apabila diperlukan.

5. Pada akhir kegiatan, buatlah refleksi diri tentang sikap kerja samamu bersama dengan kelompokmu. Apakah kamu menemukan kesulitan dalam bekerja sama dengan temanmu? Apakah kamu menemukan perbedaan ide/gagasan dan pendapat ketika mengerjakan tugas?

Bagaimana kamu mengatasi perbedaan tersebut? Apakah perbedaan yang kamu miliki dalam kelompok memberikan manfaat bagi keberhasilan penyelesaian tugasmu?

Jawaban:

Proses terjadinya pencernaan makanan dalam sistem alat pencernaan manusia:

1. Mulut
Proses pencernaan pada manusia dimulai dari mulut. Ketika membuka mulut untuk memasukkan makanan, dari sinilah perjalanan panjang makanan dimulai. Makanan masuk melalui mulut. Organ yang ada di dalam rongga mulut seperti gigi, lidah, dan kelenjar mulut ikut ambil bagian dalam proses ini. Di dalam mulut, makanan dikunyah secara mekanik dan kimiawi. Makanan dikunyah menjadi bagian-bagian kecil, yang membuatnya mudah dicerna. Sementara itu, air liur yang bercampur dengan makanan-makanan tersebut, akan mengubahnya menjadi bentuk yang bisa diserap oleh tubuh.

2. Kerongkongan
Makanan yang sudah dikunyah akan melewati faring atau persimpangan saluran dari rongga mulut ke kerongkongan. Setelah melewati faring, makanan kemudian masuk ke kerongkongan. Di dalam kerongkongan, makanan akan didorong menuju lambung. Gerakan ini disebut gerakan peristaltik.

3. Lambung
Dari kerongkongan, makanan akan mampir ke lambung. Setelah sampai ke lambung, makanan akan diolah secara kimiawi dan mekanik. Secara kimiawi, makanan dicerna oleh asam lambung, enzim pepsin, dan renin. Secara mekanik, makanan akan diremas-remas di dalam lambung. Ketika meninggalkan lambung, makanan yang semula berbentuk dan mungkin bertekstur keras, akan berubah menjadi cairan atau bentuk lebih halus.

4. Usus Halus
Dari lambung, makanan akan didorong ke usus halus. Makanan yang dikonsumsi menyimpan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh sel-sel tubuh. Di dalam usus halus, sari-sari makanan diserap. Di sinilah tubuh akan menyerap nutrisi makanan ke aliran darah.

5. Usus Besar
Dari usus halus, makanan akan didorong ke dalam usus besar. Fungsi usus besar adalah tempat untuk menyerap air dan mineral dari sisa-sisa makanan. Saat usus besar sudah penuh dengan sisa-sisa makanan ini, maka proses menuju ke anus akan dimulai.

6. Anus
Makanan yang sudah dicerna akan dikeluarkan melalui anus. Anus adalah pemberhentian terakhir dari proses pencernaan, sebelum akhirnya makanan yang sudah berubah menjadi kotoran atau feses, keluar dari tubuh.

Refleksi:
Selama kegiatan berlangsung saya tidak mengalami kesulitan dalam bekerja sama. Hanya saja pada saat akan menentukan cara kerja sistem pencernaan manusia ada beberapa perbedaan pendapat. Namun perbedaan pendapat tersebut dapat diatasi dengan baik. Perbedaan pendapat yang ada membuat pkerjaan yang kami lakukan menjadi lebih baik karena saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 3 Makanan Sehat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 3 Makanan Sehat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.