Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 35 36 37 38, Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan: Pembelajaran 5

by -
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 35 36 37 38, Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan: Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 35 36 37 38, Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan: Pembelajaran 5

SEMANGATNEWS.COM – Perhatikanlah pembahasan kunci jawaban Tema 3, Subtema 1, pembelajaran 5 untuk Kelas 5 SD/MI berikut.

Tema 3 yaitu Makanan Sehat, Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan. Pembelajaran 5 dimulai dari halaman 34 sampai 39. Pembahasan kunci jawaban terdapat pada halaman 35, 36, 37, dan 38.

Buku guru dan siswa yang digunakan adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Materi yang dibahas yaitu ‘melengkapi bagan dan mendefinisikan organ pencernaan manusia dan fungsinya’, ‘mengamati gambar iklan media cetak dan menjelaskan kesimpulan isi iklan media cetak’, ‘berlatih dalam kelompok bernyanyi dan memainkan alat musik sederhana untuk mengiringi lagu bertangga nada mayor dan minor’.

Nah, supaya dapat memahami materi dengan baik, adik-adik dapat menjadikan pembahasan kunci jawaban ini sebagai pedoman pembelajaran. Begitupun untuk orang tua siswa dan guru. Kunci jawaban ini dapat berguna bagi orang tua dan guru untuk mengoreksi jawaban siswa.

Suatu pagi, Dayu mengeluh sakit perut saat ia sedang berbaris dan bersiap masuk ke kelas. Setelah dicari tahu, ternyata Dayu tidak sarapan. Malam sebelumnya, ia juga terlambat makan malam. Akhirnya, sakit magnya pun kambuh.

Kunci Jawaban Halaman 35

Ayo Berlatih

Masih ingatkah kamu tentang pelajaran sistem pencernaan pada manusia? Sistem pencernaan kita terdiri atas berbagai organ yang membantu dalam pencernaan makanan dan asimilasi nutrisi. Jadi, apa itu pencernaan?

Jawaban:

Proses pencernaan makanan adalah serangkaian kerja tubuh untuk mengubah makanan yang dimakan menjadi bentuk yang lebih sederhana sehingga dapat diserap di usus halus.

Untuk mengenal lebih baik lagi sistem pencernaan, coba kamu lengkapi diagram berikut ini.

Jawaban:

Kunci Jawaban Halaman 36 dan 37

Ayo Mencoba

Alat-alat pencernaan kita terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Bersama dengan kelompokmu, lengkapilah informasi tentang organ-organ pencernaan di bawah ini!

Jawaban:

Fungsi Mulut
Fungsi utama mulut adalah untuk menghancurkan makanan sehingga ukurannya cukup lebih kecil untuk dapat ditelan ke dalam perut.

Di dalam mulut terdapat alat-alat yang membantu dalam proses pencernaan yaitu gigi, lidah, dan kelenjar ludah (air liur). Di dalam rongga mulut terjadi proses pencernaan makanan secara mekanik dan kimiawi.

Fungsi Kerongkongan
Fungsi kerongkongan adalah sebagai saluran untuk memindahkan makanan dari mulut ke lambung. Kerongkongan dapat melakukan peristaltik, yaitu gerakan meremas-meremas untuk mendorong makanan sedikit demi sedikit ke dalam lambung

 

Fungsi Lambung
Fungsi lambung adalah sebagai penghasil pepsinogen. Pepsinogen adalah bentuk yang belum aktif dari pepsin. Enzim pepsin ini berfungsi dalam mengubah molekul protein menjadi potongan-potongan protein (pepton).

 

Fungsi Usus Halus
Usus halus ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu duodenum (usus duabelas jari), jejunum (usus kosong), dan ileum (usus penyerapan). Sebagian besar, proses pencernaan dan penyerapan nutrisi makanan terjadi di dalam usus halus.

Pencernaan makanan terjadi duodenum dan jejunum, sedangkan ileum menjadi tempat penyerapan nutrisi makanan. Namun pada usus halus hanya terjadi pencernaan kimiawi saja.

 

Fungsi Usus Besar
Fungsi usus besar adalah untuk mengabsorpsi air dan mineral, tempat pembentukan vitamin K (dengan batuan bakteri Escherichia coli), serta melakukan gerak peristaltik untuk mendorong tinja menuju anus. nya akan dikeluarkan dalam bentuk feses atau tinja

Amatilah iklan berikut

Iklan di atas menjelaskan tentang gaya hidup sehat. Organ pencernaan yang sehat juga didukung oleh gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat membuat kita menyadari pentingnya kesehatan dan menghindarkan kita dari kebiasaan buruk yang dapat menganggu kesehatan.

Kunci Jawaban Halaman 38

Ayo Mengamati

Simpulkan isi yang tertera di dalam iklan tersebut berdasarkan:

• Kata kunci: Perilaku hidup bersih dan sehat
• Gambar iklan: Gambar menjelaskan pesan yang disampaikan oleh iklan
• Target iklan: Iklan ditujukan bagi warga masyarakat

Jawaban:

Menurutku, iklan tersebut di atas cukup mudah dipahami.

Iklan ini menurutku efektif karena mudah dipahami.

Untuk membuat iklan yang lebih baik aku akan menggunakan kata-kata yang menarik dan mudah dipahami seperti pada iklan di atas.

Apakah fungsi dari iklan tersebut di atas?
Iklan di atas berfungsi sebagai himbauan agar menjadikan pola hidup sehat sebagai gaya hidup

Ayo Berkreasi

Masih ingatkah kamu tentang Mars Hidup Sehat dalam pertemuan sebelumnya? Nyanyikanlah lagu tersebut secara berkelompok. Bagilah kelompokmu menjadi dua kelompok kecil. Kelompok pertama menyanyikan lagu Mars Hidup Sehat, sedangkan kelompok yang lainnya menjadi pengiring lagu. Apa sajakah yang dapat kita pergunakan sebagai alat pengiring musik sederhana.

Amatilah sekelilingmu. Carilah tempat pensil, pensil, batu kerikil, dan botol plastik. Kreasikanlah alat musik ritmis sederhana dari benda-benda yang ada di sekelilingmu sebagai pengiring lagu Mars Hidup Sehat. Pastikan lagu dibawakan dengan ketukan atau ritme yang baik dan konstan. Perhatikan keharmonisasian antara lagu yang dibawakan dengan alat musik ritmis sederhana tersebut. Selamat berlatih!

Ayo Renungkan

Menurutmu apakah organ-organ pencernaan manusia bisa bekerja sendiri? Apakah organ yang satu membutuhkan organ yang lainnya? Apa hubungan organ pencernaan dengan sistem pencernaan?
Jawaban:
Organ manusia tidak bisa bekerja sendiri, organ pencernaan sangat membutuhkan organ pencernaan yang lain. Jika tidak ada organ pencernaan maka tidak akan terjadi sistem penernaan karena sistem pencernaan membutuhkan proses yang dilakukan oleh organ pencernaan.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, buatlah kartu informasi. Gambarlah organ pencernaan pada sisi depan kartu dan tulislah informasi yang kamu ketahui tentang organ tersebut pada sisi belakangnya.
Buatlah kartu untuk:
• Mulut
• Kerongkongan
• Lambung
• Usus halus
• Usus besar
Gunakan kartu informasi tersebut untuk mengingat kembali apa yang sudah kamu pelajari sebelumnya.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 3 Makanan Sehat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 3 Makanan Sehat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.