Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 52 53 54 55 56, Subtema 2: Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh, Pembelajaran 2

by -
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 52 53 54 55 56, Subtema 2: Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh, Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 52 53 54 55 56, Subtema 2: Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh, Pembelajaran 2

SEMANGATNEWS.COM – Berikut ini disajikan kunci jawaban untuk Kelas 5 SD/MI. Adik-adik dapat menggunakannya sebagai pedoman untuk belajar.

Kunci jawaban membahas tentang pembelajaran 2 yang dimulai dari halaman 52 sampai 57. Kunci jawaban membahas soal yang terdapat pada halaman 52, 53, 54, 55, dan 56, pembelajaran 2, Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh, Tema 3 Makanan Sehat.

Kunci jawaban ini juga disertai materi yang sesuai dengan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Materi tersebut meliputi ‘membaca teks bacaan’, ‘mencari informasi tentang penyebab gangguan pada organ pencernaan’, ‘berdiskusi bersama kelompok’, ‘mengidentifikasi ciri-ciri bahasa iklan’, dan’mencermati teks bacaan, siswa mencari informasi tentang properti tari’.

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Halaman 52

Udin, Siti, dan Lani sedang berbincang-bincang di depan kelas. Mereka baru saja selesai beraktivitas di luar kelas. Sinar matahari pada siang itu sangat terik dan menyengat. Mereka terlihat lelah dan kehausan. Simaklah percakapan Udin, Siti, dan Lani!

Lani: “Wah, aku sangat lelah. Udara pagi ini juga sangat panas. Aku haus sekali.”

Udin: “Benar sekali, Lani. Bagaimana jika kita beli minum limun dingin yang dijual di depan sekolah kita? Aku baru lihat bapak-bapak yang menjual limun tadi.”

Siti: “Hati-hati Udin, jangan jajan sembarangan. Dengan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, makanan mudah sekali tercemar dengan bakteri-bakteri jahat”

Udin: “Benar juga kamu Siti. Kemarin tetanggaku dirawat di rumah sakit karena terserang diare berat. Ia bilang, perutnya melilit tidak lama setelah ia memakan jajanan di pinggir jalan.”

Lani: “Kenapa hal tersebut bisa terjadi ya?

Diskusikan dengan teman sebangkumu, bagaimana diare bisa terjadi dan apa yang menyebabkan diare?

Jawaban:

Diare terjadi ketika makanan dan cairan yang dimakan berlalu terlalu cepat dan/atau terlalu besar jumlahnya pada saluran pencernaan (usus). Ketika cairan dari makanan yang kamu makan tidak diserap, maka hasilnya adalah kotoran (feses) yang cair atau encer.

Penyebab diare: Infeksi Virus, Infeksi Bakteri, Intoleransi makanan, Alergi makanan, dan Penyakit usus

Kunci Jawaban Halaman 53 dan 54

Ayo Membaca

Diare ditandai dengan encernya tinja (feses) yang dikeluarkan atau buang air besar dengan frekuensi lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Pada umumnya, diare terjadi akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Faktor Penyebab Diare secara Umum

Diare terjadi ketika makanan dan cairan yang dimakan berlalu terlalu cepat dan/atau terlalu besar jumlahnya pada saluran pencernaan (usus). Secara normal, usus besar akan menyerap cairan dari makanan yang kamu makan, dan meninggalkan kotoran (tinja) yang setengah padat. Akan tetapi, ketika cairan dari makanan yang kamu makan tidak diserap, maka hasilnya adalah kotoran (feses) yang cair atau encer.

Penyakit diare mungkin berhubungan dengan infeksi virus atau bakteri. Penyakit tersebut juga dapat terjadi akibat keracunan makanan.

Secara umum penyebab diare antara lain:
• Infeksi virus : rotavirus adalah penyebab diare pada anak (akut) yang paling sering.
• Infeksi bakteri dan parasit: masuk melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.
• Intoleransi makanan : terjadi pada sebagian orang yang intoleransi terhadap gula pada susu sehingga diare terjadi setelah makan/minum produk susu
• Alergi makanan : biasanya reaksi negatif terhadap obat-obatan. Banyak obat yang dapat menyebabkan diare. Biasanya alergi terhadap antibiotik, sementara antibiotik sebenarnya membantu membunuh bakteri baik dan jahat yang dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik dalam usus.
• Penyakit usus : biasanya menimbulkan diare kronis dengan banyak penyebab.
• Gangguan usus fungsional (stres)

Di antara teman-temanmu di kelas, pasti ada yang sudah pernah sakit diare.Cobalah bertanya kepada teman-temanmu, gejala apa saja yang ditimbulkan oleh gangguan diare?

Jawaban:

Gejala Diare
Secara lebih lengkap, tanda dan gejala yang biasanya menyertai penyakit diare antara lain:

• Buang air besar encer dan sering
• Kram perut
• Nyeri perut
• Demam
• Darah dalam tinja
• Kembung

Jadi, mengapa diare dapat sangat berbahaya?
Diare sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penderita kekurangan cairan. Diare merupakan iritasi pada saluran usus besar yang disebabkan bakteri. Penanganan pertama yaitu pemberian oralit untuk mencegak dehidrasi.

Buatlah buku kecil yang berisi tentang penjelasan mengenai diare. Kumpulkan informasi untuk melengkapi buku kecilmu. Gunakan buku kecilmu sebagai panduan apabila kamu mendapat tugas untuk menjelaskan tentang gangguan pada organ pencernaan manusia.

Jawaban:

Buku Kecil Tentang Diare

Dayu, Lani, dan teman-temannya sedang berbincang-bincang mengenai gangguan organ pencernaan dan iklan produk yang berkaitan dengan gangguan tersebut.

Simak percakapan mereka!

Dayu: “Semalam aku melihat iklan obat sakit mag yang baru di televisi, Lan. Sama persis dengan obat mag yang pernah kamu bawa saat kamu sedang sakit mag.”

Lani: “Iya, aku juga sering melihat iklan itu. Iklan itu terlihat menarik karena ia menggunakan seorang penyanyi yang terkenal di televisi saat ini. Itu juga yang membuatku tertarik untuk membelinya, Dayu.”

Beni: “Ternyata banyak cara ya, yang dipakai oleh sebuah perusahaan untuk mempromosikan produknya. Aku pernah melihat sebuah iklan obat demam anak-anak yang menggunakan badut. Ada pula iklan obat sakit kepala yang menggunakan tarian dari berbagai daerah. Ada tarian tradisional dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatra.”

Lani: “Ya, kamu betul, Ben. Kreativitas yang tinggi memang sangat dibutuhkan saat sebuah perusahaan ingin memasarkan produk dengan menggunakan media elektronik. Hal ini agar para penontonnya tertarik dan mau mencoba produk tersebut.”

Kunci Jawaban Halaman 54 dan 55

Ayo Berdiskusi

Sekalipun iklan yang umumnya terdapat di media elektronik berbeda-beda, ada satu persamaan dalam bahasa iklan yang digunakan. Setiap bahasa iklan tersebut ternyata memiliki ciri-ciri yang sama. Apakah ciri-ciri yang dimiliki oleh bahasa iklan?
• Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri atas empat siswa.
• Tuliskan dalam kolom berikut ini kalimat-kalimat iklan yang biasa kamu ingat dan kamu ketahui di media elektronik (televisi, radio, atau internet).
• Diskusikan ciri-ciri bahasa iklan elektronik yang terdapat dalam kalimat tersebut.
• Presentasikan di depan kelas hasil diskusi kelompokmu

Jawaban:

Kalimat Iklan

1. Manisnya kopi goodday bikin hari—harimu makin berwarna selalu ada kejutan di tiap cangir kopi goodday. Karena hidup perlu banyak rasa!!!

2. Dapatkan discount akhir tahun dengan membeli 2 pasang sepatu dan dapatkan gratis 1 pasang sepatu.

3. Catering Bantul siap melayani pesanan antar gedung perkantoran, perumahan dan pabrik di Bantul. Melayani catering prasmanan, serta menu pondokan untuk pernikahan.

4. Dancow bantu optimalkan proses belajar si buah hati

5. Selamatkan anak—anak dari bahaya penyalahgunaan Narkoba.

Berdasarkan hasil diskusi dengan kelompokmu, buatlah kesimpulan tentang ciri-ciri bahasa iklan pada kolom berikut ini!

Jawaban:

– Ciri-ciri bahasa iklan adalah kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, dan jelas
– Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
– Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
– Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.
– Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran.

Untuk memberi daya tarik pada iklan media elektronik, banyak sekali kreativitas yang digunakan. Salah satunya adalah dengan menampilkan tari-tarian, termasuk tarian daerah.

Tahukan kamu apa yang menarik dari tarian daerah? Ada banyak tarian daerah di Indonesia.

Ayo Membaca

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang tinggi dan ini tercermin dari tarian daerah yang dimilikinya. Gerakan-gerakan setiap tarian daerah bisa jadi sama, tetapi ada pula yang berbeda. Makna yang terkandung berbeda-beda pula. Ada tari Gantar dari Kalimantan yang menggambarkan gerakan orang yang tengah menanam padi. Mereka menggunakan properti tongkat yang menggambarkan kayu penumbuk, sedangkan bambu dan biji-bijian di dalam wadah penumbuk menggambarkan benih padi dan wadahnya. Di Kalimantan juga terdapat tarian perang atau yang dikenal dengan Tari Kancet Papatai yang menggunakan properti berupa mandau, perisai, dan baju perang.

Properti dalam sebuah tarian daerah memegang peranan yang amat penting. Properti tari merupakan bagian dari perlengkapan tari yang dipergunakan untuk meningkatkan estetika atau keindahan sebuah tarian dan untuk memperdalam makna yang terkandung dalam sebuah tarian.

Kunci Jawaban Halaman 56

Ayo Berlatih

Dalam kelompok yang terdiri atas empat orang siswa, cari tahu tentang properti tari yang terdapat dalam tarian-tarian yang terdapat dalam kolom di bawah ini. Kamu dapat mencari informasi terkait dengan properti tersebut di internet, buku-buku, majalah, atau dengan bertanya pada guru sebagai salah satu sumber informasi.

Buatlah dalam selembar kertas A4 dan dekorasi dengan rapi. Kamu dapat juga mencari gambar tari yang sesuai untuk memperlihatkan keanekaragaman properti tari yang dimiliki oleh tarian daerah tersebut.

Jawaban:

Nama Tarian | Asal Daerah |Properti Tari

Tari Reog | Ponorogo, Jawa Timur | Topeng reog
Tari Kuda Lumping | Jawa Tengah | Kuda lumping
Tari Jaipong | Jawa Barat | Selendang
Tari Baksa Kembang | Kalimantan Selatan | Rangkaian Bunga
Tari Serampang Duabelas | Riau | Saputangan
Tari Merak | Bali | Bokor
Tari Topeng Cirebon | Jawa Barat | Topeng

Ayo Renungkan

Tuliskan tiga hal penting yang kamu dapatkan dari pelajaran hari ini.
Jawaban:
Tiga hal penting yang saya pelajari hari ini adalah mencari informasi tentang penyebab gangguan pada organ pencernaan, ciri-ciri bahasa iklan, dan informasi tentang properti tari.

Dari ketiga hal tersebut mana yang paling menarik? Mengapa hal tersebut sangat menarik bagimu?
Jawaban:
Dari ketiga hal tersebut ciri-ciri bahasa iklan. Karena dengan mengetahui ciri-ciri bahasa iklan akan memudahkan memahami sebuah iklan.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, bacalah kembali penjelasan tentang gangguan diare. Buatlah kartu informasi yang berisi penjelasan tentang penyebab diare.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 3 Makanan Sehat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 3 Makanan Sehat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.