Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 73 74 75 76, Subtema 2: Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh, Pembelajaran 5

by -
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 73 74 75 76, Subtema 2: Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh, Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 73 74 75 76, Subtema 2: Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh, Pembelajaran 5

SEMANGATNEWS.COM – Adik-adik, mari simak kunci jawaban pembelajaran 5, Subtema 2, Tema 3, untuk Kelas 5 SD/MI berikut.

Kunci jawaban ini khusus untuk Kelas 5 SD/MI, dengan materi yang merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Kunci jawaban di bawah ini membahas tentang pembelajaran 5 yang terdapat pada halaman 73 sampai 78, Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh, Tema 3 Makanan Sehat.

Soal yang dibahas terdapat pada halaman 73, 74, 75, dan 76. Adapun pembahasan materi meliputi ‘mengamati iklan elektronik’, ‘mengidentifikasi dan menyajikan kata kunci pada iklan masyarakat’, ‘melengkapi peta pikiran’, ‘mengidentifikasi penyebab gangguan pada organ pencernaan’, ‘membuat poster’, ‘mengulas kembali tentang penyebab gangguan pada organ pencernaan manusia’, ‘mempraktikkan tari Papatai’, dan ‘memeragakan gerak tari daerah menggunakan properti dengan iringan tari’.

Kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar. Orang tua dan guru juga dapat menggunakannya untuk mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Halaman 73

Ayo Membaca

Bacalah teks bacaan di bawah ini dengan cermat! Garis bawahi informasi penting yang kamu temukan!

Pentingnya Makanan Sehat

Usia anak antara 2 hingga 12 tahun merupakan usia pertumbuhan. Karenanya penting bagi anak-anak di usia ini untuk mengonsumsi makanan yang baik dan bergizi. Makanan yang disajikan hendaknya menyediakan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin untuk perkembangan dan pertumbuhannya.

Makanan antara lainbermanfaat sebagai sumber energi, pelindung tubuh terhadap penyakit, sumber pembangun pertumbuhan dan perbaikan tubuh. Makanan juga bersifat mengganti sel-sel tubuh yang rusak atau tua, dan sebagai pelindung organ-organ penting.

Akan tetapi, makanan yang sehat saja tidaklah cukup. Agar tubuh tetap sehat kita perlu berolahraga secara cukup dan teratur. Berat badan dapat dikontrol melalui olahraga sehingga kita dapat terhindar dari obesitas. Olahraga juga dapat mencegah penyakit jantung dan darah tinggi, serta meningkatkan memori. Dengan berolaharaga jantung dan paru-paru bekerja secara efisien sehingga energi yang dihasilkan menjadi semakin besar dan siap untuk kita pergunakan untuk berbagi aktivitas.

Jawaban:

Untuk hidup sehat, bukan hanya makanan sehat dan olahraga yang dibutuhkan. Lingkungan yang sehat pun dibutuhkan. Bayangkan jika lingkungan tempat kita tinggal kotor dan menjadi sarang nyamuk. Pastilah kita pun akan merugi. Kesehatan merupakan hal yang sangat berharga dan semuanya dapat diperoleh dengan cara yang cukup sederhana, yaitu menjaga kesehatan lingkungan.

Pemerintah kemudian menggunakan media elektronik untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan, terutama dari bahaya demam berdarah. Berikut adalah sebuah naskah iklan tentang pencegahan demam berdarah. Mintalah beberapa temanmu untuk memeragakannya di depan kelas.

Kunci Jawaban Halaman 74 75 76

Ayo Bermain Peran

Peragakan naskah iklan elektronik di bawah ini!

Iklan Elektronik Demam Berdarah

Pak RT: “Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, perkenankan saya menyampaikan maksud pertemuan kita kali ini. Tepat pada hari Sabtu nanti, saya mengharapkan bantuan bapak dan ibu untuk secara serentak melakukan langkah 3M Plus di lingkungan rumah kita masing-masing.”

Ibu: “Apa, Pak, 3M Plus itu? Mengapa kita harus melakukannya?”(Para ibu kemudian berbisik-bisik dan suasananya menjadi agak riuh)

Pak RT: “Akhir-akhir ini di lingkungan sekitar kita sedang banyak warga yang terkena demam berdarah, Bu. Bulan lalu saja saya mencatat ada tiga orang yang terkena. Penyebabnya adalah nyamuk dan nyamuk itu menyukai tempat yang kotor. Oleh karenanya diperlukan langkah 3M Plus untuk mengatasinya. Langkah 3M tentunya adalah menguras, menutup, dan mengubur potensi sarang nyamuk. Ditambahkan Plus karena diperlukan upaya dari kita secara pribadi untuk mengatasinya seperti memakai lotion anti nyamuk, kelambu di tempat tidur, menggunakan obat penyemprot nyamuk baik yang alami atau buatan, dan lain-lain.”

Ibu: “Oh, begitu, Pak RT. Kami siap, Pak!

Bapak: “Baik, pak, akan segera kami laksanakan. Para ibu membantu dengan cara menyediakan makanan ringan saja, ya? Hahahaha.”(Semua orang tertawa)

Tentukan kata-kata kunci yang terdapat dalam iklan di atas.

Jawaban:

• Langkah 3M Plus
• Demam Berdarah
• Nyamuk

Buatlah sebuah iklan elektronik seperti contoh di atas dengan tema upaya menjaga kesehatan. Lakukan secara berkelompok. Tentukan kata-kata kunci dari iklan tersebut. Tampilkan di depan kelas dan mintalah teman-teman untuk secara interaktif menentukan kata kunci dari iklan yang kamu buat.

Jawaban:

Iklan Elektronik Upaya Menjaga Kesehatan

Tiga orang siswa kelas V tampak sedang asyik mngobrol di luar kelas saat waktu istirahat. Ketiga anak tersebut yaitu Anto, Budi, dan Wawan.

Anto: “Hidup sehat bukan berarti tidak pernah sakit. Tapi berusaha sebaik mungkin untuk tetap menjadi sehat.”

Budi: “Apa, To, arti kalimat tersebut?”

Anto: “Artinya kita harus selalu berusaha untuk tetap sehat, misalnya saja organ pencernaan kita. Pencernaan kita ibarat dapur di rumah kita yang menyiapkan seluruh kebutuhan tubuh. Kendati makanan yang kita konsumsi serba lengkap, namun zat gizi yang terkandung dalam menu harian menjadi tidak lengkap terserap oleh tubuh bila kerja pencernaan terganggu.”

Wawan: “Oh, begitu, lalu bagaimana cara menjaga kesehatan organ pencernaan?”

Anto: “Baik, gampang kok. Pertama, kunyah makanan dengan baik, Kedua onsumsi makanan berserat, Ketiga minum 8 gelas air sehari, Kempat, hindari makanan dan minuman yang dingin, Kelima, makan secara teratur, dan terakhir olahraga teratur.”

Kata Kunci:
– Menjaga kesehatan
– Organ pencernaan
– Makanan sehat

Siang hari itu Lani dan Udin berbincang-bincang mengenai tugas membuat iklan layanan masyarakat tentang upaya menjaga kesehatan. Merekapun teringat dengan pembelajaran tentang gangguan pada organ pencernaan.

Simaklah percakapan mereka!

Sistem pencernaan merupakan bagian vital yang perlu dipelihara agar berfungsi maksimal karena tubuh kita memperoleh nutrisi melalui sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan kita baik, maka penyerapan nutrisi akan maksimal sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.

Lengkapi peta pikiran di bawah ini mengenai penyebab gangguan pada sistem pencernaan!

Jawaban:

Penyebab gangguan pada sistem pencernaan

Ada beberapa penyebab gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh beberapa penyebab di atas. Kita sudah membahas mengenai beberapa gangguan. Coba kita mengulas kembali mengenai beberapa gangguan sistem pencernaan tersebut (ulas mengenai definisi, gejala, cara pencegahan, dan penyembuhannya).

Jawaban:

Mag

Mag merupakan gangguan akibat peradangan pada lambung. Mag disebabkan oleh luka pada lambung yang tidak segera terobati dan berakibat infeksi bakteri Helicobacter pylori.
Gejalamag berupa nyeri perut bagian atas, mual, dan muntah.
Cara mengatasi penyakit mag adalah dengan antibiotik dan antasida.

Kolera

Kolera adalah penyakit diare akut, yang disebabkan oleh infeksi usus akibat terkena bakteria Vibrio Cholerae. Penyebab infeksi kolera adalah bakteri bernama Vibrio cholerae. Gejala penyakit kolera bisa muncul secara tiba-tiba, yaitu mual dan muntah, kram perut, dan dehidrasi.
Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan pemberian oralit, untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang. Untuk kasus yang parah dibutuhkan penggantian cairan intravena (infus).

Diare

Diare merupakan penyakit saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, parasit, maupun virus. Diare disebabkan oleh infeksi virus pada usus besar dan alergi makanan. Gejala diare meliputi perut kembung atau kram, tinja encer, rasa mulas, atau terkadang mual dan muntah. Cara mengatasi penyakit diare adalah dengan beristirahat yang cukup dan banyak minum supaya tidak mengalami dehidrasi. Biasanya, diare akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Bagaimana tentang konstipasi? Konstipasi merupakan suatu keadaan yang menyebabkan usus besar menyerap air secara berlebih sehingga feses menjadi keras. Buatlah poster iklan masyarakat mengenai konstipasi.

Untuk mempersiapkan poster iklan ini, bentuklah kelompok yang terdiri atas empat siswa. Poster harus meliputi

• JUDUL : ditulis dengan rapi, menarik, dan cukup besar untuk dibaca dari jarak 3 meter

• ISI : terdiri atas keterangan umum, penyebab, cara pencegahan, dan penyembuhannya yang ditulis secara rapi sehingga mudah dibaca dari jarak 1 meter

• GRAFIK: grafik harus asli atau digambar sendiri, berwarna, jelas, rapih, dan mampu dilihat dari jarak 2 meter.

• HIASAN: poster iklan dirancang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian dan tidak menutup atau mendominasi teks informasi maupun grafik.

Jangan lupa membubuhkan nama-nama anggota kelompokmu. Tulislah minimal 2 kalimat refleksi persiswa mengenai proyek ini.

Selain sehat secara jasmani, penting bagi kita untuk sehat secara rohani. Kesehatan rohani dapat diperoleh melalui upaya mendekatkan diri kepada Tuhan, berekreasi, sampai kepada mengekspresikan diri ke dalam seni. Seni tari merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan diri.

Ayo Membaca

Bacalah teks bacaan tentang Tari Kancet Papatai di bawah ini!

Tari Kancet Papatai

Tari Kancet Papatai adalah sebuah tarian perang dari Kalimantan Timur. Gerakannya cukup sederhana dan didominasi oleh banyak gerakan melompat kecil.

• Melompat-lompat kecil sambil berputar dengan tangan yang satu seakan memegang pedang dan yang satunya lagi seakan memegang tameng.
• Berjalan ke depan dan ke belakang dengan satu tangan menghunuskan pedang, kemudian kedua tangan bertemu
• Kedua kaki dilebarkan dan kedua tangan membuka dan menutup.
• Kedua kaki berjingkat, melompat kecil, seraya kedua tangan secara bergantian berputar.

Peragakan gerakan Tarian Kancet Papatai seperti yang dijelaskan pada teks bacaan bersama dengan temanmu. Perhatikan gerakan kaki, tangan, dan pola langkah.

Ayo Renungkan

Adakah hal-hal yang belum bisa kamu selesaikan hari ini? Apakah yang menyebabkan kamu belum selesai? Apakah karena materinya terlalu sulit? Waktu yang diberikan terlalu sedikit? Atau kamu kurang bisa mengatur waktu dan terganggu dengan hal-hal lain? Apa yang akan kamu lakukan supaya lain kali kamu bisa menyelesaikan tugas tepat waktu?

Jawaban:

Saya belum mampu memperagakan tari Kancet Papatai. Hal ini disebabkan untuk dapat memperagakan tarian tersebut dengan baik membutuhkan waktu latihan yang cukup lama. Saya akan berusaha keras untuk menguasai tarian tersebut.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, bacalah kembali informasi yang kamu temukan tentang penyebab gangguan pada sistem pencernaan dan jenis-jenis gangguannya. Mintalah orang tuamu untuk memberikan lima pertanyaan yang berkaitan dengan informasi yang kamu miliki. Jawablah pertanyaan tersebut dengan lengkap dan jelas

Jawaban:

Lima pertanyaan yang berkaitan dengan informasi penyebab gangguan pada sistem pencernaan dan jenis-jenis gangguannya yaitu
– Sebutkan dua gangguan sistem pencernaan yang kamu ketahui!
– Apa itu diare?
– Bagaimana tanda-tanda diare?
– Bagaimana cara mencegah diare?
– Mengapa diare sangat berbahaya?

Jawaban dari lima pertanyaan di atas yaitu
– Mag dan diare
– Diare adalah buang air besar secara terus-menerus.
– Tanda-tanda diare yaitu buang air besar encer dan sering kram perut, nyeri perut, demam, adanya darah dalam tinja, dan perut kembung
– Cara mencegah diare dengan minum air yang sudah matang, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mencuci tangan dengan menggunakan sabun, dan tidak mengonsumsi makanan/jajanan sembarangan
– Diare sangat berbahaya karena tubuh dapat kekurangan cairan dan nutrisi.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 3 Makanan Sehat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 3 Makanan Sehat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.