Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 90 91 92 93, Subtema 3: Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat, Pembelajaran 2

by -
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 90 91 92 93, Subtema 3: Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat, Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 90 91 92 93, Subtema 3: Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat, Pembelajaran 2

SEMANGATNEWS.COM – Adik-adik, simaklah kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 SD/MI, pembelajaran 2 berikut ini!

Materi berasal dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Adapun pembahasannya berupa ‘mencoba prosedur di lapangan’, ‘mempraktikkan prosedur kombinasi lompat dan lempar dalam permainan’, ‘mencermati teks naskah iklan elektronik’, ‘menjelaskan isi iklan dan mendemonstrasikan keunggulan produk/ jasa dari iklan tersebut’, ‘melakukan kegiatan dalam kelompok’, ‘mengidentifikasikan dan menjelaskan berbagai macam penyakit yang memengaruhi organ pencernaan manusia’, ‘mencermati dan mengemas teks informasi’, dan ‘mengidentifikasikan berbagai jenis karya seni rupa daerah dan fungsinya’.

Tema 3 yaitu Makanan Sehat, Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat. Pembelajaran 2 dimulai dari halaman 89 sampai 94. Kunci jawaban merupakan pembahasan dari soal-soal yang berada pada halaman 90, 91, 92, dan 93.

Semoga kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar. Selain itu, kunci jawaban ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Ayo Membaca

Salah satu hal yang dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar adalah dengan mengonsumsi buah. Bacalah artikel tentang manfaat buah bagi kesehatan di bawah ini.

Buah dan Manfaatnya

Manfaat buah-buahan untuk kesehatan sangatlah beragam. Buah buahan dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi buah maka kita akan mendapatkan gizi dan menjaga kesehatan kita. Buah juga dapat meningkatkan energi dan kebutuhan vitamin pada tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat buah-buahan.

• Sumber vitamin. Buah merupakan sumber vitamin dan berbagai jenis vitamin ada di buah.
• Sumber air dan gizi. Buah merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
• Sumber antioksidan. Buah merupakan salah satu sumber antioksidan alami terbesar yang ada di dunia.
• Mencegah penyakit tertentu. Buah-buahan merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya.
• Obat luar tubuh. Buah-buahan juga dapat digunakan untuk menggunakan obat luar seperti jerawat, bisul, dan sebagainya.

Buah-buahan sangat penting bagi tubuh kita. Banyak sekali iklan yang mempromosikan tentang buahan-buahan, terutama buah-buahan impor. Padahal buah-buahan dan sayuran lokal pun sama enak dan sama bergizinya, lho!

Berikut adalah sebuah percakapan iklan layanan masyarakat tentang buah lokal.

Kunci Jawaban Halaman 90 91 92 93

Ayo Bermain Peran

Bacalah dengan saksama dan peragakanlah

Siswa 1: “Lihat apa yang kubawa!”

Siswa 2: “Wah, buah apa itu? Mengapa warnanya ungu agak kemerahan?”

Siswa 1: “Ini buah naga impor, lho! Tak ada duanya. Kalau buah naga lokal itu warnanya putih, sementara ini warnanya unik sekali.”

Siswa 3: “Oh, buah naga, ya? Aku juga suka membeli buah naga. Akan tetapi, aku membeli buah naga hasil petani lokal saja. Manfaat dan rasanya juga sama. Harganya juga jauh lebih murah. Sekalipun warnanya berbeda, bukankah itu tidak memengaruhi manfaatnya?”

Siswa 2: “Iya. Kalau kata ayahku, buah produksi petani lokal itu lebih segar sebab jalur distribusinya lebih pendek. Berbeda dengan buah impor yang membutuhkan banyak pengawet sebab jalur distribusinya lebih panjang. Jadi, selain produksi petani lokal lebih aman untuk dikonsumsi, kita juga turut membantu memberdayakan petani lokal kita.”

Siswa 1: “Oh, begitu, ya. Aku jadi mengerti sekarang. Aku akan memberitahu ayah dan ibuku juga untuk membeli produk buah lokal mulai dari sekarang.

Sebutkan keunggulan buah lokal bila dilihat dari naskah iklan layanan masyarakat di atas.

Jawaban:

Beberapa keunggulan buah lokal antara lain:
– Harganya jauh lebih murah.
– Lebih segar sebab jalur distribusinya lebih pendek.
– Buah lokal lebih aman untuk dikonsumsi
– Konsumsi buah lokal membantu memberdayakan petani lokal

Dalam kelompok yang berisi lima orang, buatlah sebuah iklan layanan masyarakat untuk media elektronik tentang salah satu buah lokal yang paling banyak terdapat di daerahmu.

Tentukan kata-kata kunci untuk percakapan iklanmu. Gunakan kalimat percakapan yang baik dan santun. Peragakanlah iklan layanan masyarakatmu tentang buah lokal di depan kelas secara bergantian.

Jawaban:

Simaklah percakapan berikut!

Siswa 1: “Aku punya tebak-tebakan nih. Jika anaknya 1 orang, ibunya berjumlah 2 orang. Jika anaknya 2 orang, maka ibunya berjumlah 1 orang. Jika ibunya 3 orang, maka tidak punya anak. Apa hayoo??”

Siswa 2: “Wah, apa itu? Kok kayaknya susah ditebak?”

Siswa 1: “Jawabannya buah salak, buah salak dibagi menjadi 3 buah. Dan juga terdapat sat keunikan lagi. Jika yang besar 1 buah, maka yang kecil 2 buah. Dan jika yang besar 2 buah, maka yang kecil 1 buah. Tidak pernah dijumpai buah salak yang berisi 4 daging buah.”

Siswa 3: “Oh, buah salak, ya? Aku juga suka membeli buah salak. Akan tetapi, aku membeli buah salak hasil petani lokal saja. Manfaat dan rasanya juga sama. Harganya juga jauh lebih murah.”

Siswa 4: “Iya. Kalau kata Pak Guru, buah produksi petani lokal itu lebih segar sebab biasanya langsung dipetik dari pohonnya. Selain itu buah lokal juga bebas dari bahan kimia. Jadi, selain produksi petani lokal lebih aman untuk dikonsumsi, kita juga turut membantu memberdayakan petani lokal kita.”

Siswa 5: “Oh, begitu, ya. Aku jadi mengerti sekarang. Aku akan memberitahu orang-orang di sekitarku juga untuk membeli produk buah lokal mulai dari sekarang.”

Siswa 3: “Selain lebih murah, menikmati buah lokal juga membuat tubuh semakin sehat. Jadi, jangan ragu untuk mencicipi kesegaran dari buah-buahan lokal dan rasakan kenikmatan sekaligus manfaatnya.”

Siswa 1: “Nah, sekarang sudah tahu kan keunggulan buah lokal? Tapi aku maih punya satu tebakan lagi, nih. Begini, Buah apa yang nggak bisa dimakan”

Siswa 3: “Pasti buah jambu monyet itu? Betul kan tebakanku?”

Siswa 1: “Jawabanmu salah yang benar adalah buah hati, Hahahah…..”
(sambil pergi meninggakan teman-temannya)

Kata Kunci:
– Buah Salak
– Buah lokal
– Tubuh sehat

Simaklah percakapan antara Beni dan Edo !

Beni: “Tahu tidak kamu? Ternyata buah pisang banyak sekali manfaatnya. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan”

Edo: “Wah, serius kamu?”

Beni: “Iya, buah pisang juga termasuk buah lokal dan banyak sekali manfaatnya. Coba kita simak informasi berikut ini.”

Manfaat Buah Pisang bagi Pencernaan

Pisang dapat mencegah mag dan luka akibat gangguan pencernaan karena teksturnya yang lembut. Pisang dapat menetralisir iritasi pada bagian dalam perut.

Daging buah pisang yang lembut melapisi dinding-dinding lambung dan usus sehingga dapat menjadi lapisan anti radang. Pisang sangat membantu bagi mereka yang mengalami masalah peradangan lambung atau usus.

Pisang yang dicampur susu dan air atau dimasukkan dalam segelas susu cair dapat dihidangkan sebagai obat penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan untuk menetralkan keasaman lambung.

Bergabunglah kembali dengan kelompok poster sistem pencernaanmu. Bawa juga poster yang telah dibuat. Perhatikan instruksi dari gurumu untuk kegiatan berikutnya.

Peraturan Permainan

1. Guru akan menunjukkan nama-nama gangguan sistem pencernaan satu per satu
2. Tiap-tiap kelompok harus dapat menuliskan tentang:

• Apa yang dimaksud dengan gangguan sistem pencernaan?
• Penyebab
• Gejala
• Bagian organ mana yang terserang/terinfeksi
• Cara pencegahan atau penyembuhannya

3. Guru hanya akan memberikan waktu 5 menit untuk mendiskusikan tiap-tiap gangguan yang dimaksud.
4. Setelah guru selesai menunjukkan jenis-jenis gangguan sistem pencernaan, guru akan memberikan waktu 30 menit kepada setiap kelompok untuk menyiapkan hasil diskusinya.
5. Pada tahap akhir, guru akan membimbing siswa di kelas dalam sesi diskusi kelas mengenai jenis-jenis gangguan pencernaan tersebut.
6. Guru akan memberi kesempatan kepada satu kelompok yang ia tunjuk untuk membahas mengenai salah satu jenis gangguan yang dimaksud.
7. Kelompok lain diharapkan menyimak dengan baik agar kemudian dapat memberikan masukan ataupun mengoreksi bahasan dari kelompok yang bersangkutan.

Jawaban:

Mag
Mag merupakan gangguan akibat peradangan pada lambung. Mag disebabkan oleh luka pada lambung yang tidak segera terobati dan berakibat infeksi bakteri Helicobacter pylori.
Gejalamag berupa nyeri perut bagian atas, mual, dan muntah.
Cara mengatasi penyakit mag adalah dengan antibiotik dan antasida.

Kolera
Kolera adalah penyakit diare akut, yang disebabkan oleh infeksi usus akibat terkena bakteria Vibrio Cholerae. Penyebab infeksi kolera adalah bakteri bernama Vibrio cholerae. Gejala penyakit kolera bisa muncul secara tiba-tiba, yaitu mual dan muntah, kram perut, dan dehidrasi.
Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan pemberian oralit, untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang. Untuk kasus yang parah dibutuhkan penggantian cairan intravena (infus).

Diare
Diare merupakan penyakit saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, parasit, maupun virus. Diare disebabkan oleh infeksi virus pada usus besar dan alergi makanan. Gejala diare meliputi perut kembung atau kram, tinja encer, rasa mulas, atau terkadang mual dan muntah. Cara mengatasi penyakit diare adalah dengan beristirahat yang cukup dan banyak minum supaya tidak mengalami dehidrasi. Biasanya, diare akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Konstipasi
Konstipasi atau “sembelit” adalah gejala fases mengeras sehingga susah dikeluarkan. Sembelit disebabkan oleh adanya penyerapan air pada sisa makanan yang berlebihan. Gejala yang dirasakan adalah harus mengejan saat buang air besar, proses buang air besar terasa tidak tuntas, tinja terlihat kering, keras, atau bergumpal. Organ yang diserang yaitu usus besar. Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan banyak memakan buah-buahan dan sayur-sayuran berserat serta banyak minum air putih.

Gastritis
Gastritis merupakan penyakit atau gangguan dimana dinding lambung mengalami peradangan. Gangguan ini disebabkan karena kadar asam klorida atau Hcl terlalu tinggi. Selain itu, gastritis juga dapat disebabkan karena penderita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kuman penyebab penyakit. Gejala yang dirasakan berupa nyeri yang menggerogoti dan panas di dalam lambung, hilang nafsu makan, cepat merasa kenyang saat makan, perut kembung, cegukan, mual, muntah, dan sakit perut. Organ yang terserang adalah lambung. Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan membagi porsi makan Anda ke jadwal makan baru dan hindari makanan berminyak, asam, atau pedas.

Apendistis
Apendisitis merupakan gangguan sistem pencernaan yang mana umbai cacing atau usus buntu mengalami peradangan. Apendisitis ini biasanya terjadi ketika ada sisa-sisa makanan yang terjebak serta tidak bisa keluar di umbai cacing.
Gejala yang dirasakan berupa nyeri perut di sekitar pusar, nyeri di sisi kanan bawah, demam, gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, mual, dan muntah, nafsu makan berkurang, dan perut kembung. Organ yang terserang adalah usus besar. Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan dengan operasi pengangkatan usus buntu yang disebut apendektomi, makan makanan berserat, mengonsumsi makanan probiotik, serta mencukupi asupan air putih dalam tubuh

Ternyata buah-buahan dan segala sesuatu yang berasal dari alam sejak dahulu dijadikan inspirasi untuk karya seni rupa daerah. Salah satunya seperti yang terdapat dalam batik Semarang. Sedikit ulasan tentang batik akan diberikan di bawah ini

Jawa Tengah merupakan daerah penghasil kain batik terbesar di Nusantara. Batik Jawa Tengah memiliki corak yang khas. Daerah penghasil batik di Jawa Tengah yang paling menonjol adalah Pekalongan, Solo, dan Semarang. Pusat penghasil batik terkenal lainnya adalah Yogyakarta. Batik Yogyakarta dan Solo lebih banyak didominasi warna cokelat dan biru tua. Untuk motif batik Yogyakarta sendiri ada bermacam-macam seperti motif parang, babon angrem, dan wahyu tumurun.

Batik Pekalongan memiliki ciri pesisir dengan corak yang khas. Coraknya banyak mendapat pengaruh dari Cina yang dinamis dan kaya akan warna. Batik Pekalongan banyak didominasi warna cerah, hijau, kuning, merah, dan merah mudah serta didominasi motif bunga. Untuk batik, Semarang banyak didominasi warna cokelat, kuning, hijau, hitam dengan motif alam seperti bunga, daun, dan burung.

Batik merupakan contoh karya seni rupa daerah. Bersama-sama dengan kelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.
• Carilah informasi tentang beragam karya seni rupa daerah yang terdapat di daerahmu dan juga daerah-daerah lain di Indonesia. Informasi dapat diperoleh melalui internet, koran, atau majalah.
• Sajikan informasi tersebut dalam bentuk berita koran.
• Gunakan kertas A4 beberapa lembar dan lengkapi dengan gambar karya seni yang bersangkutan.
• Berikut adalah contoh format berita di koran.

Jawaban:

Ayo Renungkan

Tuliskan lima hal yang menurutmu bermanfaat yang kamu lakukan hari ini. Tuliskan juga lima hal yang akan kamu lakukan untuk menjaga kesehatanmu, terlebih menjaga kesehatan organ pencernaan.

Jawaban:

Lima hal yang bermanfaat hari ini adalah:
– menjelaskan isi iklan,
– mendemonstrasikan keunggulan produk/jasa dari iklan,
– mengidentifikasikan berbagai macam penyakit yang memengaruhi organ pencernaan manusia,
– menjelaskan berbagai macam penyakit yang memengaruhi organ pencernaan manusia,
– mengidentifikasikan berbagai jenis karya seni rupa daerah dan fungsinya.

Lima hal yang akan aku lakukan untuk menjaga kesehatan organ pencernaan antara lain makan makanan bergizi, menghindari makanan yang pedas, memerikasakan kesehatan pencernaan, makan secara teratur dan istirahat yang cukup.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu bacalah kembali informasi tentang karya seni daerah yang kamu buat. Mintalah orang tuamu untuk menceritakan pengalamannya atau pengetahuannya tentang karya seni daerah.

Jawaban:

Karya seni daerah batik Banyumas menurut orang tuaku sudah digunakan oleh banyak kalangan masyarakat terutama masyarakat bakubapten banyumas.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 3 Makanan Sehat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 3 Makanan Sehat, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.