Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 107 108 109 110 111, Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya, Pembelajaran 6

by -
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 107 108 109 110 111, Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya, Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 107 108 109 110 111, Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya, Pembelajaran 6

SEMANGATNEWS.COM – Berikut disajikan kunci jawaban pembelajaran 6, Subtema 2, Tema 3, untuk Kelas 6 SD/MI. Adik-adik dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai pedoman dalam belajar. Orang tua dan guru juga dapat menjadikan kunci jawaban ini pedoman dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci jawaban berdasarkan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Subtema 2 Penemu dan Manfaatnya, Tema 3 Tokoh dan Penemuan, Pembelajaran 6 yang mulai dari halaman 105 sampai 112. Sementara itu, untuk pembahasan soal terdapat pada halaman 107, 108, 109, 110, dan 111.

Materi pada pembelajaran 6 ini meliputi ‘menemukan informasi penting pada teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan pensil’, ‘menjawab pertanyaan berdasarkan cerita Kewajiban dan Tanggung Jawab’, dan ‘menuliskan Hak dan Tanggung Jawab di Rumah dan di Sekolah’.

Nah, mari kita simak bersama kunci Jawaban Buku Tema 3 Kelas 6 Halaman 107, 108, 109, 110, dan 111, Subtema 2 Pembelajaran 6 berikut!

Sebelum berolahraga, baca informasi berikut untuk memperkaya pengetahuanmu tentang sejarah penemuan beberapa cabang olahraga.

Sejarah Penemuan Badminton

Nama badminton berasal dari sebuah rumah/istana di kawasan Gloucester-shire, sekitar 200 kilometer sebelah barat London, Inggris. Badminton House, demikian nama istana tersebut, menjadi saksi sejarah bagaimana olahraga ini mulai dikembangkan menuju bentuknya sekarang. Di bangunan tersebut, sang pemilik, Duke of Beaufort dan keluarganya pada abad ke-17 menjadi aktivis olahraga ini.

Akan tetapi, Duke of Beaufort bukanlah penemu permainan itu. Badminton hanya menjadi nama karena dari situlah permainan ini mulai dikenal di kalangan atas dan kemudian menyebar. Badminton menjadi satu-satunya cabang olahraga yang namanya berasal dari nama tempat.

Kunci Jawaban Halaman 107 dan 108

Ayo Membaca

Usai berolahraga, kita akan kembali belajar. Pensil adalah benda yang selalu membantu kita saat belajar. Amatilah pensil tersebut. Tahukah kamu asal-usul pensil tersebut? Apa manfaat pensil?

Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti!

Pensil, Si Kecil yang Amat Penting

Pernahkah terbayang olehmu gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?

Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipake untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus. Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit pada tahun 1564 di Borrowdale, Inggris. Grafit ditemukan sebagai material yang dapat meninggalkan tanda hitam yang cukup pekat, namun terbukti lunak dan gampang patah. Untuk itu, grafit membutuhkan tangkai pemegang. Pada mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba. Terus, ditemukan cara untuk memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. Ketika itulah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil.

Pensil mulai dibikin secara massal pada tahun 1662 di Nuremberg, Jerman. Selanjutnya, mulai abad 19, Faber Castell, Lyra, Staedler, dan perusahaanperusahaan lain ngembangkan pensil buat alat tulis secara pesat. Pada jaman modern, pensil dibuat dengan hancurkan grafit murni sama tanah liat hingga berbentuk bubuk. Kemudian campuran ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang dan dilapis dengan kayu. Jadilah pensil dengan bentuk yang kita kenal saat ini.

Pensil menjadi benda yang penting banget hingga saat ini. Kalo gak ada pensil, kita bakal kesulitan waktu lagi belajar. Kita juga gak bisa bikin karya tulis, seperti cerita pendek, puisi, dan tulisan lainnya.

Temukan informasi penting pada teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan pensil tersebut. Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya.

Jawaban:

Paragraf 1: Topik Masalah
Pertanyaan tentang penemuan dan perkembangan pensil.

Paragraf 2 : Deret Penjelas
Jaman dulu manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan pisau ke batang pohon atau menggoreskan logam pada batu atau daun papirus. Perkembangan pensil dimulai dari penemuan grafit yang mampu membuat goresan hitam pekat namun lunak dan mudah patah. Kemudian grafit dibungkus tali dari kulit domba. Sejak ditemukan cara memasukkan grafit di antara dua bilah kayu, alat tulis bernama pensil dikenal.

Paragraf 3 : Deret Penjelas
Pembuatan pensil secara massal dimulai tahun 1662 di Nuremberg, Jerman. Kemudian, mulai abad 19, banyak perusahaan yang mengembangkan pensil sebagai alat tulis secara pesat. Pada jaman modern, pensil dibuat dari bubuk hasil penghancuran grafit dan tanah liat. Lalu campuran ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang yang dilapisi kayu seperti pensil saat ini.

Paragraf 4 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Pensil menjadi benda penting karena tanpa pensil kita akan akan kesulitan belajar dan tidak bisa membuat karya tulis.

Cermati kembali teks tersebut! Temukan kata-kata bercetak miring di dalamnya!

Tuliskan semua kata bercetak miring tersebut untuk pembelajaran berikutnya.
Jawaban:
– Gimana sih
– Bikin
– Moderen
– Jaman
– Dipakai
– Gampang
– Terus
– Dibikin
– Ngembangkan
– Buat
– Hancurkan
– Sama
– Banget
– Kalo gak ada
– Bakal
– Waktu lagi
– Gak bisa bikin

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 107 108 109 110 111, Subtema 2 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Halaman 109 110 111

Ayo Mengamati

Ingatkah kamu tentang kisah Ani, hak dan tanggung jawabnya? Ayo, kita cermati kembali cerita tersebut.

Kewajiban dan Tanggung Jawab

Ani adalah putri dari Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob mendaftarkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membekali makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah dan ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.

Jawaban:

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 107 108 109 110 111, Subtema 2 Pembelajaran 6

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut!

1. Sebutkan kewajiban Ani dalam cerita tersebut!
Jawaban:
– Ani  bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya.
– Ani selalu mematuhi nasihat ayah dan ibu.
– Ani rajin sekolah.
– Ani rajin belajar dan mengerjakan tugas sekolah 

2. Apakah Ani telah menjalankan kewajibannya? Jelaskan dan berikan contoh!
Jawaban:
Ani sudah menjalankan kewajibannya, contohnya adalah dengan bersyukur dengan perhatian ayah dan ibu, mematuhi nasehat, dan rajin belajar serta mengerjakan tugas.

3. Apa manfaat kewajiban tersebut bagi masa depan Ani?
Jawaban:
Ani akan menjadi orang yang berpendidikan dan sehat sehingga ketika dewasa ia dapat mencapai cita-cita.

4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap kewajiban yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Jawaban:
Ya, karena perhatian orang tuanya tidak ia sia-siakan. Hal tersebut tercermin dari sikapnya yaitu selalu mematuhi nasihat orang tua, rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas.

5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap kewajibannya? Jelaskan dan berikan contoh!
Jawaban:
Orang tuanya akan kecewa, Ani akan terperangkap dalam kebodohan, serta akan merusak masa depannya.

Diskusikan dan tuliskan jawabanmu pada diagram berikut. Bandingkan jawabanmu dengan jawaban teman yang lain! Lengkapi jawabanmu hingga mendapatkan jawaban yang paling tepat.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 107 108 109 110 111, Subtema 2 Pembelajaran 6

Tuliskan pengalaman dirimu dalam menjalankan kewajiban, baik di rumah maupun di sekolah. Tulislah dalam diagram berikut.

Jawaban:

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 107 108 109 110 111, Subtema 2 Pembelajaran 6

Ayo Renungkan

• Kita patut berterima kasih kepada para penemu. Mereka diberi akal dan potensi oleh Tuhan sehingga mereka dapat menemukan berbagai benda dan alat yang bermanfaat bagi umat manusia.
• Merupakan hal yang mulia jika kita dapat menemukan sesuatu yang memberi manfaat bagi banyak orang.

Kerja Sama dengan Orang Tua

• Diskusikan tulisan hasil perenungan sikap dirimu tentang tanggung jawab melaksanakan kewajiban di rumah!
• Mintalah saran dari orang tua mengenai sikap dirimu selama ini!
• Diskusikan manfaatnya jika kamu selalu bertanggung jawab terhadap kewajiban yang kamu miliki!
• Diskusikan akibatnya jika kamu tidak bertanggung jawab terhadap kewajiban yang kamu miliki!

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 3 Tokoh dan Penemuan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 3 Tokoh dan Penemuan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.