Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 99 100 101 103, Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya, Pembelajaran 5

by -
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 99 100 101 103, Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya, Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 99 100 101 103, Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya, Pembelajaran 5

SEMANGATNEWS.COM – Adik-adik, mari simak kunci jawaban pembelajaran 5, Subtema 2, Tema 3, untuk Kelas 6 SD/MI berikut.

Kunci jawaban ini khusus untuk Kelas 6 SD/MI, dengan materi yang merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018.

Kunci jawaban di bawah ini membahas tentang pembelajaran 5 yang terdapat pada halaman 98 sampai 104, Subtema 2 Penemu dan Manfaatnya, Tema 3 Tokoh dan Penemuan.

Soal yang dibahas terdapat pada halaman 99, 100, 101, dan 103. Adapun pembahasan materi meliputi ‘menjawab pertanyaan berdasarkan teks Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya’, ‘menjelaskan perkembangan komputer’, ‘menemukan cara yang dapat dilakukan untuk menemukan luas lingkaran’, ‘memainkan alat musik sesuai dengan interval nada’.

Kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar. Orang tua dan guru juga dapat menggunakannya untuk mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Halaman 99 100

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut!
Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya Charles Babbage adalah seorang ahli Matematika. Beliau-lah penggagas utama dalam penemuan komputer. Mesin penghitung yang ia temukan (1791- 1871) adalah kalkulator otomatis pertama. Babbage terkenal dengan julukan bapak komputer. Babbage yang lahir pada 26 Desember 1792, mengeluhkan sistem perhitungan yang mengandalkan tabel matematika sehingga kerap terjadi kesalahan. Babbage ingin mengubah sistem perhitungan tersebut melalui sistem mekanik untuk menekan kemungkinan terjadinya kesalahan hitung.
Gagasan tersebut dituangkannya dalam sebuah catatan yang diberi nama “note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables”. Catatan yang dibuat pada tanggal 14 Juni 1822 ini berisi tentang semua konsep komputasi yang ada dalam benaknya.
Berdasarkan teks di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa yang dilakukan oleh Charles Babbage?
Jawaban:
Charles Babbage adalah penggagas utama dalam penemuan komputer.
2. Apa dampak penemuannya bagi dunia?
Jawaban:
Dampak penemuan Chales Babbage bagi dunia adalah menekan kemungkinan kesalahan menghitung saat itu serta memberi gagasan kepada penemu lain untuk mengembangkan komputer hingga menjadi komputer seperti sekarang ini.
3. Apakah kamu merasakan manfaat komputer saat ini? Manfaat apa yang kamu rasakan?
Jawaban:
Ya tentu saja saya sangat merasakan manfaat komputer, Dengan adanya komputer dapat mencari ilmu lebih luas lagi, mempermudah ketika menyusun tulisan, mengerjakan tugas menjadi lebih mudah.
Charles  Babbage mengubah dunia dengan komputer. Mesin hitung ini bermanfaat untuk mengurangi kesalahan menghitung. Komputer yang ia temukan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Tahukah kamu bagaimana perkembangan komputer saat ini?
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 99 100 101 103, Subtema 2 Pembelajaran 5
Bagaimana perkembangan komputer? Jelaskan jawabanmu!
Jawaban:
Komputer pada awalnya hanya berupa alat untuk menghitung, kemudian berkembang menjadi komputer listrik, lalu komputer dengan mouse serta keyboardnya, kemudian home computer murah, lalu komputer dengan akses jaringan internet, hingga menjadi komputer multifungsi seperti sekarang.
Mengapa komputer terus berkembang?
Jawaban:
Komputer terus berkembang karena mengikuti perkembangan kebutuhan manusia yang semakin banyak dan beragam.
Apa dampak perkembangan komputer bagi manusia?
Jawaban:
Dampak perkembangan komputer bagii manusia adalah memudahkan beberapa pekerjaan manusia seperti mengetik, mencari sesuatu di internet, sebagai alat transaksi, menyimpan dokumen-dokumen penting, dan sebagainya.
Apa yang terjadi jika komputer tidak ditemukan?
Jawaban:
Jika komputer tidak ditemukan mungkin pekerjaan manusia tidak semudah ketika ada komputer karena pekerjaan dilakukan secara manual. Sehingga, kemungkinan terjadinya kesalahan pekerjaan lebih besar.
Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang pendidikan?
Jawaban:
Dampak komputer dalam bidang pendidikan antara lain memudahkan kegiatan belajar siswa, mengerjakan tugas sekolah menjadi lebih mudah, dan membantu guru melaksanakan tugasnya sebagai pengajar.
Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang iptek?
Jawaban:
Dampak ditemukannya komputer dalam bidang iptek antara lain iptek akan terus mengalami perkembangan. Dengan adanya komputer banyak teknologi baru yang dapat ditemukan.
Chales Babbage melakukan penelitian untuk menemukan komputer. Ia melakukan percobaan terus-menerus. Sekarang dengan meniru sikap para penemu, lakukan percobaan untuk menemukan luas lingkaran dengan cara yang berbeda.

Kunci Jawaban Halaman 101

Ayo Mencoba

Kamu sudah bereksplorasi untuk menemukan luas lingkaran dengan pendekatan persegi panjang. Ternyata banyak cara yang dapat dilakukan untuk menemukan luas lingkaran.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 99 100 101 103, Subtema 2 Pembelajaran 5
Lakukan kegiatan berikut ini secara individu.
1. Pilihlah satu cara berbeda untuk menemukan luas lingkaran!
2. Lakukan eksplorasi dengan menggunakan kertas bekas!
3. Tunjukkan rumus lingkaran hasil eksplorasimu!
4. Bandingkan hasil yang kamu peroleh dengan temanmu!
Jawaban:
Cara untuk menemukan luas lingkaran
– Menggunakan Jari-Jari untuk Mencari Luas

Jari-jari lingkaran adalah ruas garis yang menghubungkan titik pusat dan suatu titik pada lingkaran. Panjang jari-jari tetap sama, diukur dari titik manapun pada lingkaran. Jari-jari  merupakan setengah dari diameter lingkaran. Diameter lingkaran adalah tali busur lingkaran yang melalui titik pusat lingkaran.

Jika panjang jari-jari diketahui dalam soal, maka luas lingkaran dapat ditentukan dengan rumus L= πr². Kuadratkan panjang jari-jari, kemudian kalikan dengan π. Misalkan panjang jari-jari lingkaran adalah 8 cm. Luas lingkaran tersebut adalah L= π(8)²=64π, atau 200,96 cm2.

– Menghitung Luas dengan Garis Tengah

Garis tengah merupakan diameter (d) lingkaran.

Diameter lingkaran merupakan dua kali jari-jari lingkaran, maka dapat diperoleh: d = 2r <=> r = ½d. Substitusikan r = ½d ke dalam rumus luas lingkaran sehingga dapat diperoleh L= πr² = π (½d)² = ¼ π d². Dengan demikian, luas lingkaran dapat dihitung dengan menggunakan panjang diameter (d) yang rumusnya: L=¼ π d².

Misalkan panjang diameter lingkaran adalah 30 cm. Hitunglah luas lingkaran tersebut.

Dengan menggunakan rumus luas lingkaran menggunakan diameter lingkaran, maka dapat diperoleh hasil sebagai berikut:
Luas lingkaran =¼ π d²
= ¼ π(30)²
= 225π

Kita juga dapat menuliskan jawaban dalam bentuk desimal dengan mengalikan nilai π yaitu 3,14. Jawabannya adalah (225)(3,14) = 706,5 cm2.

– Menggunakan Keliling untuk Menghitung Luas

Untuk menghitung luas lingkaran dari keliling lingkaran, terlebih dahulu kita harus menentukan panjang jari-jari lingkaran. Panjang jari-jari lingkaran dapat ditentukan dari rumus keliling lingkaran. Ingat, rumus keliling lingkaran adalah K= π.d= 2.π.r sehingga r = K/2.π. Setelah itu gunakan rumus luas lingkaran untuk menentukan luas lingkaran.

Misalkan keliling sebuah lingkaran adalah 88 cm. Untuk menentukan luas lingkaran tersebut, terlebih dahulu kita tentukan panjang jari-jari lingkaran sebagai berikut:
Keliling = 2.π.r
88 = 2.π.r

Panjang r adalah
r = 88/2.π
r = 88/2.(22/7)
r = 88/(44/7)
r = 14 cm

Setelah menentukan panjang jari-jari (r), selanjutnya kita hitung luasnya.
L  = π r²
L = (22/7) x 14²
L = (22/7) x 196
L = 616 cm²

– Mencari Luas dari Juring Lingkaran

luas lingkaran dapat ditentukan dari luas juring lingkaran. Juring adalah bagian lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari dan sebuah busur lingkaran. Juring berbentuk seperti potongan pizza. Juring memuat sebuah sudut pusat yang titik sudutnya adalah titik pusat lingkaran. Besar sudut ini dapat diukur menggunakan busur derajat. Dalam satu putaran penuh terdapat sudut pusat 3600. Dengan perbandingan besar sudut pusat pada juring dan sudut satu putaran penuh, kita dapat menentukan luas lingkaran.

Jika luas juring dan besar sudut pusatnya diketahui, maka kita dapat menggunakan rumus berikut untuk menghitung luas lingkaran:
Luas juring = θ/ 3600 x L
θ adalah besar sudut pusat juring dalam satuan derajat
L adalah luas lingkaran, L =  πr²

Contohnya, luas juring suatu lingkaran adalah 15π cm². Jika besar sudut pusat juring adalah 450, maka luas lingkaran dapat ditentukan sebagai berikut:
Luas juring = θ/ 3600 x L
15π   =  450/3600 x L
15π  x 3600 = 450L
L =  (15π  x 3600) / 450
=  15π x 8 =  120π cm2.

Jika ingin mengubah nilai luas ini dalam bentuk desimal, maka kalikan 120 dengan 3,14 sehingga diperoleh 376,8 cm2.

Kunci Jawaban Halaman 103

Ayo Berkreasi

Kamu sudah menyanyikan lagu “Mariam Tomong”. Sekarang kita akan memainkan lagu tersebut dengan menggunakan alat musik.
Kamu dapat menggunakan alat musik bernada do re mi fa sol la si do. Alat musik yang dapat digunakan adalah pianika, angklung, kolintang atau alat musik lainnya. Kita akan berlatih memainkan alat musik sesuai dengan interval nada. Awalnya kita akan berlatih memainkan solmisasi tangga nada berikut.
Do Re Mi Fa Sol La Si Do
Nada-nada berikut berjarak 1 nada. Coba berlatihlah membunyikan nadanada berikut!
Do – Re
Re – Mi
Fa – Sol
Sol – La
Nada-nada berikut berjarak ½ nada. Coba berlatihlah membunyikan nadanada berikut!
Mi – Fa
Si – La
Nada-nada berikut berjarak 2 nada. Coba berlatihlah membunyikan nadanada berikut!
Do – Mi
Fa – La
Nada-nada berikut berjarak 1 ½ nada. Coba berlatihlah membunyikan nadanada berikut!
Re – Fa
Mi – Sol
La – Do
Berlatihlah membunyikan nada-nada berikut!
Do – Re
Do – Mi
Do – Fa
Do – Sol
Do – La
Do – Si
Berlatihlah berkali-kali ya, supaya nada kamu tepat.
Bagaimana latihanmu hari ini?
Jawaban:
Aku berlatih dengan semangat dan bersungguh-sungguh.
Apakah nada-nada yang kamu mainkan sudah tepat?
Jawaban:
Ya, nada-nada yang aku mainkan sudah tepat.
Ayo Renungkan
• Apa yang kamu pelajari hari ini?
• Apa yang sudah dapat kamu pahami?
• Apa yang masih sulit kamu pahami?
Kerja Sama dengan Orang Tua
1. Sampaikan kepada orang tuamu tentang penemuan komputer dan pengaruhnya bagi masyarakat!
2. Mintalah pendapat orang tua tentang dampak penemuan tersebut bagi masyarakat di lingkunganmu!

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 3 Tokoh dan Penemuan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 3 Tokoh dan Penemuan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.