Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 Halaman 180 181 182 185, Subtema 4: Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum, Pembelajaran 4

by -
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 Halaman 180 181 182 185, Subtema 4: Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum, Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 Halaman 180 181 182 185, Subtema 4: Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum, Pembelajaran 4

SEMANGATNEWS.COM – Adik-adik, mari simak kunci jawaban Tema 4 Kelas 2 SD/MI, pembelajaran 4 berikut ini!

Tema 4 yaitu Hidup Bersih dan Sehat, Subtema 4 Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum. Pembelajaran 4 dimulai dari halaman 180 sampai 186. Sementara itu, untuk pembahasan soal dan kunci jawabannya terletak di halaman 180, 181, 182, dan 185.

Materi berasal dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Adapun pembahasannya berupa ‘membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di tempat umum’, ‘menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di tempat umum’, ‘membuat laporan sederhana tentang lingkungan tidak sehat di tempat umum’, ‘membuat karya hiasan dari bahan buatan’, ‘menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola’.

Semoga kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman daam belajar. Selain itu, kunci jawaban ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Dayu dan teman-teman berlibur ke pantai. Di pantai ada berbagai tempat yang disediakan. Ada tempat parkir, warung, tempat duduk, WC umum, ruang ganti baju, dan sebagainya. Dayu dan teman-teman menuju WC umum.

Kunci Jawaban Halaman 180

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan nyaring!

WC Umum yang Kotor Harus Dibersihkan

WC umum yang kotor banyak penyebabnya. Hal ini terjadi karena banyak pengunjung yang tidak peduli lingkungan. Banyak yang membuang sampah sembarangan. Sampah yang dibuang dapat menyumbat saluran air. Air akan menjadi tergenang.

WC umum yang tersumbat harus segera dibersihkan. Sampah yang menyumbat harus disingkirkan. Lantai dan saluran airnya harus dibersihkan. Agar lebih bersih dapat digunakan pembersih lantai dan sabun. Dengan demikian, WC umum akan menjadi bersih dan wangi. Pengunjung menjadi nyaman karenanya.

Informasi apa yang kamu peroleh dari isi teks di atas?
Jawaban:
WC umum yang kotor karena sampah harus dibersihkan, supaya wangi dan pengunjung pun nyaman.

Kunci Jawaban Halaman 181

Ayo Mengamati

Sudah tahukah kamu bagaimana ciri-ciri WC umum yang tidak bersih? Amati gambar di bawah ini!

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2

Informasi apa yang kamu peroleh dari gambar di atas?
Jawaban:
WC umum yang kotor.

Bagaimana ciri-ciri WC umum yang kotor?
Jawaban:
Banyak sampah berserakan, saluran airnya tersumbat, ada genangan air, kumuh, bau, dan berlumut.

Kunci Jawaban Halaman 182

Ayo Menulis

Coba tuliskan hasil pengamatanmu terhadap gambar sebelumnya! Ungkapkan hasil pengamatanmu dalam bentuk laporan sederhana!

Jawaban:

Ciri-ciri WC Umum yang Kotor

WC umum adalah fasilitas umum yang dimanfaatkan banyak orang. WC umum banyak yang kotor karena pengunjung tidak peduli dengan lingkungan. WC umum menjadi kotor karena banyak sampah yang dibuang sembarangan. Ada sampah tisu toilet, sampah plastik, dan sampah botol bekas. Sampah membuat saluran air menjadi tersumbat. Air pun tergenang dan membuat lumut tumbuh. Air yang tergenang menimbulkan bau busuk. Air tergenang juga menjadi sarang nyamuk dan bakteri. WC yang kotor juga jarang disiram. Bekas buang air dibiarkan begitu saja, sehingga banyak lalat beterbangan.

WC yang kumuh membuat pengunjung bisa tertular penyakit. Oleh karena itu, WC umum harus dijaga dan dirawat kebersihannya. Sampah harus dibuang pada tempatnya agar tak menyumbat saluran air. Lantai WC harus dibersihkan. Bekas buang air pun harus disiram hingga bersih. Selain itu, dalam WC umum harus ada pengharum ruangan. Dengan begitu, WC umum menjadi tempat yang wangi dan nyaman.

Coba bacakan hasil laporan yang telah kamu tulis dengan nyaring!

Ayo Mengamati

Membersihkan WC yang kotor sebaiknya menggunakan sabun cair lantai dan sikat ubin. Jenis sabun bermacam-macam. Ada sabun batangan, ada juga sabun cair. Sabun batangan dapat dibuat menjadi hiasan. Hiasan apa saja yang dapat dibuat dari sabun batangan? Amati gambar berikut!

Tahukah kamu cara membuat hiasan dari sabun batangan? Apa saja alat dan bahan yang digunakan? Bacalah petunjuk berikut dengan nyaring!

Cara Membuat Hiasan dari Sabun

Batangan Alat dan Bahan:
1. Pensil.
2. Pahat ukir atau pisau.
3. Sabun.

Cara membuatnya:
1. Sediakan sabun batangan terlebih dahulu!
2. Lukislah pada sabun sesuai gambar model yang diinginkan!
3. Ukirlah sabun menggunakan pahat ukir hingga membentuk model yang diinginkan!
4. Jika pahat ukir tidak ada, gunakan pisau!
5. Berhati-hatilah menggunakan pahat atau pisau agar tidak terluka!
6. Haluskan permukaan sabun yang telah diukir hingga menyerupai model yang sempurna!
7. Hiasan selesai dan siap dipajang.

Ayo Berkreasi

Buatlah hiasan dari bahan sabun batangan! Dengarkan petunjuk gurumu sebelum membuatnya!

Ayo Mengamati

Amati kembali gambar sabun di bawah ini!

Sabun batangan berbentuk balok. Balok merupakan contoh bangun ruang. Jika disusun, balok dapat membentuk pola tertentu. Perhatikan pola susunan balok berikut!

Kunci Jawaban Halaman 185

Ayo Berlatih

Tentukanlah bentuk bangun ruang selanjutnya mengikuti pola-pola berikut!

Jawaban:

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua membimbing siswa membuat kerajinan dari sabun batangan dalam bentuk yang lain sehingga dapat menghasilkan keterampilan yang lebih bervariasi.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas II Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas III Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.