Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 164 166 167 168 169, Subtema 4: Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara, Pembelajaran 5

by -
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 164 166 167 168 169, Subtema 4: Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara, Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 164 166 167 168 169, Subtema 4: Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara, Pembelajaran 5

SEMANGATNEWS.COM – Perhatikanlah pembahasan kunci jawaban Tema 4, Subtema 4, pembelajaran 5 untuk Kelas 3 SD/MI berikut.

Tema 4 yaitu Tema 4 Kewajiban dan Hakku. Subtema 4 Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara. Pembelajaran 5 dimulai dari halaman 164 sampai 169. Pembahasan soal dan kunci jawaban berada pada halaman 164, 166, 167, 168, dan 169.

Buku guru dan siswa yang digunakan adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Materi yang dibahas yaitu ‘mengamati dan bertanya jawab tentang gambar’, ‘membaca teks’, ‘menuliskan kalimat saran dan menjelaskan maksudnya’, ‘menuliskan saran’, ‘menuliskan hak berkaitan dengan agama’, ‘menceritakan pengalaman berteman meskipun berbeda agama’, ‘memahami masalah pembagian’, ‘membuat masalah pembagian’.

Nah, supaya dapat memahami materi dengan baik, adik-adik dapat menjadikan pembahasan kunci jawaban ini sebagai pedoman pembelajaran. Begitupun untuk orang tua siswa dan guru. Kunci jawaban ini dapat berguna bagi orang tua dan guru untuk mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Halamna 164

Ayo Mengamati

Amatilah gambar berikut ini dengan cermat!

Apa yang kamu lihat pada gambar? Apa kue kesukaanmu? Bagaimana kue itu dibungkus? Siswa berbagi pengalaman tentang jajanan kesukaannya. Diharapkan setiap siswa mengetahui jajanan kesukaan teman-teman sekelasnya.

Jawaban:

Saya melihat gambar anak-anak yang sedang makan kue. Kue di dalam gambar tersebut tidak memiliki kemasan. Kue ditaruh dalam nampan terbuka, sehingga kebersihannya kurang terjamin. Saya juga suka kue. Kue kesukaan saya adalah donat. Donat memiliki rasa manis karena ditaburi gula halus atau coklat. Namun, saya tidak boleh sering makan donat. Gula pada donat tidak baik untuk kesehatan apabila sering dikonsumsi.

Kunci Jawaban Halaman 166

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan lancar!

Perayaan Hari Besar Agama

Setiap orang wajib menjalankan ajaran agamanya. Udin dan kawan-kawannya selalu taat menjalankan ajaran agamanya. Setiap sore Udin mengaji di masjid. Hari itu ada perayaan Maulid Nabi. Ibu menyiapkan kue untuk dibawa Udin ke masjid. Edo dan Beni kebetulan sedang bermain di rumah Udin. Mereka membantu Udin dan Ibunya menyiapkan kue.

Merayakan hari besar agama adalah hak setiap warga negara. Udin merayakan Maulid. Beni dan Edo merayakan Natal. Dayu merayakan hari Nyepi. Lani merayakan hari Waisak. Meli merayakan hari Imlek. Kita wajib menghormati perbedaan.

Indonesia memiliki banyak perbedaan. Kita berbeda suku, agama, dan kebiasaan. Semua orang harus saling menghargai dan menghormati. Sikap saling menghargai dan menghormati membuat kita rukun.

Amati kembali teks ‘Perayaan Hari Besar Agama’! Temukan kalimat saran dan jelaskan maksudnya!

Jawaban:

Kalimat Saran:
Kita berbeda suku, agama, dan kebiasaan. Semua orang harus saling menghargai dan menghormati. Semua orang harus saling menghargai dan menghormati perbedaan suku, agama, dan kebiasaan. Karena jika kita tidak mau menghargai dan menghormati maka akan terjadi perselisihan dan perpecahan antar suku dan agama.

Kunci Jawaban Halaman 166

Ayo Mencoba

Udin memiliki teman-teman yang berbeda agama. Udin rukun dengan mereka. Udin wajib menghargai agama teman-temannya. Apa yang harus Udin lakukan agar dapat selalu hidup rukun?

Tuliskan pada tempat tersedia!

Jawaban:

Ayo Kita Saling Menghargai
– Berteman dengan semua orang tanpa membeda-bedakan agama.
– Saling menghargai satu sama lain dalam melaksanakan ajaran agama.
– Bekerjasama atau bergotong royong saat merayakan hari besar agama.
– Tidak memaksakan seseorang untuk memeluk agama tertentu

Kunci Jawaban Halaman 167

Ayo Menulis

Kamu sudah tahu kewajiban menghargai temanmu yang berbeda agama. Apakah kamu tahu hakmu yang berkaitan dengan agama?

Sebutkan lima hak berkaitan dengan agama! Tuliskan pada tempat yang tersedia!

Jawaban:

1. Hak untuk menganut agama dan kepercayaannya masing-masing.
2. Hak untuk menjalankan ibadah menurut agamanya masing-masing.
3. Hak untuk mendapat perlakuan yang sama dari seluruh masyarakat dan pemerintah terlepas dari agama dan keyakinan yang dianut.
4. Hak untuk mendirikan tempat ibadahnya masing-masing.
5. Hak untuk meyakini agama yang diyakini tanpa paksaan dari orang lain.

Kunci Jawaban Halaman 167

Ayo Bercerita

Apakah kamu memiliki teman yang berbeda agama? Bagaimana kamu menghargai haknya?Bagaimana temanmu menghargai hakmu? Ceritakan pengalamanmu di depan kelas!

Jawaban:

Saya memiliki teman yang berbeda agama. Saya menghargai haknya, dia pun menghargai hak saya. Haknya dan hak saya adalah untuk bebas memilih agama dan beribadah.  Kami tidak pernah saling ejek agama atau ibadah yang kami laksanakan. Saya juga tidak mengganggunya ketika beribadah. Begitupun dia, tidak mengganggu saya ketika beribadah. Saya dan teman saya saling menghormati dan menghargai perbedaan agama kami. Kami hidup dengan rukun.

Kunci Jawaban Halaman 168

Ayo Berlatih

Ibu Udin membuat kue untuk perayaan Maulid Nabi. Peserta pengajian ada 100 anak. Berapa kue yang harus ibu buat? Berapa buah kue yang diterima setiap anak?

Tuliskan lima jawaban pada tabel berikut!

Jawaban:

Banyak Kue : Jatah/Anak = Banyaknya Anak

Banyak Kue Dibagi Jatah/Anak Sama
Dengan
Banyaknya Anak
300 : 3 = 100
600 : 6 = 100
800 : 8 = 100
900 : 9 = 100
1.000 : 10 = 100

1. 300 : 3 = 100
2. 600 : 6 = 100
3. 800 : 8 = 100
4. 900 : 9 = 100
5. 1.000: 10 = 100

Kunci Jawaban Halaman 168 dan 169

Ayo Mencoba

Buatlah cerita seperti teks “Perayaan Hari Besar Agama”! Tentukan banyaknya anak yang ikut kegiatan! Tentukan banyaknya kue! Tentukan banyaknya jatah kue per anak!

Jawaban:

Ibu Dayu ingin menyediakan tape ketan (injin) untuk perayaan Galungan. Peserta perayaan ada 120 anak. Berapa banyak tape ketan yang harus ibu sediakan? Berapa tape ketan yang diterima setiap anak?
Tuliskan lima jawaban pada tabel berikut!

Banyak Tape Ketan : Jatah/Anak = Banyaknya Anak

1. 360 : 3 = 120
2. 480 : 4 = 120
3. 600 : 5 = 120
4. 720 : 6 = 120
5. 960 : 8 = 120

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua bercerita tentang pengalaman melaksanakan kewajiban yang diajarkan agama yang mereka anut.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas III Tema 4 Kewajiban dan Hakku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 4 Kewajiban dan Hakku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.