Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 108 109 111 112 114, Subtema 3: Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia, Pembelajaran 3

by -
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 108 109 111 112 114, Subtema 3: Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia, Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 108 109 111 112 114, Subtema 3: Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia, Pembelajaran 3

SEMANGATNEWS.COM – Pembahasan kunci jawaban berikut berdasarkan pada Tema 4 yaitu Sehat Itu Penting, Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia, Pembelajaran 3 yang mulai dari halaman 107 sampai 115.

Buku guru dan siswa yang digunakan adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Sementara itu, pembahasan soal kunci jawaban berada di halaman 108, 109, 111, 112, dan 114. Materi yang dibahas berupa ‘mengamati pantun’, ‘mengamati gambar gotong royong’, ‘mengamati pelaksanaan musyawarah untuk penerapan tanggung jawab dalam masyarakat’, dan ‘membaca bacaan tentang interaksi sosial’.

Nah, supaya dapat memahami materi dengan baik, adik-adik dapat menjadikan pembahasan kunci jawaban ini sebagai pedoman pembelajaran. Begitupun untuk orang tua siswa dan guru. Kunci jawaban ini dapat berguna bagi orang tua dan guru untuk mengoreksi jawaban siswa.

Perhatikanlah pembahasan kunci jawaban Tema 4, Subtema 3, pembelajaran 3 untuk Kelas 5 SD/MI berikut.

Dayu membacakan pantun buatannya di depan kelas. Pantun Dayu jenis pantun jenaka. Dayu berhasil membuat tertawa teman-temannya melalui pantunnya. Artinya, Dayu berhasil menyampaikan amanat dari pantun itu. Apa makna amanat pantun?

Pagi ini Dayu dan teman satu kelasnya sedang mengikuti pelajaran tentang pantun.

Ibu Guru menjelaskan cara pembuatan pantun. Ibu Guru menjelaskan bahwa membuat pantun harus memperhatikan sajak dalam pantun. Misalnya, akhiran baris pertama adalah n maka baris ketiganya juga harus n. Jika akhiran baris keduanya t, maka akhiran baris keempatnya juga harus t seperti contoh pantun berikut.

Jalan-jalan dekat pohon, (akhiran baris adalah n)
Tempat indah hijau rumput (akhir baris t)
Pada Tuhan kita memohon, (akhiran baris adalah n)
sesuai ajaran yang kita anut (akhir baris t)

Bu Guru juga menjelaskan, bahwa membuat pantun harus memperhatikan amanat atau pesan dan nasihat yang ingin disampaikan kepada pembaca. Bu Guru menyontohkan sebuah pantun yang mengandung amanat ajakan kepada masyarakat untuk ikut bergotong royong. Berikut contoh pantunnya.

Siang-siang makan buah dondong
Rasa takut melihat besarnya ular
Mari kita melakukan gotong royong
Agar pekerjaan cepat kelar

Gotong royong merupakan salah satu jenis tanggung jawab warga masyarakat. Apa sebenarnya gotong royong itu? Mengapa gotong royong menjadi tanggung jawab warga masyarakat?

Ayo Mengamati

Contoh bentuk kegiatan gotong royong. Berdasarkan gambar di atas, buatlah kesimpulan tentang pengertian gotong royong, unsur-unsur gotong royong, dan manfaat gotong royong.

Kunci Jawaban Halaman 108 dan 109

Ayo Menulis

1. Gotong royong adalah…
Jawaban:
Gotong royong adalah bentuk kerja sama antara sejumlah orang atau warga masyarakat dalam kehidupan sosial dalam menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan bersama.

2. Unsur-unsur gotong royong meliputi…
Jawaban:
Beberapa unsur gotong royong meliputi:
– Tanpa pamrih (tanpa harapan balas jasa).
– Kerja atau usaha tersebut bermanfaat bagi kepentingan bersama.
– Usaha atau kegiatan kerja bersama
– Setiap partisipan berpartisipasi menurut kemampuan masing-masing.
– Berdasarkan keikhlasan dan suka rela.

3. Manfaat gotong royong adalah…
Jawaban:
Manfaat gotong royong adalah:
– Meringankan beban, waktu dan biaya.
– Meningkatkan rasa kekeluargaan dengan sesama.
– Menambah kokohnya rasa persatuan dan kesatuan.
– Mempertinggi ketahanan bersama.
– Menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat.
– Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional

Ayo Membaca

Gotong royong memiliki arti penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan serta meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan dengan sesama. Oleh karena itu, gotong royong menjadi tanggung jawab semua warga masyarakat. Apa makna tanggung jawab warga masyarakat itu?

Pada dasarnya, setiap orang tidak bisa hidup sendiri tanpa pertolongan orang lain. Sejak dalam kandungan sampai mati, setiap orang membutuhkan pertolongan orang lain. Orang-orang yang saling membutuhkan dan mempunyai kepentingan yang sama dalam suatu tempat yang disebut masyarakat. Hidup bersama dalam masyarakat sangat penting karena Tuhan menciptakan manusia untuk saling melengkapi, saling membantu, dan saling menyayangi, serta saling menjaga hubungan baik dengan orang lain. Untuk menjaga hubungan baik dalam kehidupan masyarakat, maka setiap anggota masyarakat hendaknya sadar akan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat.

Tanggung jawab sebagai warga masyarakat, adalah menjalankan tugas dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai warga masyarakat, setiap individu hendaknya memperhatikan hal-hal yang menjadi tanggung jawabnya agar tercipta kehidupan masyarakat yang harmonis.

Berikut jenis-jenis tanggung jawab warga masyarakat.

1. Memelihara Ketertiban dan Keamanan Hidup Bermasyarakat

Tanggung jawab warga masyarakat dalam memelihara ketertiban dan keamanan hidup bermasyarakat, dapat diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan peraturan-peraturan dalam masyarakat. Sebagai contoh peraturan jam belajar masyarakat dan kegiatan ronda malam yang dilaksanakan secara bergiliran. Pelaksanaan peraturan-peraturan dalam masyarakat tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab segenap warga masyarakat.

2. Menjaga dan Memelihara Rasa Persatuan dan Kesatuan Masyarakat

Untuk menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat dibutuhkan prinsip-prinsip dasar yang kuat, yaitu sebagai berikut.
a. Membina keserasian, keselarasan, dan keseimbangan dalam berbagai lingkungan kehidupan.
b. Saling mengasihi, membina, dan memberi antarsesama.
c. Tidak menonjolkan perbedaan tetapi mencari kesamaan.

Dengan prinsip di atas, kamu hendaknya bisa menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjaga dan memelihara rasa persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat, yaitu seperti berikut.
a. Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan antarwarga masyarakat.
b. Setiap warga masyarakat menyelesaikan masalah sosial secara bersama-sama.
c. Bergaul dengan sesama warga masyarakat dengan tidak membedakan-bedakan suku, agama, ras, ataupun aliran.
d. Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam bergaul antarsuku bangsa.
e. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.

3. Meningkatkan Rasa Solidaritas Sosial terhadap Sesama Anggota Masyarakat

Rasa solidaritas sosial terhadap sesama anggota masyarakat mutlak diperlukan dalam mewujudkan keharmonisan hidup bermasyarakat. Rasa solidaritas sosial mengandung prinsip saling membantu, saling peduli, saling bekerja sama, dan saling berbagi dalam mendukung pembangunan masyarakat setempat, baik secara keuangan maupun tenaga.

Salah satu bentuk upaya meningkatkan solidaritas sosial adalah membiasakan kerja sama atau gotong royong. Gotong royong sebagai bentuk kerja sama antarindividu, antara individu dan kelompok, dan antarkelompok, membentuk suatu norma saling percaya untuk melakukan kerja sama dalam menangani permasalahan yang menjadi kepentingan bersama.

4. Menghapuskan Bentuk-Bentuk Tindakan Diskriminasi dalam Kehidupan Masyarakat untuk Menghindari Disintegrasi Masyarakat, Bangsa, dan Negara

Terjadinya disintegrasi atau perpecahan antarwarga masyarakat biasanya dipicu oleh adanya tindakan diskriminasi dalam kehidupan masyarakat. Arti diskriminasi di sini adalah memperlakukan orang atau kelompok (biasanya minoritas) secara berbeda berdasarkan karakteristik seperti asal, ras, asal negara, agama, keyakinan politik atau agama, kebiasaan sosial, jenis kelamin, orientasi seksual, bahasa, dan usia. Diskriminasi adalah prinsip yang mengatakan bahwa semua orang tidak sama. Tindakan-tindakan diskriminasi tersebut hendaknya kamu buang jauh dalam pergaulan hidup bermasyarakat demi persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat.

Kunci Jawaban Halaman 111

Ayo Menulis

Buatlah kesimpulan dari bacaan tentang tanggung jawab individu sebagai warga masyarakat! Tuliskan dalam kolom berikut!

Jawaban:

Tanggung jawab individu sebagai warga masyarakat adalah sebagai berikut.
– Meningkatkan Rasa Solidaritas Sosial terhadap Sesama Anggota Masyarakat.
– Menghapuskan Bentuk-Bentuk Tindakan Diskriminasi dalam Kehidupan Masyarakat untuk – Menghindari Disintegrasi Masyarakat, Bangsa, dan Negara.
– Memelihara Ketertiban dan Keamanan Hidup Bermasyarakat.
– Menjaga dan Memelihara Rasa Persatuan dan Kesatuan Masyarakat.

Prinsip utama dalam kehidupan bermasyarakat adalah mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi dan golongan. Prinsip ini dapat kamu wujudkan saat kamu bermusyawarah guna mengambil keputusan bersama dari seluruh warga masyarakat. Sudahkah masyarakat tempat tinggalmu melaksanakan prinsip mengutamakan kepentingan bersama dalam mengambil keputusan?

Kunci Jawaban Halaman 112

Ayo Mengamati

Lakukan pengamatan terhadap pelaksanaan musyawarah dalam masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu! Amati sikap warga masyarakat dalam menerima pendapat orang lain yang berbeda dengan pendapatnya. Amati pula sikap warga yang pendapatnya tidak diterima sebagai keputusan!

Tuliskan hasil pengamatanmu dalam kolom berikut agar dinilai Bapak/Ibu Guru.

Jawaban:

Hasil pengamatan:
Musyawarah di tempat tinggal saya berjalan lancar dan dapat mencapai mufakat, karena para warga bisa saling menghargai dan menerima pendapat orang lain.

Tanggung jawab seseorang sebagai warga msyarakat juga tecermin dari sikapnya dalam pergaulan di masyarakat. Orang yang bertanggung akan selalu berinteraksi baik terhadap anggota masyarakat lain dalam lingkungannya. Interaksi tersebut memiliki pengaruh besar terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

Ayo Membaca

Interaksi sosial merupakan dasar bagi semua aktivitas manusia yang berhubungan dengan orang lain. Proses interaksi tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Proses interaksi ini dapat terjadi apabila ada pertemuan dua orang atau lebih. Selain itu, interaksi terjadi karena adanya kepentingan pemenuhan kebutuhan masyarakat di berbagai bidang seperti berikut.

1. Bidang Ekonomi
Kepentingan ekonomi adalah kepentingan seseorang yang saling bergantung satu sama lain. Hubungannya dalam perdagangan dan kebutuhan pemenuhan makan, sandang, dan papan. Interaksi dalam ekonomi dapat kita jumpai di pasar atau tempat perbelanjaan, di tempat terjadinya proses interaksi ekonomi.

2. Bidang Politik
Jenis kepentingan ini digunakan oleh para anggota pemerintahan dan anggota partai politik untuk menjalankan kekuasaan negara. Di dalam kepentingan politik, terdapat juga kepentingan keamanan dan pertahanan. Kepentingan ini, secara umum ditandai dengan adanya proses transaksi politis dan kesepakatan untuk menjalankan negara.

3. Bidang Sosial dan Budaya
Dalam kepentingan sosial, seseorang selalu ingin mendapatkan tempat atau kedudukan dalam masyarakat. Kepentingan ini akan menimbulkan interaksi dalam masyarakat karena kedudukan seseorang ditentukan oleh pengakuan masyarakat sekitarnya. Jadi, mencari kedudukan tanpa pengakuan masyarakat sangat tidak mungkin terjadi.

Sementara itu, kepentingan bidang budaya berkaitan dengan pola-pola perilaku, bahasa, organisasi sosial, religi, dan seni yang telah menjadi kebiasaan turun-temurun dari leluhur. Warga masyarakat yang saling berinteraksi tidak menutup kemungkinan akan ikut berinteraksi pula dalam bidang budaya sehingga terjadi pengaruh budaya yang satu ke budaya yang lain.

4. Bidang Moral
Kepentingan moral, berarti kepentingan yang berangkat dari keprihatinan akan rendahnya situasi moralitas masyarakat di wilayah tertentu. Situasiyang demikian menggugah para pemerhati sosial untuk menggalang kegiatan moral agar mutu masyarakat meningkat. Contoh kepentingan moral, yaitu siar agama, pelatihan keterampilan masyarakat, dan pembinaan masyarakat oleh pemerintah.

Kunci Jawaban Halaman 114

Ayo Menulis

Cobalah tuliskan bentuk interaksimu dalam kolom berikut.

Jawaban:

Bentuk Interaksi yang Pernah Saya Lakukan
Bidang Ekonomi Bidang Politik Bidang Sosial dan Budaya CBidang Moral
Membayar barang belanjaan di kasir Melakukan musyawarah kelas Membersihkan lingkungan sekolah secara bersama-sama Memuliakan kedua orangtua dan guru
Membeli pulsa elektronik di counter pulsa Melakukan pidato untuk pemilihan ketua kelas Membayar iuran kelas untuk membeli perlengkapan kelas Berperilaku dan bertutur kata penuh sopan santun
Melakukan transaksi jual beli secara online Bergabung dan aktif dalam organisasi sekolah Mengikuti kerja bakti bersih desa Berkata jujur kepada orang lain
Melakukan tawar menawar di pasar Mencalonkan diri dalam Pemilihan Ketua Kelas Bekerja bersama melaksanakan piket kelas Menghormati dan menghargai guru
Membeli alat-alat tulis di toko alat tulis Berdebat dalam diskusi kelas Membantu teman yang mengalami musibah Menghargai pendapat teman dalam diskusi

Ayo Renungkan

Setiap orang selalu melakukan interaksi dengan orang lain. Sekarang, coba kamu renungkan interaksi dalam bidang apa sajakah yang pernah kamu lakukan dengan orang lain? Coba kamu tuliskan pengalaman berinteraksimu dengan orang lain! Apakah dalam berinteraksi kamu menghadapi masalah?

Tuliskan dalam kolom berikut!

Jawaban:

Hampir semua bentuk interaksi seperti di atas sudah pernah saya lakukan. Misalnya dalam bidang ekonomi saya pernah membeli pulsa di konter pulsa, dalam bidang politik saya pernah melakukan pemilihan ketua kelas, dalam bidang sosial budaya saya pernah membantu teman yang kesulitan dalam belajar, sedangkan dalam bidang moral saya selalu menghormati guru dan orang tua.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Diskusikan permasalahan berikut ini bersama orang tuamu di rumah! Pada era globalisasi seperti saat ini, interaksi budaya semakin terbuka lebar. Bahkan, budaya daerah bisa berinteraksi dengan budaya luar negeri. Bagaimanakah upaya yang dapat kamu lakukan, agar budaya daerah tidak tergantikan dengan budaya luar negeri yang belum tentu sesuai oleh pribadi bangsa Indonesia? Tuliskan hasil diskusimu bersama orang tua agar dinilai Bapak/Ibu Guru.

Jawaban:

Agar budaya daerah tidak tergantikan dengan budaya luar negeri yang belum tentu sesuai oleh pribadi bangsa Indonesia, caranya adalah dengan memilah kebudayaan asing yang masuk, menerapkan kebudayaan daerah pada kehidupan sehari-hari, dan melestarikan budaya daerah.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua dan guru untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 4 Sehat Itu Penting, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 4 Sehat Itu Penting, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.