Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 125 126 127, Subtema 3: Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia, Pembelajaran 5

by -
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 125 126 127, Subtema 3: Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia, Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 125 126 127, Subtema 3: Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia, Pembelajaran 5

SEMANGATNEWS.COM – Kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar, khususnya untuk adik-adik Kelas 5 SD/MI, dalam mempelajari pembelajaran 5 yang mulai dari halaman 123 sampai 128.

Kunci jawaban berikut berisi pembahasan soal pada halaman 125, 126, dan 127. Tema yang dibahas yaitu Tema 4 Sehat Itu Penting, Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Kunci jawaban juga menguraikan materi ‘mengamati gambar cerita’, ‘membuat diagram alur berbagai macam gangguan peredaran darah pada manusia’, ‘mengamati tulisan pantun’, dan ‘membaca pantun’.

Nah, simaklah Kunci jawaban Tema 4 Kelas 5 berikut. Semoga kunci jawaban ini juga dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Udin pandai membuat cerita bergambar atau komik. Kepandaian Udin membuat cerita bergambar karena gemar membaca. Saat liburan sekolah, Udin menggunakan waktunya untuk membuat cerita bergambar.

Masih ingatkah langkah-langkah yang harus kamu siapkan dalam membuat gambar cerita? Gambar cerita adalah gambar mengandung sebuah cerita yang disusun secara berurutan. Kamu bisa mengingat lagi melalui persiapan Udin dalam membuat gambar cerita berikut ini.
1. Menentukan cerita yang akan digambar. Udin akan menggambar cerita Si Pitung.
2. Udin mempelajari cerita Si Pitung.
3. Udin mempelajari karakter tokoh dalam cerita. Misalnya, Si Pitung merupakan sosok pemuda yang pandai mengaji dan pandai silat. Dua teman si Pitung bernama Rais dan Jii memiliki karakter baik hati, penolong, murah hati, pemberani, dan berakhlak mulia. Ada juga karakter kompeni yaitu jahat, egois, keras kepala, dan pemarah.
4. Udin mempelajari alur cerita sederhana tentang Si Pitung. Inilah alur cerita tentang Si Pitung, yaitu:
a. Si Pitung rajin mengaji dan silat.
b. Si Pitung gemar berlatih silat bersama teman-temannya.
c. Si Pitung gagah berani melawan kompeni demi membela rakyat, bangsa, dan negaranya.
5. Selanjutnya, Udin mulai menggambar sesuai alur cerita yang telah dibuat.

Sebelum menggambar tentu saja Udin menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan seperti berikut.
1. Alat dan bahan untuk membuat gambar cerita.
2. Membuat sketsa gambar cerita berdasarkan tema atau cerita yang telah ditentukan.
3. Menyempurnakan sketsa gambar cerita berdasarkan tema atau cerita yang telah ditentukan.

Inilah gambar cerita yang dibuat Udin.

Udin telah selesai membuat buku cerita tentang Si Pitung. Udin ingin memiliki kemampuan silat seperti Si Pitung. Silat merupakan salah satu bentuk seni beladiri. Selain untuk mengolah seni, Udin ingin dengan beladiri badannya menjadi sehat, semua organ tubuhnya kuat.

Paling tidak ada tiga manfaat memiliki kemampuan beladiri, yaitu sebagai berikut.

1. Manfaat Fisik

Beladiri sangat bermanfaat bagi fisikmu. Contohnya, terbentuk koordinasi otot-otot tubuh, terbentuk postur tubuh yang seimbang yang sangat penting untuk mengurangi risiko timbulnya penyakit, serta menciptakan stamina dan ketahanan tubuh. Terbentuknya koordinasi otot-otot tubuh yang sangat mendukung kelancaran proses peredaran darah pada tubuh. Mengapa demikian?

Pada dasarnya peredaran darah ke seluruh tubuh ditimbulkan oleh kontraksi gerakan otot jantung. Oleh karena itu, dikatakan bahwa jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah. Sebagai alat pemompa darah, jantung tersusun atas bermacam jaringan dengan karakteristik yang disesuaikan fungsinya. Adapun jaringan penyusun jantung ialah jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf. Jaringan otot yang menyusun jantung ialah otot jantung. Otot ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis otot lainnya, antara lain memiliki percabangan yang membuat banyak hubungan antar jaringan otot lainnya. Hal ini sangat cocok bagi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Jadi, peran jantung sebagai pemompa darah sangat dipengaruhi oleh terbentuknya koordinasi otot-otot tubuh, terutama otot jantung. Untuk itu, kamu hendaknya pandai menjaga kesehatan organ peredaran darah seperti jantung. Caranya dengan berolahraga seperti ikut beladiri dan senam. Jika kamu tidak peduli terhadap kesehatan diri, maka dikhawatirkan akan timbul penyakit yang mengganggu organ peredaran darah tubuhmu. Banyak penyakit yang bisa menimbulkan gangguan pada organ peredaran darah, misalnya serangan jantung dan stroke.

Serangan jantung terjadi, saat rusaknya otot jantung akibat kurangnya pasokan darah karena penyumbatan dan terganggunya aliran darah secara mendadak. Serangan jantung, adalah puncak dari kerusakan yang berlangsung lama, yang menimbulkan kejutan emosional, kekacauan fisiologis, dan kelelahan mental. Serangan jantung, pertama kali digambarkan sebagai rasa sakit di bagian dada yang terjadi terus-menerus hingga setengah jam, kemudian menjalar ke tangan kiri dan rahang. Akibatnya, muncul perasaan takut yang begitu besar dan kesulitan bernapas.

Adapun stroke, adalah gangguan fungsi sistem saraf yang terjadi mendadak dan disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak. Gangguan peredaran darah otak dapat berupa tersumbatnya pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah. Hal ini menyebabkan kekurangan pasokan oksigen ke otak.Gangguan fungsi otak ini yang menyebabkan gejala stroke.

Kunci Jawaban Halaman 125 dan 126

Ayo Berkreasi

Bedasarkan jenis-jenis penyakit yang mengganggu organ peredaran darah pada tubuh manusia, tentunya dapat kamu buat diagram alur jenis penyakit yang mengganggu organ peredaran darah seperti contoh berikut.

Nah, buatlah diagram alur terhadap penyakit lainnya yang dapat mengganggu organ peredaran darah tubuh manusia. Tuliskan diagram alur tersebut pada kolom berikut!

Nah, buatlah diagram alur terhadap penyakit lainnya yang dapat mengganggu organ peredaran darah tubuh manusia. Tuliskan diagram alur tersebut pada kolom berikut!

Jawaban:

2. Manfaat Emosional

Selain bermanfaat bagi fisikmu, beladiri, juga bermanfaat untuk mengendalikan emosimu. Dalam seni beladiri kamu akan diajarkan cara menghindari dan menghadapi lawan secara efektif dan efisien. Dengan kemapuan tersebut, kamu bisa membela diri dengan melumpuhkan penyerang sementara dan menghindari konflik berkepanjangan. Seni beladiri tidak mengajarkan kamu untuk menghabisi penyerang tanpa ampun.

3. Manfaat Sosial

Dalam seni beladiri kamu akan diajarkan bahwa saat dalam posisi lemah, kamu harus bisa membela diri, sedangkan saat dalam posisi kuat kamu harus bisa menjadi pelindung bagi yang lemah. Misalnya, kamu dapat membela diri dari bullying teman di sekolah. Dalam seni beladiri juga diajarkan sistem kerja sama tim dengan cara latihan bersama. Selain itu, beladiri mengajarkan sikap empati dan berbuat lembut. Misalnya, saat berlatih membanting maka kamu akan dilatih untuk menjaga agar teman berlatih tidak cedera. Dalam beberapa beladiri, konsep ini bahkan dibawa sampai saat berhadapan dengan lawan sesungguhnya. Tujuan beladiri bukan untuk mencederai lawan, melainkan hanya melumpuhkan serangannya dan menyadarkannya.

Selain itu, kamu juga diajari untuk memiliki rasa hormat, tidak hanya kepada guru dan teman seperguruan, tetapi juga kepada lawan. Menghormati teman, guru, dan orang lain termasuk lawan merupakan kewajiban setiap orang. Saling menghormati merupakan sikap terpuji yang harus selalu kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti ditegaskan dalam pantun berikut.

Dari Seram ke Pulau Buru
Dalam kota beli papaya
Anak baik menghormati guru
Berbakti jua kepada orang tua

Kunci Jawaban Halaman 127

Ayo Menulis

Cermati pantun di atas! Apa hikmah yang terkandung dalam pantun di atas? Berdasarkan amanat yang terkandung di dalamnya, termasuk jenis pantun apakah pantun di atas? Buatlah pantun seperti jenis pantun di atas. Tuliskan dalam kolom berikut. Bacakan pantun yang kamu buat dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar

Jawaban:

Hikmah pantun tersebut bahwa sebagai pelajar kita harus menghormati guru. Guru merupakan orang tua kita selama di sekolah. Kita juga harus menghormati orang tua dengan cara berbakti kepada orang tua. Dengan demikian, kita akan disayangi orang-orang di sekitar kita. Berdasarkan isinya, pantun tersebut berjenis pantun nasihat.

Ayo Renungkan

Sudahkah kamu melakukan upaya untuk menjaga kesehatan organ peredaran darah pada tubuhmu? Bagaimanakah upaya yang sudah kamu lakukan? Tuliskan bentuk upaya yang sudah kamu lakukan untuk menjaga kesehatan organ peredaran darah pada tubuhmu!

Jawaban:

Beberapa upaya yang sudah saya lakukan yaitu dengan memakan makanan sehat, olahraga secara rutin, dan menghindari kebiasaan merokok serta begadang agar kesehatan organ peredaran darah tetap sehat.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Buatlah cerita bergambar yang bertema cerita rakyat. Diskusikan dengan orang tuamu cerita bergambar yang akan kamu buat. Buatlah persiapan yang matang sebelum membuat cerita bergambar.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua dan guru untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 4 Sehat Itu Penting, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 4 Sehat Itu Penting, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.