Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 20 21 22 23 24 25 26, Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat: Pembelajaran 3

by -
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 20 21 22 23 24 25 26, Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat: Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 20 21 22 23 24 25 26, Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat: Pembelajaran 3

SEMANGATNEWS.COM – Kunci jawaban berikut merupakan materi pembelajaran 3 yang terdapat pada halaman 20 sampai 27. Pembahasan terdapat pada halaman 20, 21, 22, 23, 24, 25, dan 26.

Materi dan pembahasan yang diambil berdasarkan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 untuk Kelas 5 SD/MI.

Kunci jawaban berikut merujuk pada Tema 4 Sehat Itu Penting, Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat.

Materi yang dibahas berupa ‘membaca pantun’, ‘menyebutkan ciri-ciri pantun’, ‘menjelaskan makna tanggung jawab’, ‘mengamati interaksi manusia dengan lingkungannya’.

Kunci jawaban ini dapat digunakan oleh adik-adik Kelas 5 SD/MI sebagai pedoman dalam mempelajari pembelajaran 3. Oleh karena itu, simaklah dengan saksama!

Warga masyarakat di tempat tinggal Edo sedang kerja bakti. Mereka membuat jalan setapak untuk masuk ke gang perumahan setempat. Mereka juga bekerja bakti membersihkan lingkungan. Semua warga masyarakat ikut dalam kegiatan kerja bakti, termasuk Edo.

Kerja bakti membersihkan lingkungan merupakan upaya menciptakan lingkungan sehat. Dengan lingkungan sehat, warganya pun hidup sehat. Semua warga harus mengikuti kerja bakti. Karena kerja bakti merupakan kewajiban sekaligus tanggung jawab setiap warga masyarakat.

Sebagai warga masyarakat, kita juga berhak untuk hidup di lingkungan yang bersih dan sehat. Apakah yang dimaksud kewajiban, hak, dan tanggung jawab? Untuk memahami hal ini lakukan kegiatan berikut.

Kunci Jawaban Halaman 20 dan 21

Ayo Menulis

Tuliskan pengertian kewajiban, hak, dan tanggung jawab. Kerjakan pada kolom di bawah ini.

Kewajiban adalah
Jawaban:
Sesuatu yang harus seseorang lakukan dengan penuh tanggung jawab.

Hak adalah
Jawaban:
Sesuatu yang dimiliki setiap orang secara mutlak yang sifatnya bebas namun terbatas.

Tanggung jawab adalah
Jawaban:
Sikap yang dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu yang menjadi tanggungannya, tanpa diperintah orang lain.

Kerja bakti yang dilakukan sekelompok warga masyarakat merupakan bentuk interaksi manusia dengan lingkungan. Apa yang dimaksud dengan interaksi manusia dengan lingkungan? Apakah akibat dari interaksi manusia dengan lingkungan? Apakah interaksi sosial dapat menimbulkan persatuan dan juga perpecahan? Untuk memahami hal ini, perhatikan gambar berikut.

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar berikut!

Manusia hidup dalam lingkungan tertentu. Lingkungan adalah ruang yang ditempati oleh makhluk hidup dan benda tidak hidup. Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Manusia tidak bisa hidup sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia pasti membutuhkan orang lain.

Secara kodratnya, setiap manusia akan berinteraksi. Intersaksi antar indivisi, individu dengan kelompok. Interaksi tersebut dinamakan interaksi sosial. Melalui gambar diatas kamu telah mengetahui contoh interaksi sosial. Untuk lebih memahami interaksi sosialm lakukan kegiatan berikut.

Kunci Jawaban Halaman 22

Ayo Menulis

Coba kamu cari contoh lain bentuk interaksi sosial. Kamu dapat mencari dari buku, internet, atau sumber lain. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

1. Contoh interaksi antarindividu
Jawaban:
– Seseorang yang menyapa orang lain.
– Seseorang yang membayar barang belanjaan kepada kasir.
– Seorang yang sedang menelepon temannya.
– Pertandingan bulutangkis tunggal.

2. Contoh interaksi antara individu dan kelompok
Jawaban:
– Seorang ustadz yang berceramah dalam acara pengajian.
– Seseorang yang menghadiri rapat.
– Seseorang yang mengikuti kegiatan organisasinya.

3. Contoh interaksi antarkelompok
Jawaban:
– Grup band yang melakukan konser.
– Pertandingan tenis ganda yang mempertemukan dua pasang tim.
– Pertandingan panjat pinang yang diikuti banyak tim.

Interaksi sosial penting dilakukan oleh setiap individu. Mengapa demikian? Karena dengan melakukan interaksi sosial, individu dapat mencukupi semua kebutuhan hidupnya. Contoh, saat kamu makan nasi, tentu nasi yang di makan berasal dari beras. Beras berasal dari padi yang ditanam petani. Sebelum menjadi beras, padi digiling oleh orang lain. Bahkan, nasi yang di makan merupakan masakan orang lain. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, interaksi juga merupakan sarana untuk mencapai tujuan bersama.

Interaksi sosial tidak selamanya mengarah kepada kebersamaan atau persatuan. Oleh karena itu, interaksi sosial dibedakan menjadi dua (2) yaitu.
1. interaksi yang mengarah ke persatuan,
2. interaksi yang mengarah ke perpecahan. Untuk memahami kedua interaksi tersebut, ayo lakukan kegiatan berikut

Kunci Jawaban Halaman 23

Ayo Menulis

Carilah contoh interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan dan perpecahan. Kamu dapat mencari informasi dari buku, internet, atau sumber lain. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan
Jawaban:
– Musyawarah antar warga masyarakat.
– Hubungan kerja sama antara Indonesia dengan negara tetangga.
– Penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang terkena bencana di suatu daerah.

Interaksi sosial yang mengarah kepada perpecahan
Jawaban:
– Perselisihan antar suku.
– Pelajar yang melakukan tawuran.
– Perang antar negara

Masyarakat Indonesia yang hidup tersebar di berbagai wilayah Indonesia memiliki beragam karakteristik. Karakteristik antara satu wilayah dengan wilayah lainnya berbeda-beda. Perbedaan tersebut mencakup aspek seni, ekonomi, sosial, budaya, maupun politik. Oleh karena itu, setiap warga negara Indonesia hendaknya menjaga interaksi yang baik. Interaksi yang baik, Perbedaan tersebut dapat mendukung pembangunan nasional.

Setiap warga negara hendaknya memahami bahwa perbedaan merupakan kodrat dari Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, kamu harus mengelola perbedaan tersebut menjadi suatu kekuatan. Ada tiga teori sosial budaya di Indonesia yang hingga kini berlaku di masyarakat yaitu musyawarah, paternalistik, dan gotong royong. Budaya ini apabila dikembangkan akan mendukung pembangunan nasional. Selain itu, musyawarah, paternalistik, dan gotong royong juga akan mendukung ketahanan aspek sosial budaya yang tangguh. Untuk menambah pengetahuan, lakukan kegiatan berikut.

Kunci Jawaban Halaman 24

Ayo Mengamati

Amatilah di lingkungan tempat tinggalmu. Identifikasi upaya warga masyarakat nya dalam meningkatkan pembangunan sosial budaya. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Jawaban:

Upaya yang dilakukan warga masyarakat dalam meningkatkan pembangunan sosial budaya.
1. Mengadakan kerja bakti.
2. Mengumpulkan dana untuk membantu salah satu warga yang sakit.
3. Mengadakan arisan PKK.
4. Mempertahankan adat Jawa ketika menggelar pernikahan.
5. Mengadakan musyawarah ketika terjadi suatu masalah.

Warga masyarakat Indonesia harus bertanggung jawab dalam meningkatkan pengalaman sosial budaya. Dengan demikian, setiap indivisu memiliki tanggung jawab yang sama. Tanggung jawab tersebut di antaranya menjaga kebersihan, ketertiban, dan keamanan lingkungan.

Di sini dapat disimpulkan bahwa kekuatan masyarakat terletak pada ikatan kerja sama. Pentingnya kerja sama dalam masyarakat dapat diungkapkan dengan sebuah pantun. Pantun berikut ini memudahkan untuk mengingatnya.

Turun ke paya memetik kangkung
Hati senang dibantu si dia
Bergotong-royong penduduk sekampung
Hasil mufakat hidup bahagia

Masih banyak contoh pantun yang mengandung nasihat. Terutama tentang pentingnya kerja sama dan mufakat dalam masyarakat. Simaklah contoh pantun berikut.

Merah muda baju si bibi
Di tangannya ada bayam seikat
Masalah warga datang bertubi
Berkumpullah untuk mufakat

Pantun di atas sangat bermakna. Maknanya adalah setiap manusia hendaknya menyisakan waktu untuk berkumpul bersama warga kampunya. Berkumpul untuk membicarakan masalah bersama hingga mencapai mufakat. Untuk lebih memahami pantun yang berisi nasihat, lakukan kegiatan berikut.

Kunci Jawaban Halaman 25

Ayo Menulis

Carilah contoh pantun yang mengandung nasihat. Jika tidak menemukan contohnya, maka buatlah sendiri. Lengkapi dengan maknanya atau artinya. Bcakan hasil pantunmu di depan kelas.

Pantun yang mengandung nasihat.
Jawaban:
Si Kijang jatuh karna tersandung
Jatuhnya ke jurang, akhirnya mati
Saat ini rajinlah menabung
Agar kelak bisa naik haji

Makna atau arti pantun
Jawaban:
Menabung hendaknya dimulai sejak kecil. Manfaat menabung akan sangat terasa ketika suatu saat membutuhkan uang untuk suatu keperluan penting, misalnya naik haji.

Kunci Jawaban Halaman 26

Ayo Mengamati

Apakah kamu pernah mengikuti rapat warga satu RT atau satu RW? Jika belum pernah, mungkin orang tuamu pernah. Tanyakan kepada orang tuamu. Coba amati atau tanyakan pelaksanaan rapat tersebut. Apa yang dibahas dalam rapat itu? Apa hasil dari rapat itu? Sudahkah warga masyarakat melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik? Tuliskan alasanmu.

Jawaban:

Hasil pengamatan
– Rapat membahas kegiatan kerja bakti.
– Rapat tersebut menghasilkan aturan yang mana bagi warga yang tidak ikut kerja bakti tanpa keterangan akan mendapat sanksi. Sanksinya, warga yang bersangkutan harus membayar denda dan bersedia menyiapkan makanan bagi semua warga yang selesai melaksanakan kerja bakti.
– Hasil rapat tersebut disepakati oleh semua warga dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Belum pernah ada warga yang melanggar aturan tersebut.

Warga telah sadar akan tanggung jawab sebagai warga masyarakat. Hal ini ditunjukkan warga masyarakat di tempat tinggal Edo. Mereka telah melaksanankan kesepakatan bersama. Kesepakan tersebut, yaitu kerja bakti membuat jalan setapak sepanjang 6 km. Dengan semangat kerja sama, pekerjaan menjadi ringan dan cepat selesai. Kmau perlu memahami tentang tanggung jawab. untuk itu, lakukakn kegiatan berikut.

Ayo Renungkan

Sebutkan bentuk-bentuk tanggung jawabmu terhadap keluarga dan lingkunganmu. Tuliskan pada kolom berikut!

Kerja Sama dengan Orang Tua

Kamu perlu memahami bahwa perbedaan merupakan kodrat dari Tuhan YME. Oleh karena itu, kamu harus mengelola perbedaan tersebut menjadi suatu kekuatan. Bagaimana cara kamu menyatukan perbedaan dengan anggota keluargamu? Diskusikan bersama orang tuamu. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut!

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 4 Sehat Itu Penting Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 4 Sehat Itu Penting Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.