Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 SD Halaman 12 13 14 15 16 18, Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat: Pembelajaran 2

oleh -
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 SD Halaman 12 13 14 15 16 18, Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat: Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 SD Halaman 12 13 14 15 16 18, Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat: Pembelajaran 2

Ciri tangga nada minor adalah
1. kurang bersemangat,
2. bersifat sedih,
3. biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La=A.
4. mempunyai pola interval 1, ½, 1, 1, ½, 1, 1.

Lagu bertangga nada minor, antara lain Syukur, Tuhan, dan Gugur Bunga.

Kunci Jawaban Halaman 13

Ayo Menulis

Kamu telah memahami tangga nada mayor dan tangga nada minor. Kamu juga telah mengetahui ciri-ciri nya. Contoh lagunya juga sudah kamu ketahui. Coba cari dan temukan contoh lagu-lagu lainnya.Tuliskan hasilnya dalam tabel berikut.

Baca Juga:  Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 133, Subtema 4: Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi, Pembelajaran 1, Berdiskusi dan Menulis Pantun

Contoh Lagu-Lagu Bertangga Nada Mayor dan Bertangga Nada Minor

Jawaban:

Ternyata, Beni mendapatkan pelajaran olahraga hari ini. Olahraganya bela diri. Beni senang olahraga bela diri. olahraga bela diri yang dilakukan Beni dan teman-teman adalah pencak silat. Beni melakukan gerakan pencak silat dengan aba-aba dari pak guru. Selain dengan aba-aba, gerakannya juga diiringi musik. Tanda bel istirahat berbunyi. Beni merasa gembira hari ini, Rasa gembiranya diungkapkan melalui sebuah pantun. Pantun yang dibuat Beni adalah sebagai berikut.

Baca Juga:  Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 125 126 127, Subtema 3: Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia, Pembelajaran 5

Bersinar terik sang matahari
Bagai api panas membara
Rajin berolahraga beladiri
Badan kuat hati gembira

Ingatkah kamu pantun yang dibuat Siti? Kamu tentu masih ingat, bukan? Pantun adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu). Tiap bait biasanya terdiri atas empat baris dan bersajak (a-b-a-b). Dalam setiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata. Baris pertama dan baris kedua disebut sampiran. Sampiran untuk mengantarkan rima. Baris ketiga dan keempat disebut isi. Isi merupakan tujuan atau maksud dari pantun. Dengan demikian, dapat disimpulkan ciri-ciri dan bagian pantun.

No More Posts Available.

No more pages to load.