Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 SD Halaman 12 13 14 15 16 18, Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat: Pembelajaran 2

oleh -
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 SD Halaman 12 13 14 15 16 18, Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat: Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 SD Halaman 12 13 14 15 16 18, Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat: Pembelajaran 2

Jawaban:

Organ Peredaran Darah pada Burung dan Fungsinya

Secara umum, sistem peredaran darah pada hewan dibagi dua bagian. Ada peredaran darah terbuka dan tertutup. Pada sistem peredaran darah terbuka, tekanan darah yang dihasilkan dari kontraksi jantung cukup rendah oleh karena itu sari makanan yang terdorong akan mengalir lebih lambat. Contoh sistem peredaran darah terbuka terdapat pada cacing dan serangga seperti belalang.

Sistem peredaran darah tertutup, jantung akan memompa darah secara terus-menerus, sehingga tekanan yang didapatkan tetap stabil. Hal ini akan mendorong darah keluar dengan lebih kuat dari pembuluh darah dan memasuki organ jantung dengan kecepatan yang baik. Dalam sistem peredaran darah tertutup, darah akan mengalir mulai dari jantung menuju ke wilayah pembuluh kapiler dan kembali lagi ke organ jantung hewan. Sistem peredaran darah tertutup memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan sistem peredaran terbuka. Kelebihan sistem peredaran darah terbuka antara lain darah mengalir lebih stabil sehingga tekanan dalam pembuluh darah hewan juga ikut stabil. Hewan yang memiliki sistem peredaran darah tertutup adalah kelompok vertebrata. Contohnya katak, ikan, reptil, dan burung.

Baca Juga:  Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 166 167 168 169, Subtema 4: Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi, Pembelajaran 5 Menanam Bakau

Ayo Renungkan

Apa saja yang kamu pelajari hari ini? Apakah manfaat dari pembelajaran hari ini untukmu? Tuliskan pada kolom berikut!

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apakah kamu memiliki hewan piaraan di rumah? Tuliskan nama hewan piaraanmu atau hewan kesukaanmu. Apakah kamu suka hewan? cari tahu alat peredaran darah pada hewan. Mintalah, bantuan orang tuamu. Kemudian, tuliskan juga fungsi coba setiap organ peredaran darah hewan piaraanmu atau hewan kesukaanmu. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

No More Posts Available.

No more pages to load.