Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 30 31 32 33 34 35, Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku: Pembelajaran 4

by -
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 30 31 32 33 34 35, Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku: Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 30 31 32 33 34 35, Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku: Pembelajaran 4

SEMANGATNEWS.COM – Kunci jawaban berikut membahas tentang pembelajaran 4, Subtema 1, Tema 4, untuk Kelas 6 SD/MI.

Nah, adik-adik dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai pedoman dalam mempelajari pelajaran 4 yang terdapat pada halaman 29 sampai 36. Pembahasan kunci jawaban terdapat pada halaman 30, 30, 31, 32, 33, 34, dan 35.

Kunci jawaban ini merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018 untuk Kelas 6 SD/MI, Tema 4 Globalisasi, Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku.

Materi untuk pembelajaran 4 ini meliputi ‘membaca teks dan menggambarkan isi teks secara visual’, ‘mengidentifikasi contoh-contoh keberagaman ekonomi di lingkungan sekitar’, ‘bereksplorasi untuk menemukan diagonal bidang dan ruang dari kubus’.

Kunci jawaban berikut juga dapat berguna untuk membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Nah, simaklah Kunci Jawaban Buku Tema 4 Kelas 6 Halaman 30, 31, 32, 33, 34, dan 35, Subtema 1 Pembelajaran 4 berikut ini dengan saksama!

Kunci Jawaban Halaman 30 dan 31

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan membaca nyaring.

Globalisasi: Dunia tanpa Batas

Globalisasi. Sebuah kata yang sering kita dengar dalam berbagai topik percakapan. Sebuah kata yang sering kita baca di surat kabar atau majalah. Apa arti globalisasi?

Globalisasi dapat dimaknai sebagai sebuah proses ‘mendunia’. Seluruh bangsa dan negara di muka bumi ini semakin terhubung satu dengan yang lain. Seakan tidak terpisah lagi oleh batas wilayahnya. Era globalisasi ini seakan “Dunia tanpa Batas”.

Kita dapat dengan mudah menemukan berbagai produk dari Jepang, Korea, Cina, Amerika, Jerman, dan berbagai negara lainnya. Begitu pun produk Indonesia juga bisa ditemukan di banyak negara.

Kita juga dengan mudah menyaksikan siaran langsung dari berbagai belahan dunia melalui tayangan televisi.

Kita pun merasakan betapa mudahnya berkomunikasi dengan sahabat dan keluarga. Kita bisa menelpon atau mengirim email kepada teman-teman kita yang jauh. Kita merasakan seolah-olah tidak ada lagi batasan satu tempat dengan tempat lain di era globalisasi ini.

Diskusikan dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan berikut.

1. Apa yang dimaksud dengan ungkapan ‘Dunia tanpa Batas” pada bacaan di atas? Jelaskan.
Jawaban:
Seluruh negara bisa saling terhubung yang seakan-akan tidak terbatas oleh batas wilayah.

2. Apa yang dimaksud dengan globalisasi? Berikan contoh dalam kehidupanmu sehari-hari?
Jawaban:
Globalisasi adalah proses mendunia yang membuat setiap individu atau negara bisa saling terhubung tanpa terpengaruh oleh batas negara. Contohnya adanya barang impor seperti handphone dan motor, kita bisa mengobrol dengan orang lain yang berbeda daerah, menemui makanan dari negara lain, dan mengetahui berita yang terjadi di luar negeri.

3. Apa pengaruh globalisasi yang kamu rasakan saat ini?
Jawaban:
Saya bisa memakai barang dari negara lain, berbicara dengan seseorang tanpa tatap muka, bisa mengonsumsi makanan dari negara lain, menonton film buatan luar negeri, dan lainnya.

4. Gambarkan secara visual bahwa globalisasi membuat dunia tanpa batas.
Jawaban:

Di era globalisasi ini banyak sekali barang-barang dari dalam dan luar negeri yang bisa kita temui. Masyakat bisa memilih barang-barang sesuai dengan keperluannya dan tingkat ekonominya. Tingkat ekonomi yang berbeda bisa disebut keberagaman ekonomi.

Kunci Jawaban Halaman 31 32 33

Ayo Berdiskusi

Sekarang amatilah di lingkunganmu, ceritakan keberagaman ekonomi yang ada disekitarmu.

Jawaban:

Di lingkungan RT saya terdapat sekitar 30 kepala keluarga. Setiap keluarga memiliki tingkat ekonomi yang berbeda-beda. Contohnya tetangga saya yaitu Pak Edi, keluarga Pak Edi bisa dibilang memiliki tingkat ekonomi yang tinggi. Hal tersebut ditunjukkan oleh adanya mobil di garasinya. Tetangga saya yang lain adalah Pak Suroto. Keluarga Pak Suroto memiliki ekonomi tingkat sedang. Hal ini ditunjukkan dari kendaraan sepeda motor yang dimiliki keluarga Pak Suroto. Berbeda dengan Pak Edi dan Pak Suroto, keluarga Pak Wira merupakan keluarga kurang mampu. Hal ini tampak dari kondisi rumah Pak Wira yang masih sangat sederhana dan hanya memiliki 2 sepeda.

Ceritakan kepada temanmu. Apakah hasil pengamatan kalian sama?

Sekarang diskusikan dalam kelompokmu.

Mengapa ekonomi setiap orang beragam?
Jawaban:
Karena setiap orang memiliki penghasilan yang berbeda.

Apa saja yang memengaruhi keberagaman tersebut?
Jawaban:
Keterampilan seseorang, peluang, pekerjaan seseorang, penghasilan, dan tingkat persaingan.

Sikap apa yang harus kita kembangkan melihat keberagaman ini?
Jawaban:
Kita hendaknya menghargai dan menghormati setiap orang tanpa memandang status ekonominya. Alangkah baiknya jika kita membantu orang-orang yang membutuhkan.

Setiap orang dilahirkan dengan perbedaan dari Tuhan, termasuk dalam hal ekonominya. Keterampilan, pendidikan, dan sikap akan memengaruhi kondisi perekonomian seseorang.

Kita harus saling menghargai semua orang dengan keberagaman ekonomi yang berbeda. Ketika keluarga kita cukup berada, janganlah sombong, bantulah yang membutuhkan. Jika keluarga kita masih kekurangan, jangan malu dan iri dengan mereka yang mampu. Teruslah berusaha dan tingkatkan kemampuan diri.

Ceritakan tentang kondisi ekonomi keluargamu. Tulislah rencana-rencana yang akan kamu lakukan untuk menghadapi era globalisasi ini.
Jawaban:
Ekonomi keluarga saya terbilang memiliki ekonomi tingkat sedang. Hal ini ditunjukkan dari rumah saya yang tidak terlalu besar namun layak dijadikan tempat tinggal. Ayah saya bekerja sebagai teknisi di salah satu perusahaan, ibu saya bekerja sebagai penjual minuman di depan rumah, sedangkan kakak saya bekerja sebagai pelayan toko. Sedangkan saya masih sekolah, tetapi saya rajin menabung walau hanya 500 rupiah.

Untuk kebutuhan sehari-hari, keluarga saya alhamdulillah tidak pernah kekurangan. Biasanya pengeluaran ditujukan untuk kebutuhan makan, kebutuhan sekolah saya, kebutuhan transportasi, dan lainnya. Rencana saya saat ini adalah belajar dengan giat untuk mendapat pendidikan. Dengan pendidikan, saya berharap saya menjadi manusia berdaya saing tinggi demi meraih kesuksesan.

Di era globalisasi dibutuhkan keterampilan dan kemampuan yang baik. Terus tingkatkan dirimu ya. Kamu pasti siap menghadapi era globalisasi.

Adakah barang-barang yang merupakan pengaruh dari era globalisasi di sekitarmu? Telepon genggam merupakan alat komunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Coba perhatikan kardus pembungkusnya. Apa bentuknya? Bisakah kamu menunjukkan diagonal bidangnya?

Kunci Jawaban Halaman 34 dan 35

Ayo Mencoba

Kamu akan bekerja secara berpasangan untuk menemukan diagonal bidang dan diagonal ruang kubus.

Alat-alat yang dibutuhkan dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut.
• Gunting
• Lem
• Alat tulis
• Spidol
• Double tape/selotip/lem

Bahan-bahan
• Lidi atau tusuk sate atau sedotan
• Benang kasur
• Kalender bekas

Ambillah kerangka kubus yang sudah kamu buat pada pertemuan kedua.

Bagaimana cara menemukan diagonal bidang pada kubus?

Perhatikan bidang ABCD.

• Ikatkan ujung benang wol pada sudut A
• Tarik ujung lainnya pada sudut C.
• Benang dari A-C adalah merupakan diagonal bidang.

Ada berapa diagonal bidang yang terdapat pada kubus? Jelaskan jawabanmu. Tulislah namanya pada kotak berikut.
Jawaban:
Setiap bidang atau sisi pada kubus mempunyai dua diagonal bidang. Karena kubus memiliki 6 bidang sisi, maka kubus memiliki 12 diagonal bidang atau diagonal sisi, yaitu: AC – BD – AG – FD – AE – BF – FH – EG – BH – EC – DH – GC.

Bagaimana cara menemukan diagonal ruang pada kubus?

Diagonal ruang pada kubus tersebut adalah garis AG, BH, DF, dan CE. Jika kita tarik benang dari A ke G dan A ke C, maka akan dihasilkan bangun datar baru.

Tahukah kamu apa nama bangun datar tersebut? Ada berapa diagonal ruang yang terdapat pada kubus? Jelaskan jawabanmu. Tulis namanya pada kotak berikut.
Jawaban:
Sudut kubus memiliki 4 buah diagonal ruang yang sama panjang dan berpotongan pada satu titik. Nama garis diagonal ruang yaitu: AG, BH, CE dan DF.

Kamu telah melakukan percobaan untuk mengetahui diagonal bidang dan diagonal ruang pada kubus. Buatlah beberapa sketsa yang menunjukkan proses kamu mengetahui diagonal bidang dan diagonal ruang pada kertas berpetak berikut.

Jawaban:

Tulis simpulanmu tentang sketsa yang telah dibuat.

Jawaban:

Kubus mempunyai 6 sisi, 12 rusuk, 8 titik sudut, 12 diagonal sisi, 4 diagonal ruang. Semua sisinya berbentuk persegi. Diagonal ruang pada kubus sama panjang dan berpotongan pada satu titik. 

Ayo Renungkan

•  Apa yang kamu pelajari hari ini?
•  Menurutmu siapkah kamu menghadapi era globalisasi? Apa yang masih perlu kamu kembangkan dari dirimu?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan kepada orang tuamu tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk menghadapi era globalisasi. Mintalah pendapatnya tentang rencana masa depanmu.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua dan guru untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 4 Globalisasi, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 4 Globalisasi, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.