Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 38 39 40 41 42, Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku: Pembelajaran 5

by -
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 38 39 40 41 42, Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku: Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 38 39 40 41 42, Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku: Pembelajaran 5

SEMANGATNEWS.COM – Perhatikanlah pembahasan kunci jawaban Tema 4, Subtema 1, pembelajaran 5 untuk Kelas 6 SD/MI berikut.

Tema 4 yaitu Globalisasi, Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku. Pembelajaran 5 dimulai dari halaman 37 sampai 42. Pembahasan kunci jawaban terdapat pada halaman 38, 39, 40, 41, dan 42.

Buku guru dan siswa yang digunakan adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Materi yang dibahas yaitu ‘menemukan informasi dan mendiskusikan kerja sama Indonesia dengan negara-negara ASEAN di bidang kebudayaan’, ‘membuat poster untuk memamerkan kebudayaan’, dan ‘menuliskan ciri-ciri kubus’.

Nah, supaya dapat memahami materi dengan baik, adik-adik dapat menjadikan pembahasan kunci jawaban ini sebagai pedoman pembelajaran. Begitupun untuk orang tua siswa dan guru. Kunci jawaban ini dapat berguna bagi orang tua dan guru untuk mengoreksi jawaban siswa.

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut.

Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. Seiring dengan perkembangannya, kini kain batik telah dipakai oleh berbagai kalangan, bahkan telah mendunia. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Dalam sejarahnya, pulau Jawa merupakan titik awal perkembangan seni batik di Indonesia. Ragam motif batik pun dibedakan berdasarkan area pembuatannya. Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. Berbagai ragam motif dan simbol yang digambarkan di atas sehelai kain memiliki makna filosofis yang menjadi pedoman kehidupan. Kerumitan dalam proses pembuatan, kekayaan ragam dan makna yang terkandung dalam Batik Indonesia menjadi daya tarik bagi warga dunia.

Melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri, batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Bahkan, beberapa tokoh dunia gemar mengenakan pakaian dengan motif Batik Indonesia setelah mengenalnya sebagai tanda mata ketika berkunjung ke Indonesia. Mendiang Nelson Mandela, misalnya. Beliau kerap menggunakan Batik Indonesia dalam kesehariannya.

Saat ini batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dari mancanegara untuk pasar dunia. Salah satu strategi yang dilakukan oleh pengrajin batik untuk menembus pasar dunia adalah membuat kreasi motif dan warna yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan.

Kelestarian batik sebagai seni tradisional harus terus dikembangkan dan dipelihara untuk meningkatkan daya jual dan kesejahteraan pengrajinnya.

Kunci Jawaban Halaman 38 39 40 41

Ayo Berlatih

Secara berpasangan, tulislah hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut tentang keberadaan batik Indonesia di dunia dalam bentuk pertanyaan.
Jawaban:
– Seperti apa motif batik yang telah dikenal dunia?
– Daerah mana saja yang memproduksi batik?

Tukarkan pertanyaan yang telah kamu buat dengan teman di sebelahmu dan diskusikan jawabannya bersama-sama.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.

1. Apa tujuan awal pembuatan batik?
Jawaban:
Awalnya batik menjadi seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara.

2. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang motif batik Indonesia.
Jawaban:
Berdasarkan area pembuatannya, motif batik dibedakan menjadi dua yaitu Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. Ragam motif dan simbol pada batik memiliki makna filosofis yang menjadi pedoman kehidupan.

3. Apa upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional?
Jawaban:
Mengadakan pameran seni tradisional di dalam dan luar negeri.

4. Tulis komentarmu setelah mengetahui bahwa batik Indonesia diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia.
Jawaban:
Saya sebagai anak Indonesia merasa bangga karena batik Indonesia diakui dunia.

5. Tulis simpulanmu menggunakan 3 kalimat tentang bacaan tadi.
Jawaban:
Batik telah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Oleh karena itu, kita sebagai warga Indonesia harus bangga dengan hal tersebut. Kalau orang luar negeri saja memakai batik, maka kita juga harus memakai batik sebagai cara untuk melestarikannya.

6. Jelaskan arti kata ‘mendunia’ pada teks tadi.
Jawaban:
Mendunia artinya dikenal oleh seluruh dunia.

7. Kerja sama apa yang dilakukan Indonesia untuk mengenalkan batik ke mancanegara?
Jawaban:
Kerja sama di bidang budaya.

8. Apa manfaat yang dirasakan ketika batik semakin dikenal?
Jawaban:
Indonesia memiliki ciri khas, sebagai modal untuk melakukan kerja sama dengan negara lain, target pasar penjualan batik semakin luas, dan menambah pendapatan negara dari kegiatan ekspor impor.

Sebagai warga Indonesia tentunya kita sangat bangga dengan pengakuan dunia terhadap batik. Indonesia terus mengembangkan kerja samanya di bidang kebudayan dengan negara lain. Misalkan dengan festival kebudayaan negara-negara ASEAN dan pertukaran kebudayaan. Hal ini akan membuat kebudayaan Indonesia semakin berkembang.

Carilah informasi mengenai satu kerja sama Indonesia yang dilakukan dengan negara-negara ASEAN dalam bidang kebudayaan. Tulis pada tabel berikut.

Kunci Jawaban Halaman 41

Carilah informasi mengenai satu kerja sama Indonesia yang dilakukan dengan negara-negara ASEAN dalam bidang kebudayaan. Tulis pada tabel berikut.

Jawaban:

Kerja Sama Indonesia dengan Negara ASEAN dalam Bidang Kebudayaan:

1. Mengadakan festival seni
M
anfaat:
– Untuk memamerkan seni asli Indonesia.
– Untuk mempromosikan dan menjual produk seni rupa.
– Dapat mengetahui seni yang ada di negara tetangga.

2. Memperkenalkan negara-negara anggota melalui lembaga-lembaga pendidikan
Manfaat:
– Memperluas wawasan siswa tentang kebudayaan negara-negara anggota.

3. Menyelenggarakan festival dan pekan film.
Manfaat:
– Memperluas target penonton film dari Indonesia.
Memperlihatkan keindahan alam Indonesia lewat film.
Dapat mengenal dan menikmati film-film negara tetangga.

Kerjasama Kebudayaan Manfaat Bagi Indonesia
Pertukaran budaya dan seni, juga festival film ASEAN. Budaya indonesia makin dikenal di kawasan Asia dan Dunia.
Pertukaran acara program televisi ASEAN. Indonesia dan Malaysia sebagai negara tetangga semakin erat persahabatannya.
Misi kebudayaan dan kesenian dengan diadakannya festival lagu ASEAN. Kebudayaan dan kesenian Indonesia lebih dikenal oleh negara-negara Asean.
Pertukaran pelajar antar negara-negara ASEAN. Para pelajar Indonesia dapat menimba ilmu di negara-negara luar negeri.

Di era globalisasi ini kita harus tetap mencintai budaya Indonesia. Budaya tersebut merupakan warisan yang tak ternilai harganya.

Kebudayaan apa yang ada di tempat tinggalmu? Bagaimana perasaanmu jika kebudayaan tersebut dikenal oleh dunia? Apa dampak yang kamu dan warga tempat tinggalmu rasakan jika warga dunia mengakui kebudayaan itu?

Kunci Jawaban Halaman 41

Ayo Berkreasi

Buatlah poster untuk memamerkan salah satu kebudayaan yang ada di tempat tinggalmu.

Buatlah semenarik mungkin sehingga orang ingin tahu dan mengenal kebudayaan daerahmu. Jangan lupa perhatikan kriteria poster yang baik yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Diskusikan terlebih dahulu langkah-langkah membuat poster.

Jawaban:

Mintalah pendapat temanmu tentang poster yang kamu buat.

Jawaban:

Era globalisasi memberikan kesempatan kepada semua orang untuk terus mengembangkan dirinya. Era ini memberikan kesempatan yang seluas-luasnya.

Kunci Jawaban Halaman 42

Ayo Menulis

Pada pembelajaran sebelumnya kamu sudah bereksplorasi tentang kubus. Sekarang tulislah kubus dalam diagram frayer berikut. Tulislah contoh, bukan contoh, ciri-ciri, dan kesimpulanmu tentang kubus.

Jawaban:

Ayo Renungkan

– Apa yang kamu pelajari hari ini?
– Apa lagi dampak globalisasi yang kamu rasakan saat ini?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Sampaikan kepada orangtuamu tentang poster yang telah kamu buat. Mintalah pendapat mereka tentang postermu berdasarkan ciri-ciri poster yang baik.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua dan guru untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 4 Globalisasi, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 4 Globalisasi, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.