Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 122 124 125 126 128 129, Subtema 3: Keseimbangan Ekosistem, Pembelajaran 4

by -
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 122 124 125 126 128 129, Subtema 3: Keseimbangan Ekosistem, Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 122 124 125 126 128 129, Subtema 3: Keseimbangan Ekosistem, Pembelajaran 4

SEMANGATNEWS.COM – Kunci Jawaban Kelas 5 SD/MI berikut merupakan pembahasan yang bisa adik-adik jadikan pedoman untuk materi pembelajaran 4 halaman 122 sampai 129.

Kunci jawaban ini merupakan pembahasan dari soal yang terdapat pada halaman 122, 124, 125, 126, 128, dan 129.

Materi yang dibahas antara lain ‘memberikan tanggapan, mengutarakan pesan, dan memberikan pendapat mengenai poster’, ‘mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan mengenai isi teks dan menyimpulkan hasilnya dalam bentuk peta pikiran’, ‘mencari informasi yang lebih banyak lagi mengenai pengaruhnya di sektor ekonomi, komunikasi, dan transportasi’, ‘menuliskan tiga hal penting yang ditemukan dalam teks bacaan’, dan ‘mengumpulkan informasi mengenai kegiatan ekonomi masyarakat’.

Materi tersebut terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Tema 5 Ekosistem. Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem.

Pembahasan ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Hari ini kita akan belajar:

– Menjelaskan pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan ekonomi masyarakat.
– Menjelaskan nilai penting persatuan dan kesatuan masyarakat yang berbeda latar belakang ekonomi.

Kunci Jawaban Halaman 122

Udin menemukan poster yang menarik perhatiannya pagi itu. Poster yang hanya bertuliskan “Indonesia Hebat!” itu ia dapatkan dari sebuah surat kabar di rumahnya. Ia membawa poster tersebut ke sekolah. Ia ingin tahu tanggapan teman-temannya terhadap poster itu. Bersama dengan teman sebangkumu, diskusikanlah beberapa pertanyaan berikut ini.

• Bagaimana tanggapanmu terhadap poster tersebut?
Jawaban:
Menurut saya poster sangat menarik karena memamg bansa Indonesia adalah bangsa yang hebat.

• Pesan apa yang kamu pahami dari poster tersebut?
Jawaban:
Indonesia adalah negara hebat karena terdiri dari ribuan suku bangsa namun tetap bersatu.

• Menurutmu, apakah pengaruh pesan dalam poster tersebut dalam kehidupan masyarakat Indonesia?
Jawaban:
Menurut saya pengaruh poster tersebut adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri bansa Indonesia sebagai bangsa yang hebat.

• Setujukah kamu dengan isi pesan poster tersebut? Mengapa?
Jawaban:
Setuju karena indonesia adalah sebauah negara besar dengan sumber daya alam yang melimpah.

Kunci Jawaban Halaman 124 dan 125

Ayo Membaca

Udin mendengar banyak tanggapan dari teman-temannya tentang pesan dari poster yang ia bawa pagi ini. Menurutnya, ia merasa bahwa pesan poster itu sangat bagus. Bangsa Indonesia memang harus berbangga dengan prestasi yang dimiliki dan yang telah dicapai selama ini. Indonesia memang hebat! Baca dan simaklah bacaan berikut ini yang menjelaskan beberapa alasan kita harus bangga menjadi warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Potensi Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris

Letak geografis Indonesia sangat menguntungkan karena berada di tengah-tengah jalur perdagangan dunia. Terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta Benua Asia dan Benua Australia, sejak dahulu kala Indonesia tidak pernah sepi, khususnya oleh kapal-kapal yang membawa komoditas perdagangan dari satu negara ke negara lain. Tidak hanya itu, sumber daya yang tersimpan di dalam laut Indonesia ternyata amat potensial. Data Food and Agriculture Organization (FAO) 2015 menyebutkan bahwa Indonesia penghasil terbesar di dunia untuk produk rumput laut dan tuna. Indonesia juga menjadi penghasil kepiting dan udang terbesar kedua setelah China. Beragam produk unggulan perikanan tersebut tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Sentra produksi udang berada di wilayah Sumatra dan Jawa Barat. Kepiting tersebar di Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Penghasil utama rumput laut berada di wilayah Sulawesi dan Nusa Tenggara. Sementara itu, kawasan penghasil tuna terfokus di Papua, Maluku, dan Sulawesi Utara. Dari angka ini, hanya sekitar sepuluh persen yang saat ini telah dieksplorasi dan dimanfaatkan. Selain itu, perairan Indonesia menyimpan 70 persen potensi minyak karena terdapat kurang lebih 40 cekungan minyak yang berada di perairan Indonesia.

Selain dikenal sebagai negara maritim, Indonesia juga merupakan sebuah negara agraris. Indonesia sejak dahulu sudah terkenal sebagai penghasil rempah-rempah dan memiliki tanah yang subur. Kelapa sawit, beras, jagung, cengkeh, tembakau, teh, karet, kopi, dan tebu, merupakan beberapa contoh dari sekian banyak hasil pertanian/perkebunan Indonesia. Peminat produk-produk hasil pertanian Indonesia ternyata banyak di luar negeri. Banyak produk pertanian yang rutin diekspor dengan nominal yang cukup besar. Biji cokelat, tembakau, aneka rempah-rempah, seperti lada hitam, lada putih, kayu manis, biji pala, dan vanili, merupakan beberapa contoh hasil pertanian yang terus diekspor. Potensi maritim dan agraris di Indonesia semuanya berguna bagi kemakmuran dan kesejahteraan segenap bangsa Indonesia.

Sebagai negara kepulauan, sistem komunikasi dan transportasi menjadi faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan meningkatkan perekonomian. Saat ini, jaringan komunikasi telah dibangun sedemikian rupa sehingga dapat menjangkau wilayah-wilayah terpencil di Indonesia. Jaringan komunikasi ini akan memudahkan berbagai transaksi ekonomi, menyangkut permintaan dan penyediaan barang ekonomis antardaerah dan antarpulau. Jaringan komunikasi juga membantu terbentuknya kesatuan bangsa karena memudahkan hubungan antarsuku yang berada di tempat yang terpisah.

Sistem komunikasi dan sistem transportasi merupakan salah satu mata rantai yang tak terpisahkan dalam kegiatan ekonomi. Pemenuhan kebutuhan barang didistribusikan melalui jaringan transportasi. Sebagai negara kepulauan, saat ini pemerintah membangun sistem transportasi udara yang lebih baik untuk mempermudah dan mempercepat perpindahan manusia dan barang. Pemerintah juga membangun sistem transportasi darat yang makin baik dengan meyediakan berbagai pilihan moda angkutan, seperti kereta api. Transportasi laut pun menjadi salah satu sistem transportasi yang memudahkan distribusi barang dan perpindahan penduduk antarpulau.

(Sumber: http://ekonomi.metrotvnews.com/ & http://katadata.co.id/infografik/2016/02/22/indonesia-surga-perikanan-dunia)

Dari bacaan di atas, tentukanlah pikiran utama pada setiap paragraf. Lalu, carilah informasi penting dari paragraf tersebut. Tuliskanlah semua itu di dalam tabel di bawah ini.

Jawaban:

Paragraf Pikiran Utama Informasi Penting
1 Keuntungan letak geografis Indonesia
  1. Sejak dahulu Indonesia selalu ramai oleh kapal-kapal perdagangan.
  2. Sumber daya yang tersimpan di dalam laut Indonesia ternyata sangat potensial.
  3. Indonesia menyimpan potensi minyak karena terdapat kurang lebih 40 cekungan minyak yang berada di perairan Indonesia.
2 Indonesia juga merupakan sebuah negara agraris
  1. Hasil perkebunan atau pertanian Indonesia antara lain kelapa sawit, beras, jagung, cengkeh, tembakau, teh, karet, kopi, dan tebu.
  2. Biji cokelat, tembakau, dan aneka rempah-rempah merupakan hasil pertanian yang terus diekspor karena banyak diminati negara lain.
  3. Potensi maritim dan agraris di Indonesia semuanya berguna bagi kemakmuran dan kesejahteraan segenap bangsa Indonesia.
3 Peran penting sistem komunikasi
  1. Saat ini jarungan atau media komunikasi digunakan untuk menjangkau wilayah-wilayah terpencil di Indonesia.
  2. Jaringan dan media komunikasi juga menyatukan bangsa, karena mudah digunakan terutama untuk transaksi ekonomi.
  3. Jaringan sistem komunikasi juga menghubungkan antar suku dari berbagai tempat yang terpisah karena kecanggihan tekonologinya.
4 Peran penting sistem transportasi
  1. Transportasi berfungsi sebagai bagian pemenuhan kebutuhan barang yang didistribusikan melalui jaringan transportasi.
  2. Pemerintah membangun sistem transportasi baik udara, darat maupun laut untuk mempermudah dan mempercepat perjalanan.

Berdasarkan tabel di atas, buatlah kesimpulanmu dalam tulisan satu paragraf. Gunakan kosakata baru dari bacaan dan bahasamu sendiri, dan tuliskanlah kesimpulanmu dengan rapi di tempat yang telah tersedia.
Jawaban:
Kesimpulanku:

Letak geografis Indonesia sangat menguntungkan karena berada di tengah-tengah jalur perdagangan dunia. Selain dikenal sebagai negara maritim, Indonesia juga merupakan sebuah negara agraris. Sebagai negara kepulauan, sistem komunikasi dan transportasi menjadi faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan meningkatkan perekonomian. Sistem komunikasi dan sistem transportasi merupakan salah satu mata rantai yang tak terpisahkan dalam kegiatan ekonomi.

Kunci Jawaban Halaman 125 dan 126

Ayo Berkreasi

Bersama dengan kelompokmu, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai perkembangan kehidupan masyarakat dilihat dari sektor ekonomi, sistem komunikasi, dan transportasi yang terdapat di Indonesia. Terutama yang merupakan akibat dari kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan dan negara agraris. Informasi dapat kalian peroleh dari internet, koran, atau majalah. Buatlah dalam selembar kertas gambar A4 dan tulislah dengan rapi informasi uyang diperoleh. Setelah selesai, tempelkan di dinding kelas. Upayakan semua kelompok melihat hasil kegiatan dari semua kelompok.

Jawaban:

Sektor Dahulu Kala Saat Ini
Ekonomi
  1. Jaman dahulu pasar perdagangan lebih sempit.
  2. Jaman dahulu pembeli dan penjual harus bertemu di pasar saat melakukan transaksi perdagangan.
  3. Jaman dahulu pendistribusian barang berjalan dengan lambat.
  1. Saat ini target pemasaran perdagangan lebih luas karena dukungan teknologi komunikasi
  2. Saat ini penjual dan pembeli tidak harus bertemu untuk bertransaksi
  3. Saat ini distribusi barang lebih cepat berkat dukungan transportasi
Sistem Komunikasi
  1. Jaman dulu, komunikasi harus dilakukan dengan tatap muka.
  2. Persebaran informasi berlangsung dari mulut ke mulut
  1. Saat ini komunikasi dapat dilakukan dari jarak jauh dengan telepon.
  2. Saat ini informasi disebarkan melalui berbagai media.
Sistem Transportasi
  1. Jaman dulu alat transportasi masih mengandalkan tenaga hewan atau manusia.
  2. Jaman dulu kecepatan transportasi masih lambat.
  3. Jaman dulu alat transportasi hanya mengangkut sedikit penumpang.
  1. Dibangunnya terminal-terminal pelabuhan, salah satunya Terminal Teluk Lamong yang merupakan terminal semi otomatis dan ramah lingkungan.
  2. Alat-alat, baik di sektor maritim dan agraris, banyak menggunakan listrik dan bersifat otomatis.

Lani : “Negara kita memang hebat, ya, Din! Semua yang diperlukan oleh warga negaranya ada!”

Udin : ”Aku setuju denganmu, Lan! Negara kita punya segalanya. Maka, tidak heran sedari dulu banyak bangsa ingin memanfaatkan dan mengambil kekayaan bangsa kita, ya?”

Lani : ”Betul, Din! Beruntung sekali para pemimpin bangsa kita menyadari hal itu. Mereka bersepakat untuk melindungi bangsa kita dari segala macam perpecahan. Mereka meyakinkan seluruh warga negara bahwa semua kekayaan alam dan kegiatan ekonomi di Indonesia ini harus memberikan manfaat kepada seluruh warga negara!”

Udin : ”Wah, hebat sekali kamu! Dari mana kamu tahu itu semua, Lan?”

Lani : ”Baca, dong! Nih, ada artikelnya!

Kunci Jawaban Halaman 128

Ayo Membaca

Bacalah dengan saksama artikel berikut ini. Lalu, lakukanlah beberapa kegiatan bersama dengan teman sekelompokmu.

Wawasan Nusantara

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. NKRI terdiri atas jajaran pulau yang dikelilingi oleh laut besar dan kecil. Wilayah Indonesia merupakan paduan tunggal antara darat, laut, dan udara beserta seluruh kekayaan alamnya. Keadaan ini disampaikan oleh bangsa Indonesia kepada forum internasional dalam bentuk Deklarasi Juanda pada tanggal 13 Desember 1957. Deklarasi tersebut berisi penegasan bahwa seluruh kepulauan, perairan, dan udara di atasnya yang mengelilingi dan berada di antara pulau-pulau Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah yang tak dapat dipisah-pisahkan dan merupakan Negara Nusantara.

Pemahaman tentang keberadaan Nusantara beserta dengan segala isinya dianggap penting oleh negara untuk menjaga kesatuan bangsa. Oleh karenanya, Ketetapan MPR Tahun 1993 dan 1998 tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) mengenalkan konsep cara pandang nasional yang dikenal dengan Wawasan Nusantara. Wawasan Nusantara (wasantara) merupakan wawasan nasional yang bersumber pada Pancasila dan berdasarkan UUD 1945. Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelengarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional. Wawasan Nusantara ini dapat menumbuhkan dan mempererat rasa kesatuan, persatuan, dan senasib sepenanggungan kepada seluruh rakyat Indonesia. Dalam pelaksanaannya, Wawasan Nusantara ini mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan atau keragaman untuk mencapai tujuan nasional.

Dalam pembangunan nasional, Wawasan Nusantara mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan politik, sosial, dan budaya, ekonomi, serta pertahanan dan keamanan. Dalam kesatuan ekonomi, Wawasan Nusantara mencakup hal-hal berikut.
1. Semua kekayaan yang terdapat di wilayah Nusantara merupakan modal dan milik bersama bangsa. Kebutuhan untuk keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah tanah air.
2. Tingkat perkembangan ekonomi haruslah seimbang untuk seluruh wilayah di Indonesia, tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki oleh setiap daerah dalam upaya pengembangan kehidupan ekonominya.
3. Kehidupan perekonomian di seluruh wilayah Nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi yang diselenggarakan sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan dan ditujukan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. (Sumber: http://www.kompasiana.com/ & http://www.sejarah-negara.com)

Berdasarkan artikel tersebut, simpulkanlah tiga hal penting yang kamu pahami tentang bacaan tersebut. Tukarkan kesimpulanmu dengan teman sebangkumu. Secara bergantian ceritakan apa yang dimaksud dengan kesimpulanmu tersebut.
Jawaban:
Kesimpulan :
– Deklarasi Juanda menegaskan bahwa seluruh kepulauan, perairan, dan udara di atasnya yang mengelilingi dan berada di antara pulau-pulau Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah yang tak dapat dipisah-pisahkan.
– Wawasan Nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan atau keragaman untuk mencapai tujuan nasional.
– Dalam pembangunan nasional, Wawasan Nusantara mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan politik, sosial, dan budaya, ekonomi, serta pertahanan dan keamanan.

Kunci Jawaban Halaman 128

Ayo Berkreasi

• Dalam sebuah kelompok kecil beranggota empat sampai lima siswa, carilah gambar-gambar mengenai kegiatan ekonomi masyarakat dalam lingkup kepulauan Nusantara di koran, majalah, atau internet. Gambar-gambar tersebut dapat pula tentang perdagangan atau pendistribusian komoditas perdagangan yang dilakukan antardaerah di Indonesia ataupun kegiatan ekspor yang dilakukan oleh suatu daerah. Tempelkan gambar-gambar tersebut di sehelai kertas karton ukuran A3 dan berilah penjelasan mengenai kegiatan ekonomi yang tengah terjadi dalam gambar tersebut.

Jawaban:

• Diskusikan bersama:

1. Apakah manfaat kesatuan ekonomi bagi masyarakat di suatu daerah?
Jawaban:
Manfaat kesatuan ekonomi bagi suatu daerah adalah sebagai berikut :
(1) Keperluan hidup sehari-hari tersedia merata di seluruh wilayah tanah air dan
(2) Tingkat perkembangan ekonomi serasi dan seimbang di seluruh daerah.

2. Apa yang terjadi jika tidak ada kesatuan ekonomi?
Jawaban:
Jika tidak ada kesatuan ekonomi antara lain keperluan hidup sehari-hari tidak tersedia secara merata dan tingkat perkembangan ekonomi kurang serasi dan seimbang.

• Presentasikan gambar-gambar serta hasil diskusi kelompokmu di depan kelas secara bergantian.

Kunci Jawaban Halaman 128 dan 129

Ayo Berlatih

1. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara.
Jawaban:
Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelengarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

2. Manfaat ekonomi seperti apakah yang diperoleh bangsa Indonesia karena pengaruh letak geografisnya?
Jawaban:
Letak geografis Indonesia yang sangat strategis membuat Indonesia menjadi jalur pelayaran kapal-kapal perdagangan dunia, Hal ini menjadi potensi bagi Indonesia untuk meningkatkan ekonomi.

3. Bagaimana caramu untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan antara teman satu sekolah yang memiliki perbedaan latar belakang ekonomi?
Jawaban:
Cara meningkatkan persatuan dan kesatuan adalah dengan menjaga kerukunan dengan teman, membantu teman yang kesusahan, dan mengajak teman untuk bermain tanpa memandang status ekonominya.

4. Bagaimana penjelasanmu tentang perkembangan teknologi transportasi saat ini dibandingkan dengan zaman dahulu?
Jawaban:
Alat transportasi yang ada saat ini telah berganti dari transportasi bertenaga manual menjadi tenaga bahan bakar minyak dan listrik. Perubahan ini juga membuat alat transportasi saat mampu melaju lebih cepat dan dapat menampung penumpang lebih banyak.

Ayo Renungkan

Kegiatan apa sajakah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan di antara teman-temanmu yang memiliki perbedaan latar belakang ekonomi? Hal menarik apa sajakah yang kamu dapatkan dari keragaman kehidupan ekonomi masyarakat di sekitarmu?
Jawaban:
Beberapa kegiatan meningkatkan persatuan dan kesatuan dengan cara menjaga kerukunan dengan teman, membantu teman yang kesusahan. Hal yang menarik adalah dengan adanya keragaman hubungan ekonomi kebutuhan menjadi terpenuhi.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, carilah sebuah poster dari koran atau majalah yang bertemakan ajakan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Amatilah poster tersebut dan diskusikanlah dengan orang tuamu pesan yang kamu tangkap dari poster tersebut.

Jawaban:

Poster tersebut berisi tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan untuk NKRI. Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kunci utama dalam sebuah negara. karena tanpa persatuan dan kesatuan Negara Indonesia tidak akan dapat terus berdiri.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosistem, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosistem, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.