Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 142 144 147, Subtema 3: Keseimbangan Ekosistem, Pembelajaran 6

by -
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 142 144 147, Subtema 3: Keseimbangan Ekosistem, Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 142 144 147, Subtema 3: Keseimbangan Ekosistem, Pembelajaran 6

SEMANGATNEWS.COM – Kunci jawaban berikut berlandaskan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Kunci jawaban berikut dapat adik-adik jadikan sebagai pedoman dalam belajar, khususnya bagi adik-adik Kelas 5 SD/MI.

Pembahasan berdasarkan Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem, Tema 5 Ekosistem. Materi yang dibahas yaitu Pembelajaran 6 yang mulai dari halaman 138 sampai 147. Pembahasan soal berada pada halaman 142, 144, dan 147.

Adapun cakupan materi antara lain ‘menjelaskan alasan kegiatan tersebut dapat menciptakan keseimbangan ekosistem’, ‘menentukan pikiran utama dan informasi-informasi penting dari paragraf di dalam sebuah tabel yang sudah disediakan’, ‘merancang sebuah skenario dari pengalamannya tentang berkomunikasi melalui sebuah media’, dan ‘membuat sebuah topeng dari kertas’.

Kunci jawaban ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Hari ini kita akan belajar:
– Menjelaskan informasi tentang keseimbangan ekosistem dalam tulisan nonfiksi.
– Menjelaskan makna kesatuan wilayah dalam bidang ekonomi.
– Membuat karya seni berupa topeng.

Amatilah gambar di atas. Apakah yang dilakukan anak-anak pada gambar tersebut? Pernahkah kamu melakukannya? Apakah tujuan kegiatan tersebut? Apakah kegiatan tersebut akan membantu menciptakan keseimbangan ekosistem?

Diskusikanlah pertanyaan tersebut dengan teman-temanmu.

Lani : ”Dayu, bolehkah aku bertanya sesuatu?”

Dayu : ”Tentu saja, Lan. Ada apa? Kelihatannya serius sekali!”

Lani : ”Hmm… Bagaimana kamu mendapatkan bunga untuk digunakan pada sesajimu?”

Dayu : ”Sebagian besar Ibu mendapatkannya dari kebun kami, Lani. Kami menanamnya sendiri dan memanfaatkannya. Mengapa kamu bertanya, Lani?”

Lani : ”Ah, tidak. Hanya memastikan saja. Aku pernah melihat ada sekelompok orang yang merusak taman kota hanya untuk memetik bunga! Aku sedih melihatnya! Bukankah itu akan merusak ekosistem yang ada di taman itu?”

Dayu : ”Oh, saya mengerti maksudmu, Lani. Kami sekeluarga tahu tentang itu. Kami tidak akan memetik bunga dari taman orang lain untuk keperluan sesaji kami. Menjaga dan merawat lingkungan, termasuk ekosistem, merupakan salah satu nilai yang kami anut dan pegang teguh. Aku rasa kamu pun demikian.”

Lani : ”Iya, Ayah dan Ibuku pun mengajarkan demikian. Tetapi, tetap saja, ya, Dayu, ekosistem kita rusak karena kegiatan manusia. Tahukah kamu kegiatan apa saja yang dapat merusak keseimbangan ekosistem? Kita cari tahu, yuk!”

Kunci Jawaban Halaman 142

Ayo Membaca

Manusia memang memiliki banyak cara untuk mempertahankan hidupnya. Beberapa cara dan kegiatan manusia justru dapat merusak ekosistem yang ada di sekitarnya. Kegiatan apa sajakah yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem?

Bacalah dengan saksama artikel berikut ini.

Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem

Manusia dianugerahi kemampuan berpikir untuk memanfaatkan alam sekitarnya guna memenuhi kebutuhan hidup. Seringkali, kegiatan-kegiatan manusia tersebut mengabaikan kebutuhan komponen ekosistem agar tetap berada dalam keseimbangan. Banyak kegiatan manusia justru mengganggu keseimbangan ekosistem, yang bersifat permanen, sehingga beberapa komponen ekosistem tidak mampu bertahan. Misal saja kegiatan para nelayan menggunakan racun dan bom yang hanya berpikir untuk mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan upaya pelestarian ekosistem bawah laut. Ada beberapa industri seperti industri tekstil yang membuang limbah beracun ke beberapa ekosistem air tawar, seperti danau, sungai, atau kolam-kolam. Belum lagi kebiasaan manusia membuang sampah rumah tangga ke sungai-sungai yang berakibat tercemarnya air, dan berkurangnya sumber air bersih. Jika kegiatan ini dilakukan secara terus-menerus, manusia juga yang akan menuai akibatnya.

Oleh karenanya, sebagai makhluk paling berakal, manusia seharusnya mengusahakan beberapa cara untuk memulihkan keseimbangan ekosistem. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain mengurangi penebangan hutan secara sembarangan, mengurangi penggunaan bahan kimia buatan dalam kegiatan pertanian. Menangkap ikan dengan alat dan cara yang tidak merusak ekosistem, misalnya dengan menghindari penggunaan pukat harimau dan bahan peledak. Membuat suaka margasatwa, cagar alam, hutan lindung, atau taman nasional yang dilindungi negara. Selain hal-hal besar di atas, di tingkat rumah tangga, ada banyak hal yang bisa dilakukan, antara lain: menanam pohon sebanyak-banyaknya dan membuat lebih banyak taman terbuka untuk serapan air.

Memelihara wilayah aliran sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai dan menanam lebih banyak pohon di bantaran sungai. Selain itu, belajar membuat kompos dengan memanfaatkan sampah rumah tangga akan mengurangi pencemaran tanah dan sungai. Mengurangi sampah plastik, melakukan daur ulang, dan menghindari menggunakan alat-alat rumah tangga sekali pakai. Kegiatan-kegiatan sederhana yang sangat mungkin dilakukan, bukan?

(Sumber: www. budisma.org dengan penyesuaian)

Dari bacaan tersebut, tentukanlah pikiran utama pada setiap paragraf. Lalu carilah informasi penting dari setiap paragraf tersebut. Tuliskanlah semua itu di dalam tabel di bawah ini.

Jawaban:

Paragraf Pikiran Utama Informasi Penting
1 Anugerah manusia dalam memanfaatkan alam untuk kebutuhan hidupnya.
  1. Banyak kegiatan manusia justru mengganggu keseimbangan ekosistem, yang bersifat permanen.
  2. Kegiatan para nelayan menggunakan racun dan bom tanpa memikirkan upaya pelestarian ekosistem bawah laut.
  3. Industri tekstil yang membuang limbah beracun ke beberapa ekosistem air tawar, seperti danau, sungai, atau kolam-kolam.
2 Upaya manusia memulihkan keseimbangan ekosistem
  1. Mengurangi penebangan hutan dan mengurangi penggunaan bahan kimia buatan.
  2. Menangkap ikan dengan alat dan cara yang tidak merusak ekosistem
  3. Membuat suaka margasatwa, cagar alam, hutan lindung, atau taman nasional.
  4. Menanam pohon sebanyak-banyaknya dan membuat lebih banyak taman terbuka.
3 Kegiatan-kegiatan sederhana mengurangi pencemaran
  1. Memelihara wilayah aliran sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai
  2. Mengurangi sampah plastik, melakukan daur ulang, dan menghindari menggunakan alat-alat rumah tangga sekali pakai.
  3. Menanam lebih banyak pohon di bantaran sungai.
  4. Belajar membuat kompos dengan memanfaatkan sampah

Berdasarkan tabel di atas, buatlah kesimpulanmu dalam tulisan satu paragraf. Gunakan kosakata baru dari bacaan dan bahasamu sendiri, dan tuliskan kesimpulanmu dengan rapi di tempat yang telah tersedia.
Jawaban:
Kesimpulan:
Manusia memiliki kemampuan berpikir untuk memanfaatkan alam dalam memenuhi kebutuhan hidup. Sebagai makhluk paling berakal, manusia seharusnya mengusahakan beberapa cara untuk memulihkan keseimbangan ekosistem. Ada beberapa kegiatan sederhana yang sangat mungkin dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Lani : ”Wah, aku jadi paham tentang usaha untuk memelihara keseimbangan ekosistem di sekitar kita! Terima kasih, Dayu, telah membantuku memahaminya! Maafkan, aku sebelumnya merasa curiga kepadamu bahwa kamu tidak menjaga keseimbangan ekosistem dengan memetik bunga untuk sesajimu.”

Dayu : ”Tak mengapa, Lani! Saya senang kamu mengatakannya langsung kepadaku. Kalau tidak, kamu akan berburuk sangka kepadaku.”

Lani : ”Iya, Dayu. Aku juga jadi mengerti manfaat berkomunikasi dengan baik. Jika aku tidak mengatakannya, mungkin aku akan membencimu!”

Dayu : ”Iya, Lan. Aku pun begitu. Ternyata berkomunikasi dengan baik dapat mempererat persahabatan kita, ya!”

Ayo Membaca

Pernahkah kamu mengalami peristiwa seperti Lani dan Dayu? Berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang baik akan membantu mempererat hubungan antarsesama anggota masyarakat. Sebaliknya, komunikasi yang tidak baik dapat memecah belah persatuan. Kenyataan tersebut telah lama dipahami oleh para pendiri bangsa kita. Bacalah artikel berikut ini untuk membantumu memahami pentingnya komunikasi dalam persatuan dan kesatuan bangsa.

Bahasa Indonesia, Bahasa Persatuan

Salah satu tekad yang diwujudkan dalam Sumpah Pemuda oleh para pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah tekad untuk menjunjung tinggi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Sejak dahulu, para pemimpin bangsa sudah menganggap penting peran bahasa sebagai alat persatuan. Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat penting. Kegiatan komunikasi merupakan kegiatan menyampaikan pesan dari penyampai pesan kepada penerima pesan.

Saat ini, teknologi alat komunikasi berkembang sangat pesat. Pesan yang disampaikan melalui media komunikasi dapat disampaikan dengan cepat dan mudah. Kemudahan itu terkadang membuat pesan yang disampaikan berbeda dengan yang diinginkan. Komunikasi yang tidak efektif dapat menimbulkan salah pengertian yang pada ujungnya akan mengakibatkan terancamnya persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat.

Salah satu cara berkomunikasi yang baik adalah dengan menggunakan bahasa yang sopan dan jelas. Sikap pada saat berkomunikasi dengan orang lain pun harus diperhatikan agar orang lain mengerti pesan yang disampaikan. Ketika berkomunikasi secara tulisan, penggunaan bahasa yang baku dan sopan juga sangat diperlukan.

Kunci Jawaban Halaman 144

Ayo Menulis

Buatlah skenario cerita pengalamanmu tentang berkomunikasi, baik melalui media telepon, telepon genggam, surat, surat eletronik, atau komunikasi langsung dengan orang lain. Pilihlah salah satu dari media tersebut.

Jika kamu memilih surat, buatlah sebuah surat kepada orang yang lebih dewasa seperti kepada guru atau kepada kepala sekolah, atau kepada ketua RT di tempat tinggalmu. Pilihlah topik usulanmu tentang sebuah kegiatan yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan di sekolah atau di lingkungan kamu tinggal. Gunakan bahasa yang baku dan lugas serta gunakan ejaan bahasa Indonesia yang benar. Jangan lupa melengkapi semua bagian surat, seperti penerima surat, tujuan surat, salam pembuka, isi, dan salam penutup. Bacakanlah suratmu di depan kelas dan mintalah salah seorang temanmu untuk memberikan masukan terhadap suratmu tentang kejelasan dan isi surat.

Jika kamu memilih percakapan melalui media telepon, kamu akan membuat sebuah percakapan antara dua orang yang sedang berbicara menggunakan telepon. Saat percakapan berlangsung, kamu diminta untuk meninggalkan pesan kepada orang yang dituju yang sedang tidak ada atau tidak dapat dihubungi. Mintalah lawan bicaramu untuk menulis pesanmu. Pastikanlah pesan yang kamu sampaikan jelas dan singkat. Gunakanlah bahasa yang baku dan sopan karena penerima telepon adalah orang yang lebih dewasa darimu. Jangan lupa susunan berbicara menggunakan telepon seperti mengucapkan salam, menyebutkan nama, menyebutkan keperluan, meminta menulis pesan, dan menutup pembicaraan. Bacakan percakapan teleponmu di depan kelas dan mintalah salah seorang temanmu untuk memberikan masukan terhadap percakapanmu tentang kejelasan dan isi percakapan.

Jawaban:

Contoh berkomunikasi melalui surat

Jakarta 19 Oktober 2018

Teruntuk Ibu Guruku

Assalamualaikum wr wb

Halloo Ibu, bagaimana kabarnya? Saya berharap Ibu selalu sehat dan berada di dalam lindungan Allah SWT. Ibu masih ingatkan dengan saya? Saya adalah Aria Nugraha Murid ibu yang selalu membuat Ibu kesal ketika di SD. Tentunya saya yakin ibu masih mengingatnya.

Bu, saya menulis surat ini untuk mengucapkan rasa terimakasih yang tak terhingga kepada jasa – jasa Ibu yang begitu besar terhadap diri saya. Ibu telah membimbing saya dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Saya ingin sekali bertemu dengan ibu dan mengucapkan rasa terimakasih saya secara langsung. Namun, sepertinya keadaan masih belum mengijinkannya karena saya masih harus melaksanakan tugas saya..

Melalui surat ini saya juga ingin mengusulkan kepada Ibu untuk mengadakan reuni dalam rangka  mempererat  kembali tali silaturahmi diantara alumnus sekolah, khususnya alumnus tahun angkatan 2003/2004. Bagaimana kira-kira Bu. apakah usulan saya ini dapat diterima ?

Mengenai masalah mengumpulkan teman-teman nanti akan menjadi tanggung jawab saya. Saya akan bekerja-sama dengan teman-teman yang lain. Jika Ibu mengijinkan kami untuk melaksankan acara reuni tersebut silahkan ibu menghubungi saya. Ini nomor saya yang dapat dihubungi : 082327445678 atau jika ibu berkenan silahkan menghubungi saya melalui email : [email protected].

Demikian Bu usulan dari saya, semoga ibu mengijikan dan berkenan hadir pada acara yang akan kami laksanakan tersebut. Terima kasih atas perhatian dan waktunya Bu. Terima kasih.

Wassalmualaikum wr. wb.

Hormat saya,

 

Aria Nugraha

 

Contoh berkomunikasi melalui telepon

Dini : “Halo, selamat sore”
Ibu Aldo : “Halo, selamat sore, ini siapa ya?”
Dini : “Halo, saya  Dini teman sekelasnya Aldo. Bisakah saya berbicara dengan Aldo?”
Ibu Aldo : “Aldo sedang tidak ada di rumah, ini ibunya Aldo. Ada apa nak Dini?”
Dini : “Oh ini ibunya Aldo ya. Begini bu, saya ingin memberikan informasi tentang tugas sekolah karena Aldo tadi tidak masuk kelas.”
Ibu Aldo : “Iya nak, Aldo sakit sudah dua hari. Tadi siang juga dia dibawa bapaknya ke dokter, sekarang belum pulang. Ada tugas apa nak, silahkan sampaikan pesan untuk Aldo kepada Ibu.”
Dini : “Maaf Bu tugasnya panjang, mungkin sebaiknya dicatat saja Bu!.
Ibu Aldo : “Oh..iya, sebentar Ibu akan mengambil buku dan alat tulis dulu ya nak.”
Dini : “Iya…Bu”
Ibu Aldo : “Hallo nak Dini, ibu sudah siap mencatat pesannya.”
Dini : “Begini Bu, tadi pak guru mata pelajaran komputer memberikan tugas. Tugasnya supaya membuat daftar rumus excel dan harus dikumpulkan dalam waktu 3 hari. Laporan tugas berbentuk lembaran kertas berukuran folio. Ada beberapa ketentuan lain yaitu untuk margin kertas 3 cm dan menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12. Demikian tugas dari pak guru Bu.”
Ibu Aldo : “Selain itu masih ada lagi nak Dini?”
Dini : “Sudah tidak ada lagi Bu. Oh iya bu, kata pak guru tugas ini akan dijadikan sebagai ulangan harian. Mohon Aldo diberitahu dan jangan sampai lupa untuk mengumpulkan tugas tepat waktu Bu.”
Ibu Aldo : “Wah. terimakasih atas informasinya nak Dini. Nanti akan saya sampaikan jika Aldo sudah pulang dari rumah dokter.”
Dini : “Sama sama Bu, saya juga mengucapkan terima kasih atas waktunya”

Ayo Berkreasi

Perhatikanlah setiap langkah dan tahapan yang diambil dan lakukanlah dengan hati-hati sesuai petunjuk.
1. Buatlah sketsa dasar wajah berbentuk oval pada sehelai kertas karton. Kemudian, pada sekeliling sisinya, beri tanda garis titik 8 bagian.
2. Gunting sekeliling sketsa sesuai garis yang telah dibuat
3. Lipat dan tekuk sketsa dasar wajah berbentuk oval, kemudian distapler satu per satu.
4. Gunting kertas koran berukuran kecil. Tempelkan potongan kertas pada bentuk dasar wajah topeng, agar bentuk dasar topeng dari kertas karton menjadi kera.
5. Bentuk dasar topeng yang sudah selesai ditempeli guntingan kertas koran
6. Buatlah bagian-bagian wajah topeng seperti alis, hidung, pelipis, dan mulut dengan teknik melipat, menggunting, dan menempel. Caranya sama dengan cara membuat bentuk dasar topeng di atas. Hanya saja ukurannya lebih kecil. Sebelumnya, ukur dulu posisi mata, hidung dan mulut sesuai wajah kita, kemudian dilubangi.
7. Setelah bagian-bagian wajah selesai ditempel pada bentuk dasar topeng, tempelkan kembali guntingan kertas koran ke seluruh bagian wajah topeng sehingga topeng menjadi lebih keras.
8. Selanjutnya wajah topeng diberi warna sesukahati kita. Gunakan cat air, cat untuk poster, atau cat kayu. Selesailah topengmu

Setelah kamu menyelesaikan topengmu, waktunya bagimu untuk memamerkannya. Berilah nama dan ceritakan karakter apa yang ingin kamu tunjukkan melalui bentuk topengmu.

Kunci Jawaban Halaman 147

Ayo Berlatih

1. Apa saja usaha dan kegiatan manusia yang dapat membantu keseimbangan ekosistem?
Jawaban:
Beberapa usaha manusia yang dapay membantu keseimbangan ekosistem antara lain mengurangi penebangan hutan, menanam tanaman, mengurangi penggunaan bahan kimia buatan dalam kegiatan pertanian dan menangkap ikan, membuat semacam kawasan perlindungan (cagar alam, hutan lindung), tidak membuang sampah atau limbah sembarangan, dan mendaur ulang sampah.

2. Tahukah kamu cara membuat kompos? Cari tahu dan jelaskan.
Jawaban:
Cara membuat kompos antara lain sebagai berikut :
Menyiapkan alat dan bahan seperti sampah organik, kotoran kambing, larutan bakteri EM4, air, larutan gula, cetok, wadah, dan tutup.
Campurkan sampah organik dan kotoran, lalu cacah agar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
Siram campuran sampah dan kotoran dengan larutan gula dan bakteri EM4. Campuran sesekali diaduk agar larutan dan bakteri EM4 tercampur merata.
Masukkan campuran tadi ke dalam wadah.
Tutup wadah tersebut dan tunggu selama kurang lebih 3 bulan.
Setiap 2 minggu sekali, buka wadah untuk mengaduk campuran pupuk kompos.

3. Mengapa penggunaan bahasa yang baik, jelas, dan sopan sangat penting dalam berkomunikasi?
Jawaban:
Penggunaan bahasa yang baik, jelas dan sopan membuat lawan bicara tidak salah paham terhadap perkataan kita.

4. Cara berkomunikasi seperti apakah yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia? Berikan contoh.
Jawaban:
Cara berkomunikasi berkomunikasi yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan adalah dengan bahasa yang sopan, tidak berkata tentang hal yang negatif, serta tidak menyinggung perasaan orang lain.

5. Jelaskan cara membuat topeng kertas yang telah kamu lakukan sebelumnya
Jawaban:
Untuk membuat topeng dilakukan dengan cara membuat pola wajah yang akan dibentuk. Kemudian buatlah bagian-bagian wajah topeng seperti alis, hidung, pelipis, dan mulut. Setelah bagian-bagian wajah selesai ditempel pada bentuk dasar topeng, tempelkan kembali guntingan kertas koran ke seluruh bagian wajah topeng sehingga topeng menjadi lebih keras. Selanjutnya wajah topeng diberi warna sesuka hati kita.

Ayo Renungkan

Kamu telah belajar banyak hal pada minggu ini. Renungkanlah sikap apa saja yang telah kamu kembangkan melalui kegiatan pembelajaran minggu ini! Tantangan apa saja yang kamu hadapi dan bagaimana kamu mengatasinya? Kegiatan pembelajaran apa sajakah yang paling menarik buatmu? Jelaskanlah.
Jawaban:
Sikap yang telah saya pelajari pada minggu ini adalah Cermat, Teliti, dan Mandiri. Tantangan yang saya hadapi adalah membuat percakapan telepon, namun dengan latihan yang tekun akhirnya saya bisa membuat percakapan telepon.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, carilah salah satu benda seni yang ada di rumahmu. Mintalah kepada orang tuamu untuk menceritakan benda seni tersebut, antara lain tentang: asal usul benda seni, daerah asal, kegunaan, makna yang terkandung dari benda seni tersebut, dan alasan orang tuamu tetap menyimpannya.

Jawaban:

Lukisan adalah sebuah karya seni rupa yang dihasilkan dari proses kreatif seorang pelukis dalam mengekspolasi ide dan gagasannya. Media yang sering digunakan berupa dua dimensi seperti kanvas, papan, kertas bahkan pasir. Setiap karya seni khususnya lukisan disini memiili nilai sentimental sendiri.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosistem, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosistem, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.