Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 192 dan 193, Subtema 4: Aku Cinta Membaca, Makhluk Terpintar

by -
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 192 dan 193, Subtema 4: Aku Cinta Membaca, Makhluk Terpintar
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 192 dan 193, Subtema 4: Aku Cinta Membaca, Makhluk Terpintar

SEMANGATNEWS.COM – Kunci jawaban berikut diperlukan sebagai pedoman bagi adik-adik untuk belajar. Terutama untuk adik-adik Kelas 6 SD/MI. Kunci jawaban juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kali ini kunci jawaban yang dibahas adalah pembelajaran 2, Subtema 4 Aku Cinta Membaca, Tema 5 Wirausaha.

Materi yang ditampilkan berasal dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Pembelajaran 2 dimulai dari halaman 192 dan 193

Materi yang dijabarkan yaitu ‘Makhluk Terpintar’.

Aku Cinta Membaca

Kunci Jawaban Halaman 192 dan 193

Makhluk Terpintar

Di suatu masa, hidup seorang petani di Laos. Setiap pagi ia mengendalikan kerbaunya untuk membajak sawahnya. Tubuh petani itu kurus dan kecil, sehingga ia terlihat semakin kecil di belakang kerbau yang membajak sawahnya.

Suatu hari, seekor harimau mendatangi sawah petani. Sang Harimau terkejut melihat makhluk sebesar kerbau mau mengikuti perintah makhluk sekecil Petani. Ia mengintip dari kejauhan, terheran-heran ia melihat kepatuhan kerbau pada petani.

Setelah Pak Petani pulang ke rumahnya, Harimau bertanya pada Kerbau. “Kamu besar dan kuat. Mengapa kamu mau melakukan semua yang manusia itu perintahkan?”

Kerbau menjawab “Oh, aku mau melakukan perintahnya, karena orang itu sangat pintar!”

Harimau bertanya lagi, “Bisakah kamu memberitahuku seperti apa kepintaran orang itu?” “

Aku tidak bisa memberitahumu, tetapi kamu bisa bertanya padanya,” jawab sang Kerbau.

Esok harinya, Harimau datang kepada Pak Petani. “Aku ingin melihat kepintaranmu! Aku ingin tahu seperti apa kepintaranmu, sehingga Sang Kerbau mau mengikuti perintahmu”

“Kepintaranku ada di rumah,” jawab Pak Petani.

“Bisakah kamu pergi mengambilnya?” pinta Sang Harimau.

“Hmmm,…bisa saja. Tetapi aku takut kamu akan makan Sang Kerbau ketika aku pulang mengambil kepintaranku. Bolehkah aku mengikatmu di pohon?” kata Pak Petani.

Maka, Harimau pun membiarkan dirinya diikat oleh Pak Petani pada sebuah pohon. Setelah itu, Pak Petani tentu tidak pulang ke rumah untuk mengambil kepintarannya. Pak Petani mengambil cangkul, lalu memukul Harimau. Ia berkata, “Sekarang kamu tahu kepintaranku, walaupun kamu belum melihatnya!”

———————–

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 5 Wirausaha, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 5 Wirausaha, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.