Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 138, Subtema 4: Kegiatan Berbasis Proyek, Pembelajaran 3

by -
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 138, Subtema 4: Kegiatan Berbasis Proyek, Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 138, Subtema 4: Kegiatan Berbasis Proyek, Pembelajaran 3

SEMANGATNEWS.COM – Kunci jawaban Tema 7 Kelas 4 SD/MI di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Tema 7 berjudul Indahnya Keragaman di Negeriku. Subtema 4 berjudul Kegiatan Berbasis Proyek. Pembelajaran 3 dimulai dari halaman 138.

Pada pembelajaran 3 ini, materi yang dibahas antara lain ‘menyiapkan presentasi tentang: 1) keragaman latar belakang daerah asal, suku bangsa, bahasa daerah, dan aktivitas ekonomi dalam keluarga; 2)engaruh keragaman bagi kehidupan warga sekolah; 3) Cara menciptakan kenyamanan bagi kehidupan warga sekolah dalam keragaman’.

Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Berikut penjabaran kunci jawaban Tema 7, Subtema 4, pembelajaran 3 untuk adik-adik Kelas 4 SD/MI.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 138

Dari hasil kegiatan pada Pembelajaran 1 dan Pembelajaran 2, siapkan sebuah presentasi. Presentasi memuat hal-hal berikut.

1. Keragaman latar belakang daerah asal, suku bangsa, bahasa daerah, dan aktivitas ekonomi dalam keluarga.
Jawaban:
Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat di mana terdapat perbedaan dalam berbagai bidang. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keberagaman. Bentuk keberagaman itu misalnya ada keberagaman fisik, suku bangsa, agama, bahasa, ras, budaya, pandangan hidup, jenis pekerjaan, lingkungan, dan yang lainnya.
Keberagaman di Indonesia dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain:
– Letak geografis Indonesia di antara dua samudra dan dua benua yang strategis membuat Indonesia menjadi jalur perdagangan internasional.
– Bentuk negara kepulauan Indonesia yang membuat ada banyak suku-suku yang masing-masing memiliki kebudayaan dan adat istiadatnya masing-masing.
– Kondisi alam di wilayah Indonesia yang berbeda-beda juga memengaruhi keberagaman kehidupan sosial masyarakat.

2. Pengaruh keragaman bagi kehidupan warga sekolah.
Jawaban:
Ada banyak contoh keberagaman di sekolah, baik antar siswa maupun warga sekolah lainnya. Contohnya:
– Keberagaman ciri fisik antara satu siswa dan siswa lainnya. Ada yang berambut lurus, berambut keriting, atau berambut ikal, serta berbagai ciri fisik lainnya.
– Keberagaman cita-cita antara satu siswa dengan siswa yang lainnya. Ada yang bercita-cita menjadi guru, ada yang bercita-cita menjadi desainer, ada juga yang bercita-cita menjadi dokter.
– Keberagaman agama antar warga sekolah. Ada siswa, guru, atau petugas sekolah yang beragama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.
– Keberagaman ras dan suku antar warga sekolah. Ada siswa, guru, atau petugas sekolah yang asalnya dari suku Minang, suku Betawi, suku Jawa, Suku Ambon, Suku Bugis, dan yang lainnya.
– Keberagaman bahasa, dialek, dan logat. Antar teman, guru, atau petugas, mungkin ada yang berbicara dengan bahasa, dialek, dan logat yang berbeda.

3. Cara menciptakan kenyamanan bagi kehidupan warga sekolah dalam keragaman.
Jawaban:
Meskipun keberagaman merupakan perbedaan, kita tetap harus menghargai dan menghormati satu sama lain. Perbedaan membuat banyak keberagaman, namun bukan berarti kita boleh membeda-bedakan orang karena perbedaan itu. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kerukunan serta sikap toleransi terhadap sesama siswa, guru, maupun petugas di sekolah. Sikap menjaga persatuan dan kerukunan serta sikap toleransi juga harus kita terapkan di mana saja.

Kerjakan secara berkelompok. Buatlah presentasi kelompokmu semenarik mungkin. Buatlah menjadi sebuah montase dengan menambahkan gambar-gambar atau foto-foto dari warga sekolah dan kegiatannya.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 7 Kepemimpinan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 7 Kepemimpinan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.